Press release merupakan sarana yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi terkait perusahaan. Informasi tersebut bisa berkaitan tentang apa yang sedang terjadi di perusahaan, promo yang sedang diberlakukan perusahaan, atau lainnya. Bila dulu informasi ini sering ditampilkan di kolom koran, maka kini seiring dengan perkembangan teknologi pihak perusahaan bisa jauh lebih fleksibel menyesuaikan kebutuhannya dan kerap dijadikan strategi marketing.
Mungkin kamu sudah pernah melihat contoh informasi yang diterbitkan perusahaan, namun hanya belum menyadarinya saja. Maka, simak terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui pengertian, jenis, dan contoh dari press release!
Daftar isi
Pengertian Press Release dan Sejarah Singkatnya
Pengertian sederhananya, press release adalah suatu alat yang dimanfaatkan untuk publikasi atau menyampaikan informasi kepada masyarakat luar. Biasanya publikasi dilakukan saat pihak perusahaan menggelar event tertentu. Dari publikasi itulah masyarakat mengetahui apa yang sedang terjadi dan kegiatan perusahaan.
Press release bersifat pemberitahuan resmi. Maka membutuhkan media pendukung seperti koran, televisi, atau media lainnya. Bentuk pemberitahuan ini umumnya tidak terlalu panjang hanya satu hingga dua halaman saja.
Suatu press release yang baik ditulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan memiliki isi yang komprehensif. Dengan demikian media yang memuat informasi perusahaan tersebut akan mendapat informasi yang dapat diinformasikan kembali secara baik tanpa kesalahan konteks.
Bentuk penyampaian informasi tentang perusahaan ini sendiri sudah ada sejak tahun 1960. Saat itu sempat terjadi kecelakaan kereta api di New Jersey, Amerika Serikat yang menyebabkan 50 orang penumpang tewas. Adapun pihak perusahaan kereta memberikan pernyataan tertulis berkaitan tentang peristiwa tersebut disertai alasan terjadinya kecelakaan yang tidak bisa dihindarkan. Pernyataan dari pihak perusahaan kereta selanjutnya dimuat di kolom pertama suatu surat kabar ternama, New York Times.
Seiring dengan perkembangan teknologi press release dimuat di sejumlah media. Mulai dari media cetak, elektronik, dan kini media digital online.
Mengenal Jenis-Jenis Press Release
Dalam menyampaikan informasi perusahaan, ada banyak jenis press release yang bisa dipilih. Beberapa macamnya yaitu:
-
General News
Satu bentuk yang paling umum adalah general news. Jenis ini berisi berita tentang peristiwa yang terjadi. Contohnya saat pihak perusahaan memperoleh suatu perusahaan. Namun, kini pihak perusahaan sering melakukan modifikasi untuk jenis general news ini.
-
Launch Release
Jenis kedua ini berhubungan dengan peluncuran perusahaan, situs resmi, launching produk baru, atau beberapa hal lain yang bersifat pertama kali. Dari segi format mirip dengan general news bedanya ada penekanan tentang suatu hal baru yang akan segera datang.
Launch release bersifat kasual yang bisa kamu gunakan untuk menjabarkan ide yang akan datang. Setelah launch release umumnya akan disusul dengan penyampaian press release lanjutan tentang apa yang sudah diinformasikan sebelumnya.
-
Event Press Release
Saat perusahaan menyelenggarakan suatu acara, maka bisa disebarluaskan melalui event press release. Jenis ini berisikan informasi mendetail tentang acara yang sedang berlangsung dan tentunya bisa bermanfaat terutama bagi masyarakat yang berminat mengunjungi acara tersebut.
Jenis ini dapat dibuat berbentuk outline, list, ataupun point penting berkaitan dengan acara perusahaan. Formatnya tidak terlalu kaku harus memenuhi kaidah 5W+1H agar tidak terlalu membosankan.
-
Executive, Staff, & Employee Press Release
Jenis lainnya adalah executive, staff, & employee press release. Isinya tentang biografi seorang pegawai dilengkapi dengan foto. Tujuannya yaitu mengumumkan perekrutan pegawai baru terutama untuk pegawai dengan posisi penting di perusahaan seperti penunjukkan direktur baru atau komisaris baru.
-
Product Press Release
Jenis kelima ini mirip seperti launch press release tapi cukup berbeda dari segi isi. Isinya umumnya menyajikan spesifikasi produk baru yang diumumkan. Jadi meski sama-sama mengenalkan hal baru untuk kali pertama tapi informasi yang disajikan dalam product press release lebih lengkap.
Melalui product press release masyarakat umum bisa mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan keunggulan dari suatu produk. Masyarakat pun bisa memiliki gambaran seperlu menilai produk baru tersebut bagus atau tidak.
-
Expert Position Press Release
Jenis keenam ini kerap digunakan untuk menjelaskan tentang seseorang yang berkaitan dengan kemampuan orang tersebut di suatu bidang. Kegunaan selanjutnya adalah bisa sebagai rujukan perusahaan bila di kemudian hari membutuhkan jasa orang tersebut.
-
Rebranding Press Release
Jenis berikutnya ini memiliki tujuan menjelaskan perubahan dalam corporate image suatu perusahaan. Perusahaan harus mampu menceritakan adanya perubahan secara mendetail dan alasan di balik terjadinya perubahan tersebut.
Perusahaan juga harus memberikan informasi tentang sejumlah hal yang masyarakat dapat ekspektasikan dari rebranding. Sekaligus membantu mengurangi rasa tidak nyaman atau kekhawatiran akan adanya image baru dari suatu brand ataupun perusahaan.
-
Partnership Press Release
Cukup mirip dengan rebranding press release, jenis berikutnya ini berisi informasi adanya perubahan besar dalam perusahaan. Bedanya perubahan didapat karena adanya partnership atau kerjasama dengan perusahaan lain yang memberi perubahan besar.
Informasi yang disajikan akan memberi informasi berarti yang membantu menekan kekhawatiran di kalangan stakeholder hingga konsumen. Di sini pihak perusahaan mesti mampu membangun excitement akan perubahan yang positif sebagai hasil dari kerjasama yang dilakukan.
Contoh Press Release
Berikut ini diberikan contoh jenis General News dengan informasi fiksi belaka hanya sebagai contoh.
Sejak 26 Juni 2021, tiap harinya didapati lebih dari 20.000 kasus baru Covid-19 varian baru di Indonesia. Varian baru Covid-19 dinilai lebih berbahaya dengan tingkat penularan lebih cepat dibanding varian awal yang terdeteksi setahun lalu di Indonesia.
Untuk menekan lonjakan kasus baru masyarakat dianjurkan agar menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan. Masyarakat juga diharuskan menggunakan masker. Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan menghimbau agar masyarakat menggunakan masker berlapis.
Tapi penggunaan masker berlapis memiliki kekurangan membuat sulit bernapas dan menimbulkan jerawat di wajah. PT Farma Nomer Satu hadir memberikan solusi masalah ini dengan mengembangkan masker Ganda Extra. Masker dengan teknologi terkini sudah diuji di laboratorium mampu menangkal 99% radikal bebas. Masker tetap nyaman digunakan dan sekaligus melindungi kesehatan kulit.
Kesimpulan
Di era digital seperti sekarang informasi menjadi salah satu aset penting. Kamu sebagai pengelola suatu perusahaan pun perlu membuat press release agar informasi tersebut bisa tersampaikan kepada stakeholder, klien, konsumen, distributor, investor, media, dan khalayak umum.
Meski terlihat sederhana, mungkin bukan hal mudah membuat press release yang baik dan informatif. Tapi tenang, kamu bisa memanfaatkan jasa copywriting Whello yang menyediakan jasa copywriting termasuk konten press release berkualitas.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!