Sebelum melakukan pembelian, biasanya konsumen mencari berbagai informasi produk yang dia inginkan melalui mesin pencarian.
Hal ini juga dikatakan Lyfe Marketing , bahwa 88% customer akan melakukan pencarian mengenai informasi sebuah produk/jasa sebelum mereka melakukan pembelian online maupun offline (datang ke toko).
Kamu bisa lihat pada gambar dibawah ini:
Sumber: Lyfe Marketing
Sebagai pemilik bisnis franchise, hal diatas membuktikan bahwa kamu harus menyediakan informasi mengenai bisnis kamu di berbagai media online. Salah satu media yang harus kamu gunakan yaitu “website”. Website dapat menampilkan informasi yang lebih lengkap dibanding media online lainnya.
Selain itu, website juga membantu bisnis kamu mudah ditemukan secara online, mendapatkan lebih banyak konsumen, meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) konsumen, serta membangun brand awareness.
Ada 7 hal yang seharusnya ada pada website bisnis franchise kamu agar website terlihat lebih profesional. Apa saja? Berikut penjelasannya:
Daftar isi
1. Informasi Lengkap Mengenai Bisnis
Hal pertama yang harus ada pada website yaitu informasi lengkap (detail) mengenai bisnis franchise kamu. Bagaimana bisa calon konsumen tertarik menggunakan jasa franchise kamu jika mereka tidak mengenal bisnis kamu?
Maka dari itu, menyediakan informasi lengkap pada website menjadi hal penting yang harus kamu lakukan. Informasi-informasi tersebut akan membantu calon klien mengenal atau mengetahui bisnis kamu.
Lalu, Informasi apa saja yang harus disediakan?
Kamu bisa menyediakan berbagai informasi seperti deskripsi produk/jasa, cara pemesanan, kebijakan perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, akun media sosial, atau informasi penting lainnya.
2. Media Komunikasi
Setelah calon konsumen mendapatkan berbagai informasi mengenai bisnis kamu, mungkin saja ada beberapa hal yang kurang mereka pahami, sehingga mereka ingin menghubungi kamu.
Seperti bingung tentang informasi perusahaan, negosiasi mengenai harga, atau bahkan ingin membuat janji untuk bertemu secara langsung (bertatap muka).
Oleh karena itu, menyediakan sebuah media komunikasi pada website bisnis franchise sangat penting. Kamu bisa membuat “contact form” atau memanfaatkan salah satu media chatting.
Berikut contoh website yang menyediakan contact form sebagai media untuk berkomunikasi dengan calon konsumennya:
Dan contoh button yang mengarahkan calon konsumen pada salah satu media chatting (WhatsApp):
3. Blog Website
Membuat blog berisi artikel yang relevan dengan bisnis kamu pada website menunjukkan bahwa kamu memang ahli dalam sebuah bisnis franchise yang sedang kamu jalani, sehingga membantu meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) calon konsumen terhadap bisnis kamu.
Kamu dapat membuat berbagai konten yang relevan dengan bisnis kamu. Konten-konten tersebut juga menarik serta memberikan manfaat bagi pembaca (calon konsumen)
Misalnya bisnis franchise kamu bergerak di bidang fashion, maka kamu dapat membuat konten yang berisi “trend fashion terbaik 2019”, “tips mix warna baju untuk acara formal”,atau “cara membuat seseorang agar terlihat fashionable”.
Baca juga: 4 Jenis Konten Untuk Optimalisasi Digital Marketing .
4. Website Responsive
Mengingat banyaknya calon konsumen menggunakan berbagai device untuk mengakses website kamu, mengharuskan kamu untuk mengatur aksesibilitas yang user friendly.
Artinya kamu harus membuat tampilan website tetap baik (rapi) ketika di akses di berbagai device.
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu mengatur “responsive website” untuk menghasilkan website yang responsive. Tampilan website kamu akan tetap baik jika diakses melalui desktop, tablet, atau handphone.
Nah, apakah kamu sudah mengatur responsive website untuk bisnis franchise kamu?
Baca juga: 3 Langkah Dasar Membuat Web Responsive
5. Media Sosial yang Digunakan
Media sosial menjadi salah satu strategi online marketing yang efektif untuk bisnis franchise kamu. Dengan menampilkan media sosial pada website, dapat membuat mereka mengetahui atau berkunjung pada media sosial yang kamu gunakan.
Disana mereka dapat menemukan berbagai informasi lain mengenai bisnis kamu, sehingga membuat mereka semakin yakin untuk menggunakan jasa franchise kamu.
Hal ini juga akan meningkatkan trafik pengunjung di media sosial , kamu akan memperoleh lebih banyak jumlah like atau komen.
Dibawah ini salah satu bisnis franchise yang menampilkan media sosial yang mereka gunakan pada website:
6. Tampilkan Testimonial
Untuk membuat calon konsumen semakin lebih yakin dengan bisnis franchise kamu, testimonial menjadi cara untuk meyakinkan mereka, karena mereka dapat melihat penilaian klien lain yang sudah menggunakan jasa franchise kamu sebelumnya.
Terlebih jika bisnis franchise kamu memiliki testimonial (mendapatkan penilaian yang baik) dari para konsumen.
Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat testimonial pada website, seperti Google Bisnisku atau Feedback company. Dan jika website kamu berbasis WordPress, kamu bisa menggunakan plugin seperti Strong Testimonial atau Easy Testimonial.
Berikut contoh website menampilkan testimonial konsumen mereka:
Sumber: Cahaya Tani
7. FAQ
Hal terakhir yang perlu ada pada website bisnis franchise kamu adalah FAQ (Frequently Asked Questions). FAQ berisi daftar pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh calon konsumen mengenai bisnis kamu.
Misalnya pertanyaan mengenai syarat untuk menjadi bagian dari bisnis franchise kamu, keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan bisnis kamu, atau pertanyaan lainnya.
Kamu bisa melihat contoh FAQ pada gambar dibawah:
Sumber: Kebab Kings Indonesia
Setelah membaca penjelasan diatas, apakah website bisnis franchise kamu sudah memiliki 7 hal tersebut? Atau bahkan bisnis franchise kamu belum memiliki website? Kamu tidak perlu khawatir, Whello akan membantu kamu membuat website yang memiliki tampilan desain yang menarik, fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Bisnis franchise kamu juga akan terlihat lebih profesional, mudah ditemukan di google serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun.
Jawara kasturi merupakan salah satu klien Whello yang telah sukses secara online maupun offline. Jawara kasturi menjual minyak kasturi dengan kualitas premium. Mereka memutuskan untuk membuat website untuk mencapai kesuksesan bisnisnya. Whello juga sudah menerapkan 7 hal di atas pada website mereka.
Nah, ingin seperti mereka? Hubungi kontak Whello sekarang, atau kamu juga bisa meninggalkan komen di kolom komentar dibawah ini.
Semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!