Konten merupakan sarana informasi yang disediakan oleh pemilik website. Peran konten dalam sebuah website bukan hanya untuk membantu website berada pada posisi yang bagus di mesin pencarian, tetapi juga dijadikan sebagai sales.
Ada beberapa jenis konten yang bisa kamu gunakan, seperti konten video, artikel, infografis, atau audio.
Berikut contoh konten infografis:
Sumber: Pinterest
Daftar isi
8 Alasan Konten Mempengaruhi Pengunjung Website
Konten juga dapat mempengaruhi pengunjung website untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Bagaimana bisa? Berikut 8 alasannya:
1. Konten Dapat Meningkatkan Traffic Website
Traffic website adalah jumlah orang yang mengunjungi website, halaman website yang mereka lihat, dan durasi saat berkunjung ke website kamu. Setiap website membutuhkan traffic yang bagus agar peringkat website selalu meningkat di mesin pencarian.
Dan salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menyediakan artikel di website kamu. Dengan membuat artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat, akan membuat banyak pengunjung datang ke website kamu. Sehingga traffic website kamu akan terus meningkat.
Ada 5 tips membuat artikel yang dapat meningkatkan traffic website, kamu bisa baca artikel sebelumnya mengenai 5 tips menulis konten berkualitas untuk optimalisasi SEO.
2. Konten Membuat Pengunjung Menjadi Pelanggan
Selain bisa membantu meningkatkan traffic website, konten juga dapat membuat pengunjung menjadi pelanggan untuk bisnis kamu.
Bagaimana bisa? Dalam content marketing dikenal metode Inbound Marketing. Melalui metode ini, konten (artikel) yang dibuat menggunakan bahasa yang lebih persuasif (bersifat mengajak) agar pembaca percaya dan tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan
Inbound marketing juga sudah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai apa itu inbound marketing .
3. Memudahkan Pembaca dalam Memahami Detail Produk
Konten website tidak hanya penting bagi pemilik website atau pemilik bisnis, namun juga bagi pembaca. Pembaca akan semakin mengenal produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Mereka tidak perlu mencari informasi produk di tempat yang lain karena penjelasannya sudah lengkap di website bisnis tersebut.
4. Meningkatkan Otoritas Bisnis
Konten website yang berkualitas juga sangat berkaitan dengan otoritas bisnis kamu. Terlebih jika konten tersebut berhubungan dengan niche produk terkait. Orang akan cenderung beranggapan bahwa kamu adalah ahlinya.
Misalnya kamu memiliki bisnis kosmetik, kemudian membuat konten yang berkualitas terkait berbagai tips dan jenis kosmetik. Maka secara tidak langsung orang akan semakin percaya kepada kamu. Hal inilah yang nantinya berdampak pada otoritas bisnis yang semakin baik.
5. Konten Membantu Kamu Memahami Calon Klien
Untuk memahami keinginan calon pembaca, kamu tidak perlu menghubungi beberapa calon klien sebelum melakukan pemasaran (promosi) bisnis. Kamu hanya perlu membuat artikel yang lebih engaging.
Dengan artikel yang engaging, akan menimbulkan reaksi yang positif dari calon klien kamu. Misalnya calon klien kamu akan meninggalkan komentar setelah membaca konten yang kamu buat. Dengan komentar-komentar tersebut, kamu bisa memahami keinginan calon klien.
Jika kamu mampu memenuhi keinginan mereka, tidak menutup kemungkinan untuk mengkonversikan mereka menjadi konsumen (menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan).
Baca juga: 5 Cara Membuat Artikel Kamu Semakin Engaging
6. Membuat Konten Lebih Efisien dari Sisi Biaya
Hal yang juga tidak kalah penting dalam sebuah bisnis yaitu “biaya”. Dengan membuat konten, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun dan tetap bisa mendapatkan banyak calon klien. Hanya saja kamu harus mampu menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat.
Berbeda jika kamu melakukan promosi bisnis melalui metode iklan seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads. Tentunya kamu harus mengeluarkan biaya untuk melakukannya.
Oleh karena itu, untuk mendapatkan calon klien, konten dikatakan lebih efisien dari segi biaya, bahkan sangat efisien.
7. Meningkatkan Performa Website
Kualitas konten juga berpengaruh terhadap performa website. Meskipun kamu mampu membuat desain website yang powerfull untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik dan tidak diimbangi dengan konten yang berkualitas. Tampilannya akan menjadi kurang maksimal.
Oleh karena itu, usahakan membuat konten yang berkualitas untuk website bisnis kamu. Terlebih, saat ini sudah ada banyak cara untuk menghasilkan konten website yang terbaik.
8. Meningkatkan Coverage SEO
SEO adalah upaya optimalisasi website untuk mendapatkan peringkat website di hasil pencarian Google secara organik. Dengan mendapatkan ranking tertinggi di hasil pencarian, tentu trafik website kamu juga akan meningkat.
Tetapi, untuk mendapatkan trafik yang, kamu juga perlu mengikuti aturan optimalisasi SEO yang telah ditetapkan oleh mesin pencari. Salah satunya melalui konten yang berkualitas.
Dengan menyediakan konten yang berkualitas di website akan mendatangkan banyak visitor yang betah berada di website kamu. Selain berkualitas, konten yang kamu buat juga harus memberikan manfaat kepada pembaca untuk membuat mereka kembali berkunjung ke website kamu.
Baca juga: Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly
Tips Membuat Konten Berkualitas Untuk Website Kamu
Mengingat pentingnya konten dalam sebuah website, kamu juga harus bisa menciptakan/membuat konten yang berkualitas. Pada artikel sebelumnya telah kita tips copywriting dalam menulis konten untuk menghasilkan konten yang berkualitas.
- Pelajari sebuah produk atau jasa (produk atau jasa yang ditawarkan, keunikan dari sebuah produk, fitur yang dimiliki, manfaat dan kelebihan produk atau jasa tersebut).
- Pahami kebutuhan audiens.
- Tentukan tujuan membuat konten.
- Buat judul (heading) yang menarik.
- Manfaatkan subheading.
- Fokus pada manfaat.
- Gunakan data dan fakta pendukung.
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti.
- Ciptakan engaging content.
- Lakukan evaluasi dan revisi.
Baca juga: Tips Meningkatkan Kualitas Konten pada Website Kamu
Itulah 8 alasan bagaimana konten mempengaruhi pengunjung website kamu, serta 10 tips membuat konten yang berkualitas. Lalu, bagaimana jika saya tidak bisa menghasilkan konten yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi pembaca? Jangan khawatir, Whello sebagai agensi digital marketing menyediakan jasa copywriting untuk website kamu. Whello memiliki teknik copywriting yang bisa mengkonversi pengunjung website kamu menjadi konsumen.
Jika kamu ragu dengan hasil kerja Whello, kamu bisa melihat portofolio Whello, atau langsung saja konsultasi gratis dengan salah satu team Whello dengan cara menghubungi kontak Whello.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!