4 Elemen Pemicu Popularitas Konten yang Harus Kamu Ketahui

1 menit

Membuat konten yang populer merupakan keinginan para penulis konten, popularitas konten dibuktikan dengan banyaknya orang atau pengguna internet yang mengetahui konten tersebut.

Untuk membuat popularitas sebuah konten, ada 5 elemen pemicu popularitas yang harus kamu ketahui:

1. Distribusi Konten

Elemen pertama yang dapat memicu popularitas sebuah konten yaitu distribusi (memperkenalkan) konten yang kamu buat kepada orang lain. Ada banyak platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan. Seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Bukan hanya itu, saat ini beberapa media chatting juga sudah menyediakan fitur “story” yang berguna untuk berbagi cerita kepada banyak orang, seperti whatsapp atau line.

Berikut salah satu contoh yang bisa kamu lakukan ketika mendistribusikan konten menggunakan fitur story pada line:

2. Memiliki Topik yang Populer

Menggunakan sebuah topik yang populer, juga akan membantu popularitas konten kamu semakin meningkat. Hal ini dikarenakan kamu mampu membuat konten yang sedang hangat (banyak) dibicarakan oleh orang lain.

Untuk membuat topik yang populer, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan:

  • Bergabung dengan berbagai forum dan group Facebook.
  • Cari inspirasi dari website lain.
  • Gunakan Quora.
  • Gunakan Google Trends.
  • Atau kamu juga bisa mencari inspirasi topik yang populer di Pinterest.

5 cara di atas dapat membantu kamu menemukan topik yang sedang populer. Untuk penjelasan lebih lengkapnya kamu bisa membaca artikel mengenai 5 cara menemukan topik terpopuler untuk artikel website kamu.

3. Mudah Diingat

Konten yang populer juga merupakan konten yang mudah diingat oleh banyak orang. Mereka lebih suka membaca konten yang mudah diingat, dibandingkan berlama-lama membaca sebuah konten dan kemudian lupa dengan isi konten tersebut.

Oleh karena itu, ketika kamu membuat konten yang mudah diingat, maka akan banyak orang lain yang suka membaca konten kamu.

Untuk membuat konten yang mudah diingat, ada 3 tips yang harus kamu perhatikan:

a. Buat Istilah Baru

Saat membuat konten, kamu bisa menciptakan sebuah istilah agar konten kamu mudah diingat oleh banyak orang.

Misalnya salah satu “metode menulis artikel” yang sangat populer yaitu “metode KTP”. Metode ini sebenarnya merupakan singkatan dari “3 hal utama yang akan dilakukan oleh penulis”, yakni ‘K’ yang berarti ‘Kumpulkan konten-konten terbaik’. ‘T’ yang artinya ‘Tingkatkan materinya’, dan ‘P’ yaitu ‘Promosikan ke orang yang tepat’.

Sehingga ketika seseorang mencari “metode menulis artikel”, ia akan lebih mengingat konten mengenai “metode KTP” dibandingkan mengingat konten mengenai “3 hal dilakukan oleh penulis” (kepanjangan dari KTP).

Selain mudah diingat, membuat istilah dalam sebuah konten juga akan menjadi salah satu hal yang menarik bagi pembaca.

b. Gunakan Gambar untuk Menjelaskan

Gambar bukan hanya untuk menghilangkan rasa bosan bagi pembaca ketika membaca sebuah konten. Gambar juga akan membuat mereka ingat dengan konten kamu.

Maka dari itu, gunakan minimal satu gambar untuk menjelaskan isi dari artikel kamu. Namun, gambar yang kamu gunakan juga harus berhubungan dengan isi konten kamu. Dan untuk konten yang berisi tutorial, sertakan gambar untuk setiap tahapannya.

c. Gunakan Format Penulisan yang Mudah Dipahami

Untuk membuat konten yang mudah diingat, kamu juga harus memperhatikan format penulisan yang mudah dipahami oleh pembaca. Ada 4 format penulisan yang perlu kamu perhatikan:

  • Gunakan fungsi heading untuk membantu pembaca mempermudah memahami isi konten.
  • Gunakan font yang mudah dibaca dan gunakan maksimal 1 jenis font dalam sebuah konten.
  • Gunakan ukuran tulisan minimal 12px.
  • Perhatikan penggunaan warna tulisan, misalkan warna background biru maka gunakan warna tulisan putih.

4. Bersifat Engaging

Konten yang engaging juga akan menjadi pemicu popularitas sebuah konten. Konten yang engaging yaitu konten yang berisi suatu perspektif baru, pengetahuan serta memberikan bermanfaat dan menginspirasi pembaca.

Dengan konten yang bersifat engaging, biasanya akan menimbulkan “reaksi” dari banyak orang. Reaksi tersebut biasanya bisa dilihat dari banyaknya komentar yang positif dari pembaca.

Untuk membuat konten yang engaging, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan:

  • Buat artikel dengan topik yang trending.
  • Buat artikel yang original.
  • Buat paragraf yang mengesankan.
  • Buat pembaca kamu berfikir.
  • Dan buat konten yang visual.

Kamu bisa membaca penjelasan yang lebih detail mengenai 5 cara di atas pada artikel sebelumnya mengenai 5 cara membuat artikel kamu semakin engaging.

Nah, itulah 4 elemen pemicu popularitas konten. Apakah kamu sudah mempraktekkan 4 elemen di atas ketika membuat konten? Yuk, sharing di kolom komentar, happy learning!

1+


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *