Banyak website yang memilih menggunakan banyak bahasa yang bisa diakses oleh banyak orang. Tujuan dari multi bahasa ini memungkinkan user banyak yang melihat konten kamu dengan mudah. Pemilik website yang menggunakannya perlu mengetahui apa itu Hreflang.
Atribut tersebut penting untuk menentukan target bahasa dan negara yang akan dipilih untuk website kamu. Penasaran seperti apa itu atribut tersebut dan fungsinya? Mari kita simak ulasan artikel berikut ini.
Daftar isi
Pengertian Hreflang
Hreflang Tag merupakan kode-kode yang dapat menginformasikan Google tentang bahasa yang seharusnya dipakai ketika menyajikan hasil penelusuran ke pengguna yang menjadi target berdasarkan letak geografisnya.
Cara kerja dari atribut ini adalah memberikan sinyal ke browser bahwa user melakukan request bahasa dengan menginginkan hasil dari konten kamu. Jadi, bukan memberikan konten lain yang menggunakan bahasa yang pengguna inginkan.
Oleh sebab itu, hal ini akan berguna untuk mengubah konten website kamu menjadi bahasa yang diinginkan oleh user sehingga dapat dibaca menggunakan berbagai bahasa.
Fungsi Hreflang Untuk SEO
Setiap content creator harus membuat website berdasarkan konsep SEO (Search Engine Optimization) agar google lebih mudah menempatkan website kamu di pencarian paling baik. Cara untuk meningkatkan SEO ini dapat dilakukan dengan berbagai metode.
Mulai dari isi kontennya yang original dan menentukan keyword yang tepat, pengelolaan tema yang SEO Friendly, hingga penggunaan multibahasa ini. Atribut tersebut juga membantu kamu mendapatkan berbagai manfaat yang bisa menaikkan rangking website.
Adapun fungsi dari atribut ini adalah sebagai berikut:
1. Memberikan Pelayanan Kepada Pengguna dengan Lebih Baik
Adaya tag atribut ini lebih memudahkan pengguna untuk mendapatkan konten kamu dengan bahasa yang mereka pahami. Sehingga website dapat meningkatkan user experience sehingga pelanggan lebih suka pada artikel kamu.
Ketika user mendapatkan konten yang tepat dan bisa dibaca dan dimengerti menggunakan bahasa negaranya, ini akan membuat pengguna menjadi lama berada di website kamu. Dengan demikian, traffic pengunjung menjadi lebih tinggi.
Masalah bounce rate yang sering dialami oleh pemilik website bisa dikurangi, dimana bounce rate adalah perhitungan banyaknya orang yang membuka website dan langsung keluar dengan cepat.
Bounce rate yang tinggi akan mempengaruhi SEO karena terlihat bahwa konten tersebut tidak berkualitas. Sebaliknya, jika bounce ratenya rendah dan pengunjung website membukanya dengan waktu yang lama. Ini menunjukkan bahwa konten kamu berkualitas.
Dengan demikian, ini akan berpengaruh positif terhadap meningkatkan peringkat website kamu menjadi lebih baik. Terlebih jika website sudah berada di halaman pertama Google, kesempatan untuk dibaca oleh para user akan menjadi lebih banyak sehingga traffic kamu menjadi lebih tinggi.
2. Mencegah Plagiarisme Konten
Manfaat selanjutnya dari atribut tag ini yaitu bisa mencegah plagiarisme konten. Ketika kamu menyajikan konten yang berbahasa Inggris untuk dua wilayah, itu berarti akan tersedia dua link yang berbeda.
Secara umum, dua URL tersebut memiliki konten yang hampir sama,hanya saja, informasi harga yang mungkin berbeda karena disesuaikan dengan mata uang di wilayah masing-masing.
Namun, kedua konten tersebut akan dirasa aman dan tidak mengandung plagiat karena kamu memberikan atribut Hreflang ini.
Berbeda jika tidak menggunakan atribut ini, maka Google dapat menilai bahwa konten tersebut merupakan plagiat atau duplikat sehingga peringkat website kamu menjadi turun hanya dengan satu konten yang mengganggu tersebut.
Oleh sebab itu, gunakan atribut ini untuk memperjelas bahwa konten yang dibuat diperuntukkan untuk beberapa pengguna di berbagai tempat yang berbeda sehingga bisa lolos dari pendeteksian duplikat konten yang dilakukan oleh Google.
Penggunaan Hreflang yang Tepat
Kapan atribut ini perlu digunakan? kamu dapat mengetahui ciri-ciri dari penggunaan atribut yang tepat untuk website kamu ketika berada dalam keadaan seperti berikut:
- Punya konten yang sama hanya berbeda bahasa saja.
- Website punya konten yang khusus berdasarkan wilayah geografis dari pengguna akan tetapi punya bahasa yang sama. Contohnya, kamu ingin membuat konten dari Bahasa Inggris, tetapi digunakan untuk dua wilayah berbeda yaitu Inggris Raya dan Australia yang memiliki bahasa sedikit berbeda. Oleh sebab itu, penggunaan atribut ini akan membantu untuk menerjemahkan sesuai dengan wilayah tersebut. Biasanya akan diberi kode “en-gb” untuk wilayah Britain dan “en-au” untuk Australia.
Cara Pakai Hreflang Tag
Untuk mengimplementasikannya, kamu dapat membuatnya menggunakan 3 cara mudah, yaitu sebagai berikut:
1. Link HTML di dalam halaman
Langkah pertama adalah dengan menambahkan HTMLnya di bagian. Cara ini terbilang mudah dan simpel tetapi membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena kamu memasukkannya secara manual di setiap halaman.
Oleh sebab itu, cara ini cocok untuk digunakan saat website tidak punya banyak opsi bahasa yang disediakan. Jadi, kamu bisa menambahkandi setiap halamannya.
2. Di Header HTTP
Selanjutnya, adalah website yang mempublish konten dengan format PDF, Doc, atau non HTML. kamu bisa memberikan atribut ini di bagian headernya.
Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah mengatur dan memilih bahasa yang diinginkan sesuai dengan wilayah dan letak geografisnya. Tambahkan berbagai bahasa seperti English, Destch, Jerman, espanol, dsb.
3. Di XML Sitemap
Pemberian atribut selanjutnya, yaitu digunakan di XML Sitemap. Metode ini termasuk pilihan yang terbaik bagi kamu yang memiliki website yang sudah memiliki banyak versi bahasa.
Cara implementasi penggunaannya di XML Sitemap yaitu dengan memberikan elemen di URL yang memiliki atribut dengan kode .
Hal ini berguna untuk mencantumkan informasi bahasa yang diinginkan agar pengguna bisa mengerti konten kamu sesuai dengan wilayah user. Ada 3 link yang diperuntukkan untuk beberapa bahasa, diantaranya adalah sebagai berikut:
- www.contoh.com/english/page.html: ditujukan untuk pengguna bahasa internasional yaitu bahasa Inggris di seluruh dunia yang umum.
- www.contoh.com/deutsch/page.html: ditujukan untuk pengguna yang menggunakan bahasa Jerman di seluruh dunia.
- www.example.com/scweiz-deutsch/page.html: yang ditargetkan untuk pengunjung website kamu yang menggunakan bahasa Jerman di Swiss.
Perbedaan Hreflang dan Canonical
Banyak yang menganggap kedua atribut ini sama padahal tag atribut ini memiliki perbedaan mendasar.
Perbedaannya yaitu jika tag canonical merupakan atribut yang digunakan untuk mencari URL yang memiliki konten yang sama. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya plagiarisme konten.
Sedangkan untuk hreflang dipakai untuk membedakan halaman apa yang akan ditampilkan di satu website yang sama. Selain itu, dari konten yang sama pula untuk mengubahnya ke bahasa tertentu sesuai dengan regionalnya.
Pemakaian tag canonical ini untuk bahasa yang berbeda tidak dibolehkan walau membahas konten yang sama. Tag ini harus di halaman dengan bahasa dan wilayah yang sama.
Contohnya adalah ketika kamu memiliki situs www.contoh.com yang memiliki halaman yang membahas tips bisnis dalam bahasa Indonesia.
Kemudian, kamu memiliki subdomain www.en.contoh.com yang juga sama membahas tentang tips bisnis tetapi dengan bahasa yang inggris.
Berdasarkan kasus ini, tidak boleh memakai domain contoh.com sebagai canonical di en.domain.com.
Ingin Menggunakan Hreflang?
Demikian apa yang dimaksud dengan Hreflang, fungsi, serta pemakaiannya.Sebagai agensi digital marketing terbaik di Indonesia, Whello memiliki jasa pembuatan website yang bisa membantu kamu untuk menggunakan hreflang pada website kamu, kamu bisa menghubungi kontak Whello untuk melakukan diskusi secara gratis, atau melihat portofolio Whello terlebih dahulu.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!