Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Website?

2 minutes

Setelah mempunyai website, apa yang harus dilakukan setelah itu? pertanyaan tersebut sering muncul di pikiran kamu yang sudah memiliki website dan menggunakan website sebagai media penjualan bisnis online. Agar pertumbuhan website terus berkembang, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

Berikut 4 hal yang harus kamu lakukan setelah memiliki website:

1. Lakukan Optimalisasi SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu teknik yang berperan penting dalam meningkatkan performa website di halaman mesin pencarian. Teknik ini mampu membuat website kamu berada di halaman pertama mesin pencarian, seperti Google.

Untuk melakukan optimalisasi SEO, ada dua teknik yang bisa digunakan, yaitu teknik SEO On Page dan teknik SEO Off Page.

SEO On Page adalah teknik optimalisasi SEO yang dilakukan pada website itu sendiri. Misalnya mengoptimalkan penggunaan Heading Tag, Meta Description, Title Tag, Permalink pada website, dan sebagainya. Untuk lebih memahami teknik SEO on Page, kamu bisa baca artikel sebelumnya mengenai apa itu SEO On-Page dan kegunaannya.

Sedangkan teknik SEO Off Page adalah teknik optimalisasi SEO yang dilakukan di luar website, misalnya melakukan promosi website pada sosial media.

Baca juga: Perbedaan Teknik SEO On-Page vs SEO Off-Page.

2. Buat Jadwal Update Artikel

Salah satu hal yang paling disukai oleh pengunjung website yaitu membaca informasi yang up to date. Oleh karena itu, website kamu harus selalu di update dengan artikel-artikel terbaru.

Mengupdate artikel secara rutin juga akan membuat posisi website kamu semakin bagus pada mesin pencarian, seperti Google, karena Google akan memberikan penilaian yang baik terhadap website tersebut.

Agar proses update artikel berjalan dengan baik, alangkah baiknya jika kamu membuat “jadwal update artikel”. Bagaimana bentuknya? Tidak ada aturan baku membuat jadwal update artikel, yang terpenting adalah kamu menetapkan jadwal update artikel dan konsisten melakukannya.

Setidaknya biasakan untuk menambahkan 2 sampai 3 artikel setiap minggu.

3. Promosikan Website

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu mempromosikan website agar mendatangkan banyak pengunjung. Percuma jika kamu mampu menghasilkan website yang powerfull dan dioptimalkan dengan teknik SEO yang baik, tetapi tidak mendapatkan banyak pengunjung.

Untuk melakukan promosi website, kamu bisa mempromosikannya pada media sosial yang kamu miliki, misalnya memposting di status Facebook, Instagram, atau Twitter. Selain itu kamu juga bisa membagikan link website kamu pada forum-forum diskusi yang sesuai dengan niche website kamu.

4. Pasang Google Analytic

Google Analytic merupakan salah satu tools yang disediakan oleh Google. Google analytic digunakan untuk mengukur kinerja website. Misalnya untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke website, hal apa yang sering dilakukan pengunjung pada website, bagaimana pengunjung menemukan website kamu, dan sebagainya.

Atau setelah membuat artikel, artikel mana yang banyak dibaca pengunjung? Hal-hal tersebut dapat kamu ketahui melalui Google Analytic.

Oleh karena itu, penting untuk kamu memasang Google Analytic pada website kamu.

Itulah 4 hal yang harus kamu lakukan setelah membuat website. Tunggu apa lagi? Lakukan sekarang agar website kamu terus berkembang. Semoga bermanfaat.

0


Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *