Diketahui dari NepoleonCat Static yang menyatakan, di Indonesia pada bulan Januari 2021 pengguna Instagram mencapai 82.320.000 orang. 52.6% merupakan pengguna wanita dan 47,4% merupakan pengguna laki-laki.
Lihat datanya pada gambar berikut:
Melihat banyaknya pengguna Instagram, banyak para pebisnis yang menggunakan platform ini sebagai media untuk mempromosikan bisnis mereka. Terlebih Instagram juga menyediakan layanan Ads (iklan) yang biasa kita kenal dengan istilah Instagram Ads.
Kamu bisa menampilkan iklan di feed Instagram maupun Instagram stories. Dan jika kamu sudah familiar dengan pembuatan iklan di Facebook Ads, membuat iklan di instagram tidak akan sulit. Karena semenjak tahun 2012, Instagram menjadi bagian dari Facebook. Sehingga cara membuat Instagram Ads hampir sama dengan membuat Facebook Ads.
Lalu berapa biaya (harga) untuk membuat Instagram Ads? Apakah saya perlu mengalokasi biaya yang besar? Karena dalam sebuah bisnis, biaya menjadi faktor pertimbangan seorang pebisnis ketika melakukan sesuatu untuk keperluan bisnis, termasuk membuat Instagram Ads.
Daftar isi
Harga Instagram Ads
Harga Instagram Ads sangat fleksibel, kamu bisa menentukan sendiri biaya iklan yang akan kamu keluarkan.
Semakin banyak biaya yang kamu keluarkan, maka semakin banyak pula kamu akan mendapatkan jumlah calon konsumen, artinya target konsumen juga berpengaruh pada biaya yang kamu keluarkan.
Biaya untuk Instagram Ads dimulai dari Rp10.000 hingga jutaan rupiah.
Dan sebagai tips, ketika pertama kali melakukan Instagram Ads, alangkah lebih baik jika kamu mengeluarkan biaya yang kecil (minimal) terlebih dahulu. Jika iklan kamu berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan bagi bisnis kamu, maka kamu dapat menaikkan jumlah biaya yang lebih besar.
Tips Melakukan Instagram Ads
Untuk mendapatkan hasil iklan yang maksimal, ada 3 tips penting yang perlu kamu perhatikan:
1. Buat Strategi Iklan yang Jelas
Sebelum membuat Instagram Ads, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat strategi iklan yang jelas. Tujuannya agar iklan yang kamu buat lebih terarah dan konsisten.
Untuk melakukannya, kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut:
- Apa yang akan kamu promosikan?
- Apa yang ingin kita capai dengan beriklan di Instagram?
- Siapa Target Audiens Kamu?
- Konten Seperti Apa yang Akan Kamu Buat?
2. Tentukan Target Audiens secara Spesifik
Selanjutnya, kamu juga harus menentukan target audiens yang spesifik (sesuai dengan bisnis kamu). Membuat iklan yang sesuai dengan target audiens yang tepat artinya menawarkan produk atau jasa kepada orang yang membutuhkan.
Misalnya kamu menjual “skincare”, maka target audiens yang tepat yaitu seseorang yang hobi menggunakan skincare, atau seseorang yang memiliki pekerjaan dibidang perawatan kulit.
3. Buat Konten dalam Bentuk Visual
Instagram merupakan platform media sosial yang sangat mendukung konten dalam bentuk visual untuk membuat sebuah postingan, misalnya konten gambar atau video.
Pastikan konten visual yang kamu buat memiliki kualitas yang baik, misalnya terdiri dari resolusi yang high definition (HD), pencahayaan yang cerah, dan penataan fotografi yang menarik.
Berikut salah satu contoh konten visual yang memiliki kualitas yang bagus pada sebuah iklan Instagram (Instagram feed).
Sudah Tahu Biaya untuk Iklan Instagram Kamu?
Dengan memahami berbagai faktor yang memengaruhi biaya Instagram Ads, sekarang kamu memiliki pengetahuan yang lebih baik dalam merencanakan anggaran iklan melalui platform ini. Meskipun biaya iklan dapat bervariasi berdasarkan faktor seperti target audiens, jenis iklan, dan persaingan pasar, penting untuk tetap fokus pada tujuan dan pengukuran kinerja iklan.
Gunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia yang memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial.
Berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello dengan cara mengisi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!