Social media marketing adalah metode promosi (pemasaran) produk atau jasa dengan memanfaatkan platform media sosial. Di Indonesia sendiri, ada 17 platform media sosial yang bisa digunakan.
Sumber: Data Reportal
Dan hingga saat ini, banyak pebisnis online menggunakan salah satu jenis media sosial di atas untuk mempromosikan bisnis mereka.
Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah melakukan social media marketing, diantaranya membantu meningkatkan popularitas produk, memudahkan kamu untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan pengunjung website, meningkatkan peringkat website pada mesin pencarian, hingga menjaga hubungan baik dan kepuasan pelanggan.
Namun, saat melakukan social media marketing, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya memperhatikan waktu postingan. Terlalu sering melakukan postingan akan membuat calon konsumen bosan, namun jarang melakukan postingan juga akan membuat calon konsumen tidak percaya dengan bisnis kamu.
Maka dari itu, terdapat aturan waktu (jam) yang tepat dan tidak tepat untuk melakukan postingan. Maka dari itu, terdapat aturan waktu (jam) yang tepat dan tidak tepat untuk melakukan postingan. Diketahui dari Oberlo, untuk tahun 2021 berikut waktu yang tepat untuk posting di media sosial.
Daftar isi
Waktu Terbaik Membuat Postingan Di Media Sosial
Berikut waktu terbaik untuk membuat postingan di Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Pinterest, LinkedIn, dan TikTok.
1. Facebook
Waktu terbaik untuk posting di Facebook adalah pada hari Rabu jam 11 pagi dan dari jam 1 siang hingga jam 2 siang.
Hari Selasa hingga hari Kamis juga dianggap sebagai hari yang cukup aman untuk membuat postingan di Facebook, terutama pada siang hari, diantara jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Hal ini dikarenakan pengguna Facebook meningkat di pertengahan minggu.
Sementara itu, hari minggu dinilai menjadi hari yang buruk untuk mengunggah konten di Facebook.
Source: Oberlo
2. Instagram
Jika kamu menggunakan Instagram sebagai media untuk mempromosikan bisnis kamu. Waktu terbaik untuk posting yaitu Senin, Selasa, dan Jumat pada jam 11 pagi. Tetapi untuk hari Selasa akan lebih baik dilakukan pada jam 2 siang.
Dan hari Minggu adalah hari terburuk untuk memposting di Instagram. Kamu juga bisa melihat pada gambar berikut:
Source: Oberlo
3. Youtube
Saat ini, banyak juga pebisnis online yang menggunakan Youtube untuk mempromosikan bisnis mereka. Youtube biasanya digunakan untuk mengupload video tentang review produk, cara menggunakan produk, hingga pengenalan produk.
Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu juga mengupload video tersebut pada waktu yang tepat. Jam 2 siang hingga jam 4 sore dianggap waktu terbaik untuk mengunggah video di Youtube, karena jam 7 malam hingga jam 10 malam YouTube menerima lebih banyak trafik pengguna. Hal ini tentu akan membuat video kamu dapat ditonton oleh lebih banyak orang.
Hari Kamis dan Jumat dianggap menjadi hari terbaik untuk posting di Youtube. Sedangkan hari Senin, Selasa, dan Rabu merupakan hari terburuk untuk upload konten ke Youtube.
Sumber: Oberlo
4. Twitter
Pengguna Twitter cenderung mencari berita dan tweet terbaru di pagi hari. Inilah sebabnya mengapa waktu terbaik untuk memposting di Twitter untuk bisnis kamu yaitu pada hari Rabu dan Jumat jam 7 hingga jam 9 pagi.
Dan hari Sabtu menjadi hari terburuk untuk memposting konten di Twitter.
Sumber: Oberlo
5. Pinterest
Tidak banyak yang mengetahui, Pinterest juga menjadi salah satu media sosial yang digunakan untuk mempromosikan sebuah bisnis. Dalam Business Pinterest dikatakan, Pinterest adalah tempat orang menemukan, bermimpi, dan melakukan sesuatu. Lebih dari 478 juta orang mengandalkan Pinterest sebagai sumber ide baru.
Melalui Pinterest, banyak orang yang melakukan aksi pembelian setelah menelusuri konten untuk mencari inspirasi, mencari topik yang mereka minati dan mengklik pin (tautan konten)untuk mempelajari lebih lanjut. Faktanya, 80% Pinner mingguan telah melakukan pembelian berdasarkan pin yang mereka lihat dari berbagai brand.
Terlebih di tengah pandemi yang terjadi saat ini, banyak orang yang ingin mencari ide atau inspirasi baru ketika #dirumahaja.
Waktu terbaik untuk membuat postingan di Pinterest yaitu pada hari Jumat dan Sabtu pada jam 8 malam dan 11 malam (disarankan jam:9 malam) dan kemudian di tengah malam dari jam 2 pagi sampai 4 pagi.
Dan waktu terburuk untuk membuat postingan di Pinterest adalah pada sore hari.
Sumber: Oberlo
6. LinkedIn
Diketahui dari website resmi LinkedIn sendiri, LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia di internet. Kamu dapat menggunakan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan yang tepat atau magang, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keterampilan yang kamu butuhkan untuk sukses dalam berkarir.
Kamu dapat mengakses LinkedIn dari desktop, aplikasi seluler LinkedIn, pengalaman web seluler, atau aplikasi seluler LinkedIn Lite Android.
Lebih dari 756 juta orang mendaftar di LinkedIn yang berasal dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia (sumber: LinkedIn).
Waktu terbaik untuk memposting di LinkedIn, yaitu:
- Rabu jam 3 sore.
- Kamis antara jam 9 pagi dan 10 pagi.
- Jumat antara 11 pagi dan 12 malam.
Akhir minggu (weekend) atau jam setelah kerja menjadi waktu terburuk untuk membuat postingan di LinkedIn.
Source: Oberlo
7. TikTok
Data statistik Oberlo menunjukkan, 90% orang menggunakan TikTok sepanjang hari. Ini artinya kamu bisa membuat postingan di TikTok setiap hari.
Namun, waktu terbaik untuk memposting di TikTok adalah pagi hari antara jam 6 pagi hingga jam 10 pagi. Atau di malam hari setelah bekerja (jam 7 malam hingga jam 11 malam).
Source: Oberlo
Sudah Tau Waktu Posting Terbaik di Media Sosial?
Nah itulah waktu terbaik untuk posting di media sosial. Apakah kamu salah satu pebisnis yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis kamu? Sudah mengatur jadwal postingan?
Jika kamu kesulitan untuk tetap konsisten melakukan update konten di media sosial, Whello Indonesia memiliki Jasa Social Media Marketing yang siap membantu kamu. Dengan tim social media specialist yang berpengalaman, dapat membantu berbagai kebutuhan social media marketing kamu, tidak terkecuali untuk menentukan waktu posting terbaik di akun media sosial kamu.
Biarkan Whello melakukannya, dan kamu bisa fokus pada strategi media sosial lainnya agar bisnis kamu semakin berkembang. Konsultasikan secara gratis dengan salah satu tim profesional Whello dengan cara menghubungi kontak Whello.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Google Ads untuk eCommerce: Tipe dan Strategi Terbaik
Pelajari cara efektif menggunakan Google Ads untuk eCommerce! Temukan tipe iklan dan strategi yang dapat mempercepat pertumbuhan bisnis kamu!
Research Competitor Ads: Strategi Intip Iklan Kompetitor
Ketahui strategi iklan kompetitor kamu dengan melakukan Research Competitor Ads. Dengan ini strategi pemasaran kamu akan lebih optimal!
Apa Itu Back End Developer? Skill dan Tugas Utamanya
Pelajari tentang Back End Developer, skill yang harus dimiliki, dan tanggung jawab utama mereka dalam dunia teknologi informasi disini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!