Copywriting yaitu proses atau teknik menulis konten yang digunakan untuk penjualan atau pemasaran sebuah bisnis. Misalnya membuat konten website, konten media sosial, konten landing page dan sebagainya.
Sebagai pemilik bisnis, tentunya kamu ingin menciptakan konten-konten yang bisa meningkatkan pendapatan bisnis kamu. Sebenarnya bisa saja kamu membuat konten sendiri, namun karena berbagai faktor kebanyakan pebisnis menggunakan jasa copywriting untuk mewujudkan keinginannya tersebut.
Orang yang bekerja sebagai copywriting disebut dengan “copywriter”.
Menggunakan jasa copywriting terbukti mampu menghasilkan konten-konten yang berguna untuk keperluan bisnis. Karena seorang copywriter memiliki strategi khusus untuk menghasilkan konten.
Tetapi, sebelum memilih jasa copywriting yang akan kamu gunakan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dari sebuah jasa penyedia copywriting (seorang copywriter). Tujuannya agar konten yang dihasilkan berkualitas dan biaya yang telah kamu keluarkan tidak sia-sia.
Berikut 4 tips cara memilih jasa copywriting untuk bisnis kamu:
1. Mampu Menyelesaikan Masalah Klien
Sebelum kamu menggunakan suatu jasa copywriting, biasanya kamu ingin berdiskusi (meeting) terlebih dahulu dengan seorang copywriter. Biasanya kamu akan menceritakan permasalahan dan keinginan kamu.
Sebagai seorang copywriter, seharusnya mereka mampu memberikan saran atau ide terhadap masalah yang sedang kamu hadapi. Misalnya memberikan ide mengenai topik konten yang sesuai dengan niche website kamu. Atau mereka memberikan saran konten seperti apa yang cocok untuk konten bisnis kamu.
Dengan saran atau ide-ide yang diberikannya, akan terlihat kualitas dan kreatifitas dari seorang copywriter tersebut.
2. Mampu Menghasilkan Konten yang Berkualitas
Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan dari penyedia jasa copywriting yaitu konten-konten yang telah dihasilkan sebelumnya. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat hasil konten yang mereka buat di portofolio website, blog website perusahaan, atau blog pribadi seorang copywriter.
Kualitas dari konten yang dihasilkannya dapat kamu lihat dari berbagai sisi, seperti apakah konten yang dihasilkan mudah dipahami, dijelaskan secara detail, dan penjelasan juga tepat sasaran dan tidak berbelit- belit.
Selain itu kamu juga harus memperhatikan apakah konten yang dihasilkan sebelumnya memiliki variasi konten (tidak selalu teks), karena seperti yang kita ketahui, ada beberapa jenis konten seperti konten gambar, video, dan audio. Tentunya jenis-jenis konten tersebut harus dapat menarik perhatian pembaca.
3. Konten yang Dihasilkan Berbasis SEO
Selain berkualitas, konten yang dihasilkan juga harus berbasis SEO (SEO Friendly). Tujuannya agar konten-konten yang telah dibuat dapat diketahui oleh banyak orang pada mesin pencarian. Percuma seorang copywriter mampu menghasilkan konten yang bagus namun tidak memahami teknik SEO.
Oleh karena itu, kamu harus memastikan apakah penyedia jasa copywriting tersebut memahami teknik SEO atau tidak.
4. Fleksibel Ketika Membuat Konten
Fleksibel ketika membuat konten maksudnya fleksibel dengan waktu dan biaya. Seorang copywriter seharusnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah konten. Karena mereka telah terlatih dan memiliki berbagai pengalaman untuk membuat konten.
Selain waktu, mereka juga harus fleksibel dalam masalah harga. Misalnya dengan biaya tertentu, mereka mampu menghasilkan banyak konten berkualitas.
Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika memilih jasa copywriting yang tepat untuk bisnis kamu. Whello sebagai agensi digital marketing memiliki jasa copywriting yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis kamu dengan harga dan waktu yang fleksibel.
Baca juga : 4 Keuntungan Menggunakan Jasa Content Writer .
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Cara Meningkatkan Domain Authority, Ini Langkah yang Harus Dilakukan
Domain authority merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Berikut beberapa cara meningkatkan domain authority yang bisa kamu lakukan.
Panduan Lengkap Memaksimalkan Internal Linking untuk Optimasi SEO
Tingkatkan kualitas SEO dan pengalaman pengguna pada website dengan mengoptimalkan penggunaan internal linking yang efektif. Ini panduannya!
Video Ads: Pengertian dan 7 Manfaatnya untuk Meningkatkan Branding
Sebagai content creator, kamu pasti sudah mengetahui istilah video ads. Yuk, simak penjelasan apa saja manfaatnya untuk tingkatkan branding!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!