Jika dahulu kita mengenal Facebook sebagai media mencari teman baru, maka sekarang media sosial ini telah berevolusi menjadi media bisnis yang menguntungkan berkat hadirnya “Facebook Ads”.
Facebook Ads merupakan jasa iklan yang disediakan oleh Facebook untuk para penggunanya. Mengingat jumlah pengguna Facebook yang terus meningkat, memungkinkan bisnis kamu mendapatkan lebih banyak calon klien, serta meningkatkan pendapatan bisnis.
Daftar isi
4 Hal yang Perlu Dipersiapkan Dalam Membuat Facebook Ads
Facebook Ads telah menjadi tools yang sangat penting dalam strategi digital marketing. Dengan miliaran pengguna aktif setiap hari, platform ini menawarkan potensi besar untuk menjangkau audiens yang relevan. Namun, sebelum memasang iklan di Facebook Ads, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dulu hal-hal yang harus disiapkan. Berikut 4 hal yang harus kamu persiapkan sebelum membuat Facebook Ads:
1. Facebook Pages
Facebook pages (halaman facebook) merupakan hal yang harus ada sebelum kamu membuat Facebook Ads. Jika kamu belum memiliki facebook pages, maka kamu tidak bisa membuat Facebook Ads.
Berikut beberapa tips untuk membuat Facebook pages:
- Buat nama dan ategori facebook pages yang sesuai dengan bisni kamu.
- Gunakan profile picture.
- Gunakan foto sampul.
- Lengkapi informasi mengenai bisnis kamu.
Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai 3 tips di atas, kamu bisa membaca artikel mengenai Tips dan Cara Membuat Facebook Pages.
2. Tentukan Target Audiens
Sebelum membuat Facebook Ads, kamu juga harus mengetahui target audiens yang sesuai dengan bisnis kamu. Membuat iklan dengan target audiens yang tepat artinya kamu menawarkan produk atau jasa kepada orang yang membutuhkan.
Hal ini akan mempermudah kamu untuk menarik perhatian mereka, sehingga mereka tertarik menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Misalnya jika kamu memiliki (menjual) produk “perlengkapan bayi”, maka target audiens yang tepat adalah ibu-ibu yang sudah memiliki anak. Atau kamu menjual “kemeja untuk anak muda laki-laki”, sehingga target audiens kamu adalah anak laki-laki yang berusia 18 – 25 tahun.
3. Siapkan anggaran untuk memasang iklan
Menyiapkan anggaran untuk membuat iklan di Facebook Ads harus dilakukan secara cermat supaya tidak boros atau kehabisan modal.
Terlebih dahulu, kamu bisa membuat anggaran biaya menggunakan biaya yang terkecil, misalnya Rp100.000. Jika hasilnya bagus dan menguntungkan bagi bisnis kamu. Maka kamu dapat menaikkan anggaran biaya yang akan kamu keluarkan.
4. Membuat Website
Website bisa menjadi salah satu media yang sangat menunjang keberhasilan Facebook Ads yang kamu buat. Website berguna untuk menampilkan deskripsi lengkap mengenai bisnis maupun produk yang kamu tawarkan.
Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu dapat mengarahkan calon klien ke website kamu. Hal ini juga akan membuat mereka semakin percaya dan tertarik dengan bisnis kamu.
Baca juga: 4 Kriteria Website yang Berkualitas Baik
Sudah Tahu Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads?
Dengan mempersiapkan 4 hal diatas sebelum membuat Facebook Ads, kamu dapat meningkatkan kesuksesan iklan Facebook kamu secara signifikan. Buat Facebook Pages, tentukan tujuan iklan , identifikasi target audiens, rencanakan anggaran, dan buat membuat materi iklan yang menarik.
Untuk membantu kamu melakukannya, kamu bisa menggunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia. Whello memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial, tidak terkecuali untuk iklan Facebook.
Isi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.
Berapa lama biasanya diperlukan untuk melihat hasil dari kampanye Facebook Ads?
Hasil kampanye dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti tujuan, anggaran, dan daya tarik iklan. Namun, kamu biasanya dapat melihat beberapa indikasi awal dalam beberapa hari setelah kampanye dimulai.
Apakah saya bisa mengubah Facebook Ads setelah kampanye berjalan?
Ya, kamu dapat mengedit iklan yang sedang berjalan. Namun, perubahan tertentu dapat memengaruhi kinerja iklan, jadi penting untuk mempertimbangkan dengan cermat sebelum melakukan perubahan drastis.
Bagaimana cara mengukur keberhasilan kampanye Facebook Ads?
Kamu dapat menggunakan alat pengukuran yang disediakan oleh Facebook untuk melihat metrik seperti klik, tayangan, konversi, dan biaya per tindakan. Sesuaikan pengukuran ini dengan tujuan kampanye kamu.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!