Untuk membuat website mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian Google, ada beberapa strategi optimalisasi SEO yang bisa dilakukan, tidak terkecuali untuk website berbasis WordPress.
Misalnya dengan menentukan keyword yang tepat untuk konten website, mengatur permalink, membuat konten yang berkualitas, menggunakan plugin SEO, dan sebagainya. Namun, dari beberapa strategi tersebut, tentu kamu juga bisa fokus pada hal-hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu (prioritas section).
Daftar isi
Apa Itu Seo WordPress?
SEO WordPress adalah serangkaian teknik dan strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan website berbasis WordPress agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya.
Bisa dikatakan, Search Engine Optimization (SEO) pada WordPress bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas organik website kamu dengan menerapkan praktik-praktik terbaik yang disukai oleh mesin pencari.
Dengan mengoptimalkan website WordPress kamu untuk SEO, kamu dapat meningkatkan peluang website kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian, yang sangat penting untuk menarik lebih banyak pengunjung yang relevan dan potensial menjadi pelanggan atau pembaca.
Tips SEO Wordpess
Di bawah ini ada 12 tips SEO WordPress yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal.
1. Instal Plugin SEO WordPress
Hal utama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan optimalisasi SEO pada mesin pencarian yaitu dengan menginstal plugin yang memiliki kontrol penuh untuk optimalisasi SEO website kamu.
Ada beberapa plugin yang bisa kamu gunakan, seperti Yoast SEO atau All In One SEO. Kamu tidak perlu menggunakan keduanya, pilih salah satu yang akan kamu install.
Dalam hal ini, Whello menggunakan plugin Yoast SEO karena plugin ini memudahkan Whello untuk mengoptimalkan setiap halaman dan postingan menggunakan keyword tertentu.
Selain itu, plugin ini juga menawarkan built-in analysis berdasarkan update terbaru algoritma Google. Bahkan kita juga bisa membuat sitemap XML dan menambahkan schema markup ke website.
Baca juga: Penjelasan Lengkap Schema Markup, Solusi Untuk CTR Booster!
2.Gunakan Keyword Yang Tepat
Keyword merupakan salah satu faktor pertimbangan Google dalam menentukan peringkat sebuah website. Sehingga penting bagi kamu menggunakan keyword yang tepat untuk setiap halaman website.
Dan untuk menemukan keyword yang tepat, kamu perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu, ada beberapa tools yang bisa membantu kamu, seperti KWFinders, SEMrush, Ubersuggest, dan masih banyak yang lain yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai 12 tools gratis untuk riset keyword.
3. Optimalkan Struktur Permalink
Secara default, WordPress menghasilkan struktur permalink yang cukup panjang,yaitu berupa tanggal dan nama URL, contohnya seperti berikut.
https://whello.id/2017/08/10/judul_postingan
Sedangkan permalink yang disukai oleh Google mengandung judul atau keyword pada halaman tertentu. Permalink yang lebih pendek juga akan memberikan performa yang lebih baik.
Oleh karena itu, kamu bisa membuat permalink menggunakan post name. Cara ini akan membuat keyword lebih mudah terlihat ketika website tampil di Google.
https://whello.id/judul_postingan
Kamu dapat mengubah permalink melalui dashboard wordPress. Silahkan pilih menu Setting>>Permalink, kemudian pilih radio button post name dan klik tombol save change untuk menyimpan perubahan.
4. Membuat Konten yang Berkualitas
Google sangat menyukai sebuah website yang menyediakan konten yang berkualitas tinggi, tidak terkecuali untuk website kamu, kamu juga harus mampu membuat konten yang berkualitas. Selain itu,konten kamu juga harus memberikan manfaat bagi banyak orang.
Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten yang berkualitas:
- Tentukan topik konten.
- Gunakan kata kunci yang tepat.
- Buat judul konten yang menarik.
- Ciptakan engaging content.
- Masukan link terkait.
Mungkin sekarang kamu bingung dalam menentukan sebuah topik yang tepat untuk konten kamu, atau bingung cara menciptakan engaging content. Jangan khawatir, kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai 5 tips menulis konten berkualitas untuk optimalisasi SEO yang membahas lima poin diatas.
Baca juga: Tips Copywriting dalam Menulis Konten
5. Atur Meta Tag yang Benar
Meta Tag adalah strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian. Meta tag ini akan membantu memberi tahu mesin pencari mengenai konten yang ada pada website kamu
Meta tag terdiri dari tiga jenis, yakni meta title, meta description, dan meta keyword. Dan perlu kamu ingat,bahwa meta tag tidak ditulis bersamaan dengan isi konten yang kamu buat.
Lalu bagaimana cara mengatur meta tag? kamu bisa mempelajarinya pada artikel sebelumnya mengenai pengertian dan jenis meta tag untuk SEO.
6. Gunakan Tag Header
Google akan melakukan pengecekan pada tag header HTML seperti H1, H2, H3,dan seterusnya untuk menentukan tingkat relevan dari konten kamu. Biasanya pada sebuah artikel terdapat satu tag H1 dan beberapa tag H2 dan H3 di dalamnya.
Untuk tag H1 pada WordPress secara default terdapat pada judul artikel dan pada tag tersebut mengandung judul atau keyword. Selain pada judul, keyword juga harus ada pada sub judul yaitu tag H2 atau H3 bisa berupa keyword atau variasi long tail keyword yang terdapat dalam konten.
7. Maksimalkan Image SEO
Setiap website tentu memiliki konten gambar untuk membuat tampilan website semakin menarik, misalnya gambar untuk header, feature image pada artikel dan lain sebagainya. Namun saat memasukan gambar pada website,kamu juga perlu melakukan optimalisasi image SEO
Ada 5 cara yang bisa kamu lakukan
- Beri nama file gambar sesuai keyword.
- Buat alt text yang lengkap.
- Kompress gambar.
- Pilih format gambar yang tepat.
- Gunakan gambar SVG jika perlu.
Baca juga: 5 Tips Memaksimalkan Image SEO Website
8. Tambahkan Internal Link
Untuk meningkatkan SEO sebuah website kamu juga perlu menambahkan internal link, yaitu link yang berasal dari sebuah halaman website ke halaman yang lain dalam website yang sama.
Internal link berguna untuk membantu pengunjung membaca artikel yang relevan di website kamu, sehingga dapat meningkatkan waktu kunjungan mereka ke website. Selain itu, informasi pada website kamu juga akan menjadi lebih terstruktur.
Direkomendasikan menggunakan 3 -5 internal link untuk setiap postingan, namun bisa lebih banyak jika konten kamu memiliki lebih banyak data.
Untuk menambahkan internal link, blok kata atau kalimat yang kamu beri link, kemudian klik icon rantai dan masukan link yang ingin kamu tautkan kemudian tekan enter.
Baca juga: Mengenal Pentingnya Internal Link
9. Bangun Backlink
Backlink merupakan faktor yang masih cukup penting dimiliki sebuah website untuk meningkatkan rangking dan mudah bersaing di hasil pencarian.
Untuk membangun backlink, disarankan menggunakan link artikel yang berasal dari website yang memiliki kualitas yang baik.
Ada beberapa cara untuk mendapatkan link dari website lain, salah satunya dengan menawarkan artikel kamu untuk di publish di website mereka yang disertai dengan link yang mengarah ke artikel atau website kamu.
10. Gunakan Protokol HTTPS
Pada tahun 2014, Google merilis sebuah algoritma terbaru mereka mengenai sebuah website harus menggunakan protokol HTTPS, termasuk website berbasis WordPress.
Protokol ini menggunakan teknologi keamanan yang memungkinkan kamu untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara klien dan server, teknologi tersebut yaitu Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS).
Dan website yang tidak menggunakan protokol HTTPS akan kesulitan bersaing di SERP. Untuk menggunakan protokol HTTPS, ada beberapa plugin WordPress yang bisa mempermudah kamu.
Untuk melakukannya, kamu bisa membaca pada artikel sebelumnya mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS.
11. Periksa Pengaturan Visibilitas Website
WordPress memungkinkan kamu untuk menyembunyikan website dari mesin pencari, terutama ketika kamu melakukan berbagai pengaturan sebelum go public. Pengaturan visibilitas ini akan membuat website kamu tidak terindeks oleh mesin pencari
Sehingga saat melakukan optimalisasi SEO, pastikan pengaturan visibilitas website kamu tidak dicentang agar bisa terindeks Google.
Kamu bisa melihat pada dashboard WordPress dengan mengklik menu “Setting” dan pilih bagian “Reading”.
12. Buat Sitemaps XML dan HTML
Sitemaps XML adalah daftar halaman website yang ditujukan kepada mesin pencari agar website mudah ditemukan. Sedangkan sitemaps HTML adalah daftar halaman website yang ditujukan untuk pengunjung website.
Untuk membuat sitemaps, kamu bisa mendaftarkan sitemaps website kamu di Google Search Console, berikut caranya:
A. Masuk ke beranda Google Search Console website kamu.
B. Pilih menu “Sitemaps”.
C. Tambahkan file “sitemaps.xml” dan klik tombol “Submit”.
D. Jika sudah berhasil, maka akan muncul status “Success (Sukses)” pada daftar sitemaps. Jika belum berhasil, kamu bisa tunggu hingga proses berhasil.
Yuk, Optimalisasi Website WordPress Kamu!
Itulah 12 tips optimalisasi SEO yang bisa kamu lakukan untuk website WordPress, kira-kira kamu sudah melakukan poin nomor berapa? Atau kamu punya tips lain? Kamu bisa tulis di kolom komentar dibawah. Dan jika kamu kesulitan untuk melakukannya sendiri, Whello sebagai agensi digital marketing menyediakan Jasa SEO yang akan membantu mengoptimalisasikan SEO untuk website kamu. Bisa melihat portofolio Whello terlebih dahulu dan lakukan konsultasi gratis bersama tim Whello dengan cara menhubungi kontak Whello sekarang!
Apa yang dimaksud dengan Optimalisasi SEO pada WordPress?
Optimalisasi SEO pada WordPress adalah serangkaian langkah dan strategi untuk meningkatkan peringkat website WordPress kamu di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas website kamu dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik.
Apakah saya perlu menggunakan plugin SEO di WordPress?
Ya, menggunakan plugin SEO di WordPress sangat disarankan. Plugin seperti Yoast SEO atau All in One SEO Pack dapat membantu kamu mengoptimalkan setiap halaman dan posting dengan mudah, mengatur meta tag hingga menganalisis konten.
Bagaimana cara mengukur keberhasilan optimasi SEO pada WordPress?
kamu dapat mengukur keberhasilan optimasi SEO dengan menggunakan alat analisis website seperti Google Analytics. Pantau lalu lintas organik, peringkat kata kunci, tingkat konversi, dan tingkat pentalan untuk memahami efektivitas strategi kamu.
Apakah perlu menggunakan gambar pada posting WordPress untuk SEO?
Ya, gambar dapat meningkatkan kualitas konten dan membuatnya lebih menarik bagi pengunjung. Pastikan untuk memberikan deskripsi yang relevan dan menggunakan tag alt pada gambar untuk membantu mesin pencari memahami konten gambar.
Bagaimana cara menghadapi perubahan algoritma mesin pencari?
Perubahan algoritma mesin pencari adalah hal biasa. Tetap up-to-date dengan tren SEO terbaru, dan pastikan konten kamu relevan, berkualitas, dan memberikan nilai bagi pengguna. Dengan demikian, kamu dapat menghadapi perubahan algoritma dengan lebih baik.
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melihat hasil dari optimalisasi SEO pada WordPress?
Waktu yang diperlukan untuk melihat hasil optimalisasi SEO dapat bervariasi tergantung pada persaingan kata kunci dan tingkat otoritas website kamu. Dalam beberapa kasus, hasil dapat terlihat dalam beberapa minggu, tetapi untuk hasil yang signifikan, itu mungkin memakan waktu beberapa bulan.
Apakah SEO berbeda untuk website WordPress dan website lainnya?
Secara prinsip, SEO serupa untuk berbagai situs. Namun, WordPress memiliki beberapa plugin SEO khusus yang dapat memudahkan kamu mengoptimalkan website dengan lebih efisien.
Bagaimana cara menghindari hukuman dari mesin pencari dalam SEO WordPress?
Untuk menghindari hukuman dari mesin pencari, hindari praktik spammy seperti pengisian kata kunci berlebihan, membangun tautan dari website berkualitas rendah, dan menyajikan konten duplikat. Selalu ikuti pedoman etika mesin pencari dan fokuslah pada memberikan nilai bagi pengguna.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!