Shopify menyertakan beberapa fitur SEO-friendly, tetapi masih banyak lagi yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan peringkat website. Meskipun SEO Shopify bergantung pada keyword, meningkatkan peringkat situsmu membutuhkan lebih dari sekadar memasukkan beberapa kata kunci ke dalam konten.
Dalam panduan SEO Shopify ini, kamu akan mengetahui 8 cara mengoptimasinya. Sehingga akan membantumu menguasai SEO untuk toko Shopify dan mendapatkan peringkat pertama!
Daftar isi
Pengertian Shopify
Shopify merupakan e-commerce pembuat situs web berbayar yang dapat kamu gunakan untuk membuat toko online yang menyertakan fitur untuk mengelola produk, penetapan harga, inventaris, pembayaran, dan pengiriman.
Cara Menggunakan Shopify
Jika pemilik bisnis tidak memiliki keahlian dalam pemrograman situs web tetapi masih ingin membangun toko online sendiri, mereka dapat menggunakan platform ini dan menggunakan jasa SEO shopify.
Kamu dapat mendaftarkan bisnismu di situs resmi Shopify untuk menggunakan layanan ini. Setelah itu, dengan menggunakan dasbor yang tersedia, kamu dapat membuat situs web toko online.
Tiga paket yang disediakan Shopify adalah Basic Shopify, Shopify, dan Advanced Shopify. Sebelum mencoba menggunakan kesempatan uji coba secara resmi, kamu memiliki waktu 14 hari untuk mencobanya.
Keuntungan Shopify
Sebelum mengetahui cara optimasi SEO Shopify, kamu juga perlu mengetahui keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan Shopify, yakni:
1. Mudah dalam Manajemen Toko
Kemudahan dalam manajemen toko Shopify adalah manfaat yang pertama. Sebab, Shopify mempunyai fitur manajemen toko yang fleksibel.
Melalui fitur ini, kamu dapat memantau pesanan secara langsung melalui aplikasi. Selain itu, kamu juga dapat mengunggah produk dan menyelesaikan tugas lainnya hanya dengan menggunakan smartphone.
2. Bantuan 24/7
Jika kamu mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Shopify, kamu tidak perlu khawatir. Karena Shopify menawarkan dukungan 24 jam penuh melalui obrolan terbuka, email, dan panggilan telepon.
3. Pembuat Toko Online yang Mudah
Banyak orang percaya bahwa membangun situs web itu sulit. Namun, Shopify ada di sini untuk mematahkan pemikiran tersebut. Pengguna dapat dengan mudah membuat situs web toko online berkat fitur drag and drop Shop Builder. Semuanya dapat dibangun dalam satu malam saja.
4. Uji Coba Gratis 14 Hari
Sebelum berlangganan penuh, kamu dapat menggunakan Shopify ini dengan memanfaatkan opsi uji coba gratis selama 14 hari. Jadi, setelah masa uji coba berakhir, kamu dapat terus membayar langganan atau membatalkannya.
5. Memiliki Banyak Tema
Kamu dapat menggunakan tema situs web Shopify untuk mendesain toko online-mu. Sehingga toko online terlihat lebih menonjol dari pesaing. Kamu dapat menggunakan lebih dari 100 variasi tema berbeda yang tersedia di Shopify.
Cara Optimasi SEO Shopify
Situs web harus menyertakan SEO atau Search Engine Optimization, agar mesin pencari dapat dengan mudah menemukannya. Selain website seperti WordPress ataupun Blogspot, SEO juga diterapkan pada website e-commerce seperti Shopify. Berikut beberapa tips SEO shopify yang bisa kamu gunakan:
1. Gunakan Keyword yang Eye-Catching
Cara optimasi SEO Shopify yang pertama adalah menggunakan kata kunci yang eye-catching untuk menarik calon pelanggan dan meyakinkan mereka untuk membeli produkmu.
Sebagai ilustrasi, kamu memasarkan jaket varsity di Shopify. Jadi, kamu dapat memasukan beberapa kata kunci dan frasa seperti “beli jaket varsity”, “jaket varsity murah”, atau “jaket varsity asli”.
2. Masukkan Keyword dalam Konten Halamanmu
Ketika mengoptimasi SEO Shopify, kamu harus memiliki beberapa keyword yang ingin kamu fokuskan. Langkah selanjutnya ketika melakukan optimasi adalah mempermudah crawler Google untuk menemukan halamanmu menggunakan keyword tersebut.
Namun, kamu harus terlebih dahulu memilih halaman mana yang ingin kamu tambahkan kata kunci. Tempat terbaik untuk memasukan keyword SEO Shopify adalah di bagian homepage, halaman produk, dan halaman kategori produk.
Bagian halaman mana yang harus kamu tambahkan kata kunci dengan tepat? Lokasi yang ideal mencakup judul halaman, deskripsi meta, konten isi halaman, dan teks alternatif gambar.
3. Gunakan Internal Link untuk Menghubungkan Kontenmu
Link internal memainkan peran kunci dalam optimasi SEO Shopify. Di setiap halaman situs web, kamu dapat menggunakan link internal untuk menghubungkan konten yang relevan dan saling berkaitan.
4. Tingkatkan Navigasi di Situs Web-mu
Cara berikutnya untuk optimasi SEO Shopify adalah memiliki navigasi web yang jelas. Kemudahan navigasi adalah salah satu faktor yang dilihat Google sebelum memberi peringkat pada sebuah situs web. Karena situs web yang mudah digunakan memiliki user engagement yang lebih tinggi dan akibatnya bounce rate menjadi lebih rendah.
Jadi, struktur navigasi yang baik akan mendorong pengguna untuk tinggal di situs web-mu lebih lama. Selain itu, navigasi yang baik dapat meningkatkan peringkat toko Shopify-mu secara signifikan.
Tempat yang ideal untuk meningkatkan struktur navigasimu adalah di beranda atau homepage. Pastikan produk mudah ditemukan dari homepage-mu.
5. Buat Backlink untuk Toko Shopify-mu
Optimasi SEO Shopify berikutnya adalah membangun backlink. Backlink sendiri merupakan tautan yang mengarah ke situs web-mu dari website lain.
Kamu bisa mulai membuat backlink selain internal link untuk meningkatkan kualitas website-mu di mata Google. Kamu dapat menggunakan strategi pemasaran untuk berbagi tautan dengan mitra bisnismu untuk meningkatkan peringkat SEO-mu.
6. Mempercepat Situs Web Shopify
Kecepatan yang rendah adalah salah satu kritik yang akan sering kamu dengar terhadap Shopify. Namun, kinerja Shopify cukup baik dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya.
Agar bisa mempercepat web, kamu dapat mencoba melakukan beberapa cara. Seperti memperkecil ukuran gambar sebelum diunggah, menggunakan format JPEG, dan kurangi jumlah aplikasi yang terpasang di dalam website.
7. Manfaatkan Ulasan Pengguna
Google menyukai situs web yang memiliki konten original, upgrade dengan konsisten, terdapat aktivitas, dan memiliki ulasan kepuasan pelanggan. Selain itu, testimonial pelanggan di situs web-mu dapat berkontribusi pada beberapa penjualan dan dapat mengoptimasi SEO website Shopify-mu.
8. Manfaatkan Shopify Blog
Kamu dapat menambahkan halaman blog ke situs web-mu selain mengoptimalkan halaman produk untuk meningkatkan kepadatan kata kunci dalam optimasi SEO Shopify. Semakin relevan dan beragam pilihan kata kuncimu, semakin banyak orang akan mengunjungi situs web.
Kamu dapat membuat konten seputar keyword yang kamu targetkan untuk hasil terbaik. Misalnya, jika kamu menjual baju oversize, posting blog dengan judul berikut bisa sangat berhasil:
- 10 Ide Pakaian dengan Baju Oversize Terbaik
- Cara Mix and Match Baju Oversize Anda untuk Pergi ke Pesta
- 5 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Baju Oversize
Siap Terapkan Cara Optimasi SEO Shopify untuk Website?
Itulah 8 cara mengoptimasi SEO Shopify untuk website-mu. Jika kamu mengikuti 8 cara dalam panduan Shopify SEO tips di atas dengan baik, maka website berpotensi besar untuk dapat naik peringkat di hasil pencarian dalam waktu singkat. Semoga bermanfaat!
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!