3 Tips Agar Konten yang Kamu Buat Lebih Berkualitas

2 minutes

Kalau kamu seorang pemilik website, pasti sudah sadar betapa pentingnya kualitas sebuah konten. Website bisa sukses karena kontennya, website jadi gagal juga karena kontennya. Konten itu aset bagi sebuah website. Kalau konten kamu murahan, maka website kamu juga murahan. Oleh karena itu, kamu perlu konten yang berkualitas, bernilai. Maksud bernilai di sini artinya konten kita memberikan informasi baru yang bermanfaat, atau memberikan panduan yang bisa menyelesaikan permasalahannya.

Google akan selalu mengutamakan konten berkualitas di atas konten lain. Maka dari itu, konten terbaiklah yang akan menempati peringkat atas. Begitu juga dengan manusia, tidak ada orang yang akan men-share konten yang membosankan.

Apa saja tips yang bisa dilakukan agar konten yang kamu buat berkualitas? Berikut tipsnya :

1. Tentukan Target Audience Kamu

Sebelum membuat konten, kamu harus tahu dulu siapa target audience yang kamu tuju. Audience disini adalah orang yang aktif mencari informasi dalam suatu topik, audiens dari konten kamu adalah mereka yang antusias terhadap topiknya.

Cari tahu dimana audience kamu biasanya berkumpul, berdiskusi secara online. Misalnya kalau topik kamu tentang kopi, kamu bisa cari di situs-situs komunitas seperti Facebook Group, Kaskus, Google + atau forum-forum online lainnya. Kamu tinggal kunjungi forum tersebut dan cari diskusi yang sesuai dengan topik kamu.

Kemudian kamu bisa cari tahu apa permasalahan yang sering dihadapi oleh mereka, sehingga kamu bisa membuat konten yang menyelesaikan permasalahan mereka. Ingat! konten yang berkualitas adalah konten yang memberikan solusi, yang bisa menyelesaikan masalah pembacanya.

Selain memberikan solusi, cari tahu juga konten seperti apa yang menarik bagi mereka. Kamu bisa menilai sebuah konten menarik atau tidak dari jumlah like atau share-nya. Hal ini sangat berguna dilakukan untuk membuat ide konten selanjutnya.

2. Kumpulkan Konten-Konten Terbaik

Ketika kamu telah menemukan topik kontennya, kamu akan sadar bahwa di internet pasti sudah ada konten lain dalam topik yang sama. Tidak masalah, justru yang jadi pertanyaan kalau kontennya tidak ada. Kalau tidak ada, bisa jadi konten yang mau kamu buat tersebut tidak ada yang nyari.

Untuk mencari konten-konten dalam suatu topik, kamu bisa menggunakan bantuan dari :

  1. BuzzSumo : tool ini berguna untuk mencari artikel-artikel populer dari kata kunci yang kita masukkan.
  2. Forum : untuk mencari kata kunci melalui Google, gunakan “[keyword] forum” tanpa tanda petik dan kata keyword bisa kamu ganti sesuai dengan topik kamu.
  3. Reddit : untuk topik berbahasa inggris

Setelah kamu mendapatkan konten-konten yang terbaik, kamu kumpulkan menjadi satu, bisa di excel atau di google drive. Kemudian kamu analisa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing konten. Buang kekurangannya, ambil kelebihannya, dan jadikan satu konten yang lebih berkualiatas dengan hasil analisa yang kamu lakukan.

3. Tingkatkan Materi Konten-Konten Tersebut

Kalau dalam suatu topik sudah ada beberapa artikel yang kualitasnya cukup baik, apakah orang-orang akan membaca artikel yang kualitasnya lebih rendah? Tentu tidak. Itu sebabnya semua konten yang kamu buat mulai dari sekarang sampai seterusnya harus jadi yang lebih baik dari semua konten yang sudah ada. Caranya gimana?

Kamu bisa menambahkan isi dari konten-konten yang sudah kamu analisa tadi. Kamu bisa melengkapi apa yang tidak ada di satu konten tersebut menjadi lebih lengkap dan jelas. Apabila isi konten mengandung data-data pendukung, pastikan data tersebut merupakan data yang terbaru, agar pembaca merasa yakin dengan konten kamu.

Memperhatikan gaya bahasa dan formatting juga harus kamu lakukan. Kamu harus berpikir bagaimana caranya agar orang tidak bosen membaca artikel yang kamu buat. Kamu bisa mengatur tata letak penulisannya, menggunakan gambar, bahkan video bila diperlukan.

 

Itulah 3 tips yang bisa kamu praktekkan langsung agar konten yang kamu buat berkualitas. Memang untuk sesuatu yang berkualitas tidak ada yang mudah. Hanya perlu latihan agar semuanya bisa menjadi mudah. Selamat mencoba.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *