Saat ini, banyak pebisnis yang memanfaatkan media online untuk perkembangan bisnis mereka dibandingkan dengan media offline, misalnya pemanfaatan website, media sosial hingga aplikasi pada perangkat mobile (iOS dan Android).
Melalui media online ini, juga akan memudahkan konsumen dalam menjangkau produk atau jasa yang kamu tawarkan. Serta membuat kamu lebih mudah dalam menjalankan bisnis.
Namun selain membuat website atau penggunaan media sosial, kamu juga membutuhkan konten yang menarik. Melalui konten tersebut, konsumen bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai bisnis kamu, meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) bisnis, serta menjadikan mereka sebagai pelanggan loyal kamu.
Dan kebanyakan pebisnis kesulitan untuk membuat konten yang menarik, sehingga memutuskan untuk menggunakan jasa content writing.
Daftar isi
Apa Itu Content Writer?
Content Writer adalah seseorang yang bertugas untuk menulis konten yang bertujuan untuk memberikan informasi, mengedukasi, atau menghibur pembaca.
Biasanya sebelum menulis konten, seorang content writer perlu mempertimbangkan kata kunci, topik, atau judul konten yang erat kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya agar konten yang mereka buat mudah ditemukan pada mesin pencarian, seperti Google.
Contoh konten yang dibuat oleh content writer seperti artikel, blog post, email newsletter, artikel koran, e-book, podcast, dan lain-lain.
Baca juga: Perbedaan Content Writer dan Copywriter
Keuntungan Menggunakan Jasa Content Writer
Jika kamu salah satu pebisnis yang membutuhkan jasa content writer, terlebih dahulu kamu juga perlu mengetahui keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan salah satu jasa content writer.
1. Penulis Profesional
Seorang content writer bukan seorang penulis biasa, jika kamu meminta seorang penulis biasa untuk menulis blog atau artikel kamu, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama.
Berbeda dengan seorang content writer yang telah terlatih dan memiliki banyak pengalaman ketika menulis. Kamu bisa memperhatikan portofolio mereka, biasanya disana kamu bisa menilai apakah konten-konten yang dibuat memiliki kualitas yang bagus atau tidak.
2. Tidak Terbatas Waktu dan Tempat
Saat ini sebuah pekerjaan dapat dilakukan kapan dan dimana saja dengan pemanfaatan internet, tidak terkecuali untuk penggunaan jasa content writer.
Cukup dengan memanfaatkan media internet maka kamu dapat berkomunikasi dengan salah satu agensi digital yang menyediakan jasa content writer.
3. Content Writer Memiliki Banyak Koneksi
Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang content writer memiliki banyak koneksi teman penulis atau bahkan tim yang siap bekerja dalam proses penulisan.
Jika kamu bekerjasama dengan mereka, tentu kamu memiliki banyak penulis untuk membantu kamu menulis konten sesuai kebutuhan website kamu.
4. Membuat Website Mudah ditemukan pada Mesin Pencari
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebelum membuat konten, seorang content writer akan mempertimbangkan beberapa hal yang berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimization), seperti keyword yang akan digunakan, topik konten yang trending, atau judul konten yang menarik perhatian pembaca.
Dengan begitu, website kamu tidak hanya memiliki konten yang menarik, tetapi juga mudah ditemukan pada mesin pencarian Google.
5. Prakiraan Dana
Keuntungan jasa content writer selanjutnya adalah kamu dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis kamu dalam hal ini content writing dengan dana yang kamu punya. Karena seorang content writer biasanya memiliki beragam paket harga yang bisa dipilih.
Misalnya 5 Artikel dengan harga Rp1.500.000, 10 Artikel dengan harga Rp2.500.000, dan paket harga lainnya (tinggal sesuaikan dengan dana yang akan kamu keluarkan, kemudian diskusikan dengan baik).
Tips Memilih Jasa Content Writer
Untuk menemukan jasa content writer yang tepat, ada 5 tips memilih jasa content writer yang perlu kamu ketahui.
1. Mampu Menyelesaikan Masalah Klien
Sebelum menggunakan salah satu jasa content writing, tentu kamu akan berdiskusi (meeting) terlebih dahulu. Maka ceritakan masalah yang sedang kamu hadapi serta tujuan yang ingin kamu capai atas penggunaan jasa ini.
Sebagai seorang content writer, seharusnya mereka mampu memberikan saran atau ide terhadap masalah yang sedang kamu hadapi. Misalnya memberikan ide mengenai topik konten yang sesuai dengan niche website kamu. Atau memberikan saran konten seperti apa yang cocok untuk konten bisnis kamu.
Dengan saran atau ide-ide yang diberikannya, akan terlihat kualitas dan kreatifitas dari seorang content writer tersebut.
2. Mampu Menghasilkan Konten yang Berkualitas
Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan dari penyedia jasa content writer yaitu konten-konten yang telah dihasilkan sebelumnya. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat hasil konten yang mereka buat di portofolio website, blog website perusahaan, atau blog pribadi seorang content writer.
Lihat beberapa hal pada portofolio mereka, seperti apakah konten yang dihasilkan mudah dipahami, dijelaskan secara lengkap, dan penjelasan juga tepat sasaran dan tidak berbelit- belit.
Selain itu kamu juga harus memperhatikan apakah konten yang dihasilkan sebelumnya memiliki variasi konten (tidak selalu teks), karena seperti yang kita ketahui, ada beberapa jenis konten seperti konten gambar, video, dan audio. Tentunya jenis-jenis konten tersebut juga akan menarik perhatian pembaca.
3. Konten yang Dihasilkan Berbasis SEO
Selain berkualitas, konten yang dihasilkan juga harus berbasis SEO (SEO Friendly), agar konten-konten yang telah dibuat mudah ditemukan pada mesin pencari seperti Google.
Oleh karena itu, kamu harus memastikan apakah penyedia jasa content writer tersebut memahami teknik SEO atau tidak. Jika kamu tidak mengerti SEO, seharusnya mereka bisa menjelaskan dengan baik untuk membuat kamu lebih paham mengenai SEO.
4. Fleksibel Ketika Membuat Konten
Fleksibel ketika membuat konten maksudnya fleksibel dengan waktu dan biaya. Seorang content writer seharusnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah konten. Karena mereka telah terlatih dan memiliki berbagai pengalaman untuk membuat konten.
Selain waktu, mereka juga harus fleksibel dalam masalah harga. Misalnya dengan biaya tertentu, mereka mampu menghasilkan banyak konten berkualitas.
5. Memiliki Kemampuan Menganalisa atau Riset yang Bagus
Seorang content writer seharusnya juga memiliki analisa riset yang bagus, tujuannya agar informasi yang mereka dapatkan lebih akurat untuk menghasilkan konten yang memiliki kredibilitas (dapat dipercaya banyak orang).
Hal ini juga bisa kamu lihat pada bagian portofolio mereka, apakah mereka ada memasukkan sumber (source) yang terpercaya pada konten yang mereka buat.
Nah setelah mengenal beberapa hal tentang content writer, apakah kamu berencana menggunakan atau sedang mencari salah satu jasa content writing. Jasa Content Writer Whello bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Whello memiliki tim content writer yang telah berpengalaman menghasilkan konten yang terbukti bisa mengkonversi pengunjung menjadi customer serta bernilai tinggi di mata google.
Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Whello sekarang yuk! Atau kamu juga bisa tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah ya.
Semoga bermanfaat.
Berapa biaya untuk menggunakan jasa content writer?
Biaya menggunakan jasa content writer bervariasi tergantung pada pengalaman dan kompleksitas proyek. Harga umumnya dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhanmu.
Berapa lama biasanya proses pengerjaan konten?
Lamanya pengerjaan konten tergantung pada panjang dan tingkat kesulitan proyek. Proses ini biasanya melibatkan riset, penulisan, dan revisi.
Apakah content writer bisa menulis dalam bahasa asing selain Indonesia?
Ya, banyak content writer yang mampu menulis dalam bahasa asing sesuai keahlian mereka.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!