Instagram menjadi salah satu media sosial yang efektif untuk mempromosikan sebuah bisnis. Instagram dapat membantu meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Meningkatkan penjualan, hingga menjalin hubungan yang lebih engaging dengan konsumen.
Terlebih Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh banyak orang. Diketahui dari databoks di tahun 2020, 76% penduduk Indonesia aktif menggunakan Instagram setiap harinya. Sehingga Instagram dianggap cukup efektif untuk mempromosikan sebuah produk. Banyak juga pebisnis online yang sudah menggunakan jenis media sosial ini untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan.
Untuk dapat memaksimalkan instagram sebagai media marketing bisnis kamu, ada beberapa tools yang kamu butuhkan. Apa saja?
Daftar isi
1. Tools Untuk Memaksimalkan Foto Instagram
Saat melakukan instagram marketing, konten foto menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan produk kepada pengguna instagram. Misalnya foto produk, foto mengenai aktivitas bisnis, atau foto lainnya.
Untuk memaksimalkan foto yang kamu upload (feed maupun stories). Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan. Dimana tools ini dapat kamu akses melalui perangkat mobile maupun PC.
A. VSCO
VSCO menyediakan fitur editing yang cukup lengkap. Termasuk dengan berbagai pilihan filter yang membuat foto kamu semakin menarik. Fitur ini dapat digunakan secara gratis dan berbayar. Namun, hanya bisa di akses melalui handphone atau smartphone kamu.
B. Snapseed
Snapseed menawarkan fitur editing yang cukup lengkap secara gratis. Kamu bisa menemukan fitur seperti Tune Image, HDR Scape, Transform, dan sebagainya. Snapseed juga membantu kamu mengedit foto dengan mudah dan cepat melalui fitur “Stacks”. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan pengaturan editing yang telah dilakukan sehingga bisa langsung diterapkan di foto lainnya tanpa harus memulai lagi dari nol.
Tools ini juga bisa kamu akses melalui smartphone maupun laptop kamu.
C. Lightroom
Saat ini, lightroom menjadi salah satu photo editing yang cukup populer dan digunakan banyak orang.
Lightroom adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Adobe yang digunakan untuk mengedit foto. Lighroom identik dengan teknik editing warna dan pencahayaan yang sangat menarik. Adobe lightroom tersedia di PC (Windows, Mac) maupun di perangkat mobile (Andoroid, IOS). Serta dapat digunakan secara gratis dan berbayar.
D. Canva
Canva adalah aplikasi editing foto yang menyediakan lebih dari 8.000 templates gratis. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi teks, memilih ratusan icon dan ilustrasi, serta pilihan background yang sangat beragam.
Canva juga bisa kamu akses melalui handphone maupun laptop.
2. Tools Untuk Memaksimalkan Video Instagram
Selain foto, kamu juga akan mengupload beberapa video mengenai bisnis kamu. Misalnya video tutorial penggunaan produk, video untuk keperluan iklan, bahkan banyak juga yang menggunakan video untuk memperkenalkan produk.
Video juga menjadi salah satu jenis konten yang menarik dibandingkan jenis konten lainnya. Mampu menciptakan kepercayaan konsumen, serta membuat konsumen (calon konsumen) merasa tidak bosan ketika mengunjungi instagram kamu.
Agar menghasilkan video yang mampu menarik perhatian para calon konsumen, ada 3 tools yang bisa kamu gunakan:
A. InShot
InShot adalah sebuah tools yang bisa kamu gunakan mengedit video maupun foto.Untuk mengedit video, tools ini memungkinkan kamu untuk penambahan lagu, tema, text, filter, hingga trim and cut video.
Tool ini dapat kamu akses melalui hanphone kamu.
B. Life Lapse
Tools video editing selanjutnya yaitu life lapse. Tool ini menyediakan fitur yang sangat beragam. Kamu bisa menambah foto, menentukan ukuran video, mengatur kecepatan gambar, hingga memasukkan musik ke dalam video tersebut.
Tool ini juga bisa kamu akses melalui handphone tanpa harus membuka laptop terlebih dahulu.
C. HypeType
HypeType adalah tools video editing yang menyediakan berbagai koleksi font dan animasi yang. Melalui tools ini kamu bisa langsung memposting hasilnya di Instagram tanpa keluar dari HypeType.
Hype bisa di akses melalui handphone kamu.
D. Sony Vegas Pro
Sony Vegas Pro memiliki banyak fitur efek dan transisi, antara lain 400 Video Effects, 63 Video Transitions, 40 Audio Effect. Hasil export nya sendiri, terbilang sangat bagus dengan dukungan kustomisasi video yang lengkap.
Tool ini hanya bisa di akses melalui perangkat PC (Windows atau Mac).
E. Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro adalah sebuah tools editing video yang dikeluarkan oleh Adobe. Adobe Premiere sendiri memiliki beberapa fitur seperti Workspaces/Trim, Display Monitor, Tools, History Project, Panel Project, Panel Effect, Panel Effect Controls. Adobe Premiere sendiri memiliki 119 Video Effects, 46 Audio Effects, 3 Audio Transitions, 38 Video Transitions.
Kamu juga bisa menggunakan Adobe premiere pro untuk proses color grading untuk membuat video kamu semakin menarik.
Sama dengan sony vegas, adobe premiere hanya bisa di akses melalui perangkat PC (Windows atau Mac).
3. Tool Untuk Memaksimalkan Marketing
Setelah menghasilkan konten, kamu juga membutuhkan tools untuk memaksimalkan marketing (promosi) yang dilakukan. Tujuannya agar kamu dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. Membantu meningkatkan follower, like, dan komentar. Serta membangun hubungan yang lebih engaging dengan konsumen.
Apa saja tools tersebut?
A. Repost for Instagram
Tool ini digunakan untuk memposting foto dari followers kamu (regram). Untuk regram dari akun Instagram followers, cukup salin URL dari postingan mereka dan buka aplikasi Repost for Instagram.
Prosesnya sangat mudah dan menambah konten pada feed kamu. Tool ini juga bisa digunakan secara gratis dan dapat di akses melalui perangkat mobile (handphone).
B. AutoHash
AutoHash adalah tools yang menggunakan AI untuk mengenali objek yang ada di gambar dan akan memberikan rekomendasi hashtag berdasarkan objek tersebut.
AutoHash akan memberikan hashtag sebanyak 30 hashtag (sesuai dengan ketentuaan Instagram). Tools ini juga bisa kamu akses melalui handphone tanpa harus membuka perangkat PC.
C. Pretty Caption
Pretty caption adalah tools yang digunakan untuk membantu kamu membuat caption Instagram yang rapi dan menarik. Tools ini hanya bisa kamu gunakan melalui perangkat PC.
Baca juga: Tools Social Media Terbaik
4. Tools Untuk Memaksimalkan Penjadwalan Update Konten
Tak bisa dipungkiri, sebagai pebisnis online kamu tidak hanya mengurus instagram marketing. Banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat bisnis semakin berkembang. Hal ini membuat kamu terkadang lupa untuk update konten di Instagram secara rutin.
Maka dari itu, kamu juga membutuhkan tools untuk memaksimalkan penjadwalan konten. Tujuannya agar konten instagram dapat di update secara rutin dan followers (calon konsumen) juga selalu mengikuti aktivitas instagram marketing yang kamu lakukan.
Tools ini nantinya akan memberitahu kamu melalui notification untuk mengupdate sebuah konten. Apa saja tools tersebut?
A. Sked
Sked adalah tools yang membantu kamu membuat jadwal postingan konten. Sked juga dilengkapi dengan fitur editing foto yang tak kalah menarik. Tetapi tools ini hanya bisa digunakan secara gratis selama tujuh hari. Setelah itu kamu harus membayar $25 (Rp361.951) setiap bulannya.
Dan tool ini juga bisa kamu akses melalui handphone dan perangkat PC.
B. Later
Later adalah tools Instagram dengan fitur yang beragam. Tak hanya berguna untuk mengatur penjadwalan, Later juga bisa untuk riset hashtag dan melakukan regram.
Kamu juga bisa melihat preview konten sebelum di upload, sehingga bisa mendapatkan gambaran lebih jelas seperti apa feed kamu nantinya.
C. Hootsuite
Hootsuite memungkinkan kamu untuk menjadwal postingan di Instagram dari jauh-jauh hari. Kamu akan diberi pemberitahuan kalau Hootsuite akan segera memposting saat jadwal hendak datang.
3 tools diatas dapat kamu akses melalui perangkat mobile maupun perangkat PC.
5. Tools Untuk Memaksimalkan Analisis dan Monitor Data
Saat melakukan instagram marketing, kamu juga harus mengetahui apakah instagram marketing yang kamu lakukan berhasil atau tidak? Jangan sampai hal-hal yang telah kamu lakukan berujung sia-sia.
Kamu juga membutuhkan tools untuk menganalisa dan memonitor data performa bisnis di Instagram dari berbagai sisi, baik itu data konsumen, produk, maupun aktivitas bisnis.
Dan sebenarnya, Instagram sendiri telah menyediakan fitur yang bernama “Instagram Insight” untuk menganalisa dan memonitor instagram marketing yang kamu lakukan. Masih ingat apa itu Instagram Insight?
Instagram Insight adalah fitur Instagram yang memberikan berbagai informasi mengenai konten yang kamu posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram, serta mengetahui data diri (jenis kelamin, usia, dan geografi) followers.
Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memaksimalkan penggunaan instagram insight. Kamu bisa membaca pada artikel sebelumnya mengenai cara menggunakan Instagram Insight untuk perkembangan bisnis.
Namun jika kamu ingin menggunakan tools lain untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ada beberapa tools yang bisa membantu kamu.
A. Sprout Social
Sprout Social memungkinkan kamu untuk menganalisa dan memonitor data. Tak hanya menawarkan analisis, tapi juga bisa untuk menjadwal terbitnya konten. Kamu bisa mengetahui analisis mendalam mengenai performa postingan terakhir yang diupload, serta juga bisa melacak engagement dari follower.
Sprout Social juga bisa memonitor hashtag dan komentar sehingga Anda bisa tahu apa yang sedang hangat dibicarakan netizen di Instagram.
Menariknya tools ini bisa kamu gunakan pada perangkat mobile dan perangkat PC.
B. Iconosquare
Ada 3 fungsi utama Iconosquare , yakni kamu bisa menjadwal konten, memonitor konten yang sedang trending, serta menganalisa performa bisnis Instagram. Analisis ini menunjukkan tingkat engagement, impressions, jangkauan, dan bahkan performa stories.
Tool ini juga bisa kamu akses melalui perangkat handphone dan perangkat PC.
Sudah Tahu Tools Instagram Marketing Mana yang Akan Kamu Gunakan?
Itulah beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan hasil instagram marketing yang sedang kamu lakukan. Pilih tools yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu dalam mencapai tujuan bisnis. Misalnya untuk analisis dan monitoring, kamu bisa menggunakan Instagram Insight, atau untuk memaksimalkan hasil video, gunakan InShote atau Life Lapse.
Dan untuk membantu kamu memaksimalkan hasil instagram bisnis kamu, kamu juga bisa menggunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia.
Whello memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial, tidak terkecuali untuk iklan Facebook.
Isi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!