Diketahui dari NepoleonCat Static yang menyatakan, di Indonesia pada bulan Januari 2021 pengguna Instagram mencapai 82.320.000 orang. 52.6% merupakan pengguna wanita dan 47,4% merupakan pengguna laki-laki.
Lihat datanya pada gambar berikut:
Melihat banyaknya pengguna Instagram, banyak para pebisnis yang menggunakan platform ini sebagai media untuk mempromosikan bisnis mereka. Terlebih Instagram juga menyediakan layanan Ads (iklan) yang biasa kita kenal dengan istilah Instagram Ads.
Kamu bisa menampilkan iklan di feed Instagram maupun Instagram stories. Dan jika kamu sudah familiar dengan pembuatan iklan di Facebook Ads, membuat iklan di instagram tidak akan sulit. Karena semenjak tahun 2012, Instagram menjadi bagian dari Facebook. Sehingga cara membuat Instagram Ads hampir sama dengan membuat Facebook Ads.
Lalu berapa biaya (harga) untuk membuat Instagram Ads? Apakah saya perlu mengalokasi biaya yang besar? Karena dalam sebuah bisnis, biaya menjadi faktor pertimbangan seorang pebisnis ketika melakukan sesuatu untuk keperluan bisnis, termasuk membuat Instagram Ads.
Daftar isi
Harga Instagram Ads
Harga Instagram Ads sangat fleksibel, kamu bisa menentukan sendiri biaya iklan yang akan kamu keluarkan.
Semakin banyak biaya yang kamu keluarkan, maka semakin banyak pula kamu akan mendapatkan jumlah calon konsumen, artinya target konsumen juga berpengaruh pada biaya yang kamu keluarkan.
Biaya untuk Instagram Ads dimulai dari Rp10.000 hingga jutaan rupiah.
Dan sebagai tips, ketika pertama kali melakukan Instagram Ads, alangkah lebih baik jika kamu mengeluarkan biaya yang kecil (minimal) terlebih dahulu. Jika iklan kamu berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan bagi bisnis kamu, maka kamu dapat menaikkan jumlah biaya yang lebih besar.
Tips Melakukan Instagram Ads
Untuk mendapatkan hasil iklan yang maksimal, ada 3 tips penting yang perlu kamu perhatikan:
1. Buat Strategi Iklan yang Jelas
Sebelum membuat Instagram Ads, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat strategi iklan yang jelas. Tujuannya agar iklan yang kamu buat lebih terarah dan konsisten.
Untuk melakukannya, kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut:
- Apa yang akan kamu promosikan?
- Apa yang ingin kita capai dengan beriklan di Instagram?
- Siapa Target Audiens Kamu?
- Konten Seperti Apa yang Akan Kamu Buat?
2. Tentukan Target Audiens secara Spesifik
Selanjutnya, kamu juga harus menentukan target audiens yang spesifik (sesuai dengan bisnis kamu). Membuat iklan yang sesuai dengan target audiens yang tepat artinya menawarkan produk atau jasa kepada orang yang membutuhkan.
Misalnya kamu menjual “skincare”, maka target audiens yang tepat yaitu seseorang yang hobi menggunakan skincare, atau seseorang yang memiliki pekerjaan dibidang perawatan kulit.
3. Buat Konten dalam Bentuk Visual
Instagram merupakan platform media sosial yang sangat mendukung konten dalam bentuk visual untuk membuat sebuah postingan, misalnya konten gambar atau video.
Pastikan konten visual yang kamu buat memiliki kualitas yang baik, misalnya terdiri dari resolusi yang high definition (HD), pencahayaan yang cerah, dan penataan fotografi yang menarik.
Berikut salah satu contoh konten visual yang memiliki kualitas yang bagus pada sebuah iklan Instagram (Instagram feed).
Nah bagaimana? Ternyata harga Instagram Ads tidak mahal kan? Untuk membuatnya juga cukup mudah dan kamu juga akan dipandu pihak Instagram dalam proses pembuatan iklan. Cobain yuk promosikan iklan kamu menggunakan Instagram Ads. Jika kamu membutuhkan pihak yang bisa mengurus iklan Instagram-mu, jangan ragu untuk menghubungi Whello ya! Karena Whello menyediakan jasa iklan Instagram yang berguna untuk mempromosikan bisnismu di Instagram.
Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman yang lain ya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Customer Retention: Definisi, Manfaat, dan Strategi
Pelajari cara mempertahankan dan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan memahami definisi, manfaat, dan strategi Customer Retention!
Pentingnya Programmatic Ads Untuk UMKM dan Cara Kerjanya
Optimalkan eksposur bisnis UMKM dengan Programmatic Ads. Pelajari cara kerjanya untuk mengoptimalkan pengeluaran iklan secara efisien.
Cara Menggunakan Meta Ads Automation Untuk Para Pengiklan
Optimalkan strategi iklan kamu dengan menggunakan Meta Ads Automation. Pelajari caranya untuk hasil yang lebih efektif dalam artikel ini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!