Ketika seseorang mencari informasi di mesin pencari, mereka biasanya menggunakan kata kunci atau frase tertentu untuk menemukan hasil yang relevan dengan pertanyaan mereka.
Oleh karena itu, penting bagi pemilik website dan pembuat konten untuk memahami bagaimana cara mudah menemukan kata kunci yang tepat untuk artikel mereka.
Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menentukan kata kunci yang tepat untuk artikel kamu.
Daftar isi
Apa Itu Kata Kunci (Keyword)?
Kata kunci, atau biasa disebut juga dengan “keyword” adalah kata atau frase yang digunakan oleh pengguna internet saat melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo.
Kata kunci ini berfungsi sebagai istilah atau pertanyaan yang diinputkan oleh pengguna untuk menemukan informasi yang mereka cari secara online.
Dalam konteks optimasi mesin pencari (SEO), pemilihan kata kunci yang tepat sangat penting karena akan mempengaruhi peringkat dan visibilitas suatu konten atau website di hasil pencarian.
Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan populer, konten atau website memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian, sehingga meningkatkan potensi mendapatkan trafik organik yang lebih banyak.
Mengapa Kata Kunci Penting?
Menggunakan kata kunci yang tepat sangat penting karena hal ini berdampak langsung pada visibilitas dan peringkat konten kamu di mesin pencari.
Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan populer, kamu meningkatkan peluang konten kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian.
Sebuah peringkat yang tinggi akan mendatangkan lebih banyak trafik organik ke website kamu, yang dapat meningkatkan potensi konversi dan keuntungan.
Cara Menemukan Kata Kunci Artikel Kamu
Untuk menemukan kata kunci dengan mudah, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan:
1. Google Keyword Planner
Google Keyword Planner merupakan salah satu tools yang dimiliki oleh Google untuk mencari kata kunci. Google Keyword Planner dapat memperlihatkan tingkat popularitas dari beberapa kata kunci yang sedang trend.
Cara kerja Google Keyword Planner:
A. Masukkan Kata Kunci Baru
Sebelum menemukan kata kunci yang tepat, masukkan beberapa ide kata kunci baru yang akan kamu pakai. Google Keyword Planner akan menampilkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari kata kunci tersebut. Kamu bisa mengatur jumlah pencarian berdasarkan waktu yang kamu inginkan, seperti : “last month” , “last 7 days” atau “last 12 months”
B. Analisa Hasil Penelusuran Kata Kunci
Berdasarkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulannya, kamu bisa membandingkan antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya. Hal ini akan mempermudah kamu memilih kata kunci yang paling banyak dicari setiap bulannya.
Perhatikan contoh pencarian kata kunci di bawah ini:
Pada gambar diatas kamu dapat melihat perbandingan hasil riset dari kata kunci “belajar seo” dan “tips SEO”. Ternyata jumlah rata-rata pencarian diantara kedua kata kunci tersebut lebih banyak yang mencari “belajar seo” daripada “tips SEO”.
Oleh karena itu lebih disarankan menggunakan kata kunci “belajar SEO” daripada “tips SEO” karena lebih banyak pembaca yang mencarinya.
2. KWFinder
Hampir sama dengan Google Keyword Planner, KWFinder juga dapat digunakan untuk mencari kata kunci yang tepat. KWFinder juga akan menelusuri beberapa kata kunci berdasarkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari sebuah kata kunci.
KWFinder cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam menemukan kata kunci. Namun untuk versi yang free, fitur yang disediakan terbatas. Kamu perlu meng-upgrade akun ke premium untuk melihat fitur yang lebih lengkap.
Cara Kerja KWFinder:
A. Masukkan Kata Kunci Baru
Sebelum mendapatkan kata kunci yang tepat, kamu perlu menyediakan kata 1 kata kunci baru untuk artikel kamu.
B. Analisa Hasil Penelusuran Kata Kunci
KWFinder akan menampilkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari kata kunci yang kamu masukkan dan beberapa kata kunci lain yang saling berhubungan.
Perhatikan contoh hasil penelusuran kata kunci di bawah ini:
Pada gambar diatas kamu dapat melihat hasil riset dari kata kunci “tips seo” dan beberapa kata kunci lain. Tetapi jumlah rata-rata pencarian setiap bulannya, kata kunci “belajar seo” lebih banyak yang daripada “tips SEO”.
Oleh karena itu lebih disarankan menggunakan kata kunci “belajar SEO” daripada “tips SEO” karena lebih banyak pembaca yang mencarinya.
3. Google Suggest
Cara lain untuk menemukan kata kunci yang tepat yaitu dengan menggunakan Google Suggest. Cara ini paling mudah untuk dilakukan. Tinggal memasukkan kata kunci pada kotak pencarian Google.
Google akan menampilkan beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna Google.
Perhatikan contoh dibawah ini:
Baca juga: 12 Tools Gratis Untuk Riset Keyword
Temukan Kata Kunci Artikel Kamu Sekarang!
Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk artikel kamu dengan mudah. Gunakan beberapa tools yang sudah disebutkan sebelumnya. Dan jika kamu kesulitan melakukannya sendiri, Jasa SEO dari Whello bisa membantu kamu. Selain memiliki spesialis yang inovatif dan berpengalaman, Whello juga menggunakan tools terbaik untuk para klien.
Whello juga akan membantu meningkatkan visibilitas website dan jangkau potensial customer dengan berada di peringkat 1 Google melalui teknik SEO Whello. Strategi SEO yang digunakan akan disesuaikan dengan karakteristik website kamu. Sehingga website kamu akan lebih mudah ditemukan secara organik. Konsultasi gratis sekarang dengan cara menghubungi kontak Whello.
Apakah keyword stuffing berbahaya bagi SEO?
Ya, keyword stuffing dapat berdampak negatif pada peringkat SEO dan kualitas konten kamu.
Mengapa memilih kata kunci niche penting?
Memilih kata kunci niche mengurangi persaingan dan meningkatkan peluang peringkat yang lebih tinggi.
Bagaimana cara memantau kinerja kata kunci?
Gunakan tools analytics website untuk melacak traffic dan konversi yang dihasilkan oleh kata kunci.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!