4 Kriteria Website yang Berkualitas Baik

1 menit

Saat ini website menjadi salah satu hal terpenting untuk kamu miliki, website bukan hanya digunakan untuk keperluan bisnis, namun juga dapat menjadi sarana komunikasi untuk berinteraksi dengan banyak orang. Tak heran jika sekarang banyak website yang dapat kamu temukan melalui mesin pencari, dengan begitu akan banyak kompetitor diluar sana yang memiliki website seperti website kamu. Oleh karena itu, penting untuk kamu memperhatikan beberapa kriteria yang harus kamu penuhi agar website kamu memiliki kualitas yang baik dibandingkan website orang lain dan dapat ter-indeks dengan baik oleh mesin pencarian, seperti Google. Berikut 4 kriteria yang harus ada pada website kamu agar menjadi lebih baik:

1. Website Responsive

Website yang bagus yaitu website yang responsive. Website responsive merupakan website yang mampu merespon tampilan website jika di akses di berbagai device pengguna. Pengguna akan memiliki device yang sangat beragam, baik itu desktop ataupun mobile, namun seharusnya tidak mengganggu kenyamanan pengguna mengenai tampilan atau aksesibilitas website kamu. Oleh karena itu dengan website responsive, tampilan website kamu akan tetap bagus jika di akses diberbagai device pengguna. Kenyamanan pengguna merupakan tanggung jawab kamu sebagai pemilik website.

Perhatikan contoh website responsive dibawah ini:

2. Design Website yang Simpel dan Mudah Digunakan

Design website yang simpel akan memberikan kesan yang lebih baik bagi pengguna website dibandingkan jika design website kamu terlihat lebih rumit dan membuat pengguna malas untuk mengaksesnya secara berulang. Selain itu design website kamu juga harus mudah digunakan, karena tidak semua pengguna website langsung memahami ketika pertama kali menggunakan website kamu. Dengan design website yang mudah digunakan akan mempermudah mereka dalam menggunakan website dan mendatangkan lebih banyak pengunjung. Untuk menghasilkan website yang simpel dan mudah digunakan kamu harus memperhatikan penggunaan komposisi warna, tata letak layout , serta teks yang mudah dibaca oleh pengunjung.

Sebagai referensi untuk website kamu, website dibawah ini merupakan website dengan design website yang simpel dan relevan:

3. Speed Website yang Cepat

Setiap pengunjung website tentunya ingin mengakses website yang cepat, speed website yang cepat biasanya ditandai dengan loading yang tidak lama. Loading yang lama akan menumbuhkan rasa bosan dan mengganggu ketenangan pengguna saat menggunakan website kamu. Kecepatan website akan selalu diperhatikan oleh pengunjung ketika berkunjung ke website kamu. Agar speed website kamu lebih cepat perhatikan size disetiap items yang kamu masukkan ke website kamu, misalnya jangan memasukkan gambar atau video dengan size yang besar.

Berikut contoh speed website yang cepat (fast loading):

4. Konten yang Menarik dan Relevan

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan yaitu konten yang kamu buat, konten sangat berpengaruh terhadap kesuksesan website kamu. Selain itu, konten juga sangat berpengaruh terhadap SEO dan rating website pada mesin pencarian. Kamu harus mampu menciptakan konten yang sangat menarik dan relevan dengan tujuan akhir website kamu. Dengan konten yang menarik dan relevan akan menambah banyak pengunjung agar berkunjung ke website kamu.

Perhatikan contoh konten dibawah ini:

4 kriteria diatas merupakan 4 kriteria yang harus ada pada website kamu agar website kamu lebih berkualitas dan dikenal oleh banyak orang. Tidak semua orang bisa membuat website sendiri, namun sekarang telah banyak jasa yang menyediakan jasa pembuatan website. Salah satunya Whello, Whello merupakan agensi digital marketing yang dapat membantu kamu dalam membuat website, Whello juga menerapkan 4 kriteria diatas dalam membuat website. Sebagai wujud keahlian Whello dalam membuat website, Whello telah menangani berbagai website client dari berbagai negara.

1+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *