Google Trends merupakan tools yang disediakan oleh Google untuk menemukan topik yang sedang hangat dibicarakan. Misalnya topik mengenai dunia politik, digital marketing, teknologi, atau kuliner. Tools ini sangat dibutuhkan ketika kamu melakukan content marketing.
Google trends dapat digunakan secara gratis. Tools ini juga dapat memberikan informasi tentang apa saja yang orang cari di mesin pencarian Google. Tools ini juga sangat mudah digunakan oleh pengguna yang masih awam, namun jika masih kesulitan kamu bisa menggunakan Jasa SEO dari Whello agar kamu bisa fokus pada bisnis kamu dan Whello yang mengoptimasi SEO website kamu.
Daftar isi
Cara Menggunakan Google Trends
1. Membuka Tools Google Trend
Untuk membuka Google trends, kamu harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Kemudian kamu tinggal membuka halaman Google Trends.
Pada halaman pertama Google Trends, kamu bisa melihat beberapa topik yang sedang tren di dunia atau topik yang sedang tren di negara kamu, misalnya Indonesia. Caranya klik “icon Sidenav ( ⇶ )”, kemudian pilih “Trending Searches”.
Berikut contoh topik yang sedang tren di dunia:
Dan contoh topik yang sedang tren di Indonesia:
2. Mengetahui Tren Suatu Topik
Dengan Google Trends, kamu bisa mengetahui topik yang sedang ramai dibicarakan atau sedang tren di suatu wilayah. Caranya tinggal masukkan topik yang akan kamu gunakan pada kolom “Enter a search term or a topic” di halaman pertama Google Trends.
Misalnya saya menggunakan topik “digital marketing”. Maka Google Trends akan menampilkan informasi yang cukup lengkap mengenai topik digital marketing yang sedang tren.
Kamu juga bisa melihat hasilnya berdasarkan negara, waktu, kategori (finance,games, atau food), dan jenis penelusuran (web search, news search, Google Shopping, Youtube Search).
Pada bagian pertama, ada grafik tren untuk topik “digital marketing” selama satu tahun terakhir.
Berikut contohnya seperti gambar dibawah ini:
Bagian kedua kamu bisa melihat tren topik digital marketing di beberapa daerah di Indonesia.
Lihat pada gambar berikut ini:
Pada bagian ketiga kamu bisa melihat beberapa topik yang berhubungan dengan topik digital marketing (Related Topic) dan saran kata kunci (Related Queries) yang terkait.
Berikut pada gambar dibawah:
3. Menggunakan Opsi Pencarian Youtube
Melalui Google Trends, kamu juga bisa mengetahui topik apa saja yang sedang tren dan banyak dicari orang di Youtube.
Caranya lakukan pencarian topik berdasarkan jenis penelusuran “Youtube Search”. Misalnya saya menggunakan topik mengenai “Digital Marketing”.
Berikut pada contoh gambar di bawah:
Ketika kamu sudah memilih jenis penelusuran “Youtube Search”, Google Trends akan menampilkan data pencarian di Youtube.
Google trends juga akan menampilkan grafik tren hasil pencarian, tren topik di beberapa daerah mengenai “digital marketing”, dan beberapa topik serta keyword yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.
Lihat hasilnya pada gambar di bawah ini:
Itulah 3 cara menggunakan Google Trends, dengan 3 cara di atas kamu bisa mencari topik yang sedang tren baik di web browser maupun youtube. Jika ada yang membuat kamu bingung atau sesuatu hal yang ingin kamu tanyakan, tinggal komen di kolom komentar di bawah.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!