Google Ads Enhanced Conversions adalah fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Google Ads untuk membantu pengiklan mengukur dan meningkatkan konversi dengan lebih akurat.
Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu Google Ads Enhanced Conversions, manfaatnya, mengapa Enhanced Conversions itu penting, cara kerjanya, dan cara mengatur di Google Ads.
Daftar isi
Apa itu Google Ads Enhanced Conversions?
Google Ads Enhanced Conversions adalah pembaruan dari konversi otomatis yang ada sebelumnya. Fitur ini memanfaatkan machine learning untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konversi yang terjadi di luar platform iklan, seperti di aplikasi atau website yang tidak dapat dilacak langsung oleh Google Ads.
Dengan kata lain, Enhanced Conversions membantu melengkapi pemahaman tentang konversi dengan memanfaatkan data dari berbagai sumber.
Manfaat Dari Google Ads Enhanced Conversions
Melansir Google Support, berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan memanfaatkan Google Ads Enhanced Conversions:
- Memperbaiki konversi yang biasanya tidak terukur.
- Meningkatkan pengoptimalan tawaran melalui data yang lebih baik.
- Privasi aman dengan hashing data pelanggan pihak pertama.
Mengapa Enhanced Conversions Ini Penting?
Dalam beberapa tahun terakhir, privasi data telah menjadi perhatian penting bagi pengguna dan perusahaan. Penerapan undang-undang privasi data seperti GDPR dan CCPA, bersama dengan pembaruan pada web browser seperti ITP Safari dan ETP Firefox, telah membuat pelacakan data pengguna menjadi lebih sulit bagi pengiklan dan pemasar.
Akibatnya, fitur seperti konversi Google yang disempurnakan menjadi penting untuk memastikan pelacakan konversi yang akurat sekaligus melindungi privasi pengguna.
Cara Kerja Enhanced Conversions
Saat pelanggan berinteraksi dengan website dan melakukan konversi, data seperti alamat email, nama, alamat rumah, atau nomor telepon mereka dapat dikumpulkan dan dicatat dalam tag pelacakan konversi website.
Sebelum mengirimkan data ini ke Google, data tersebut di-hash menggunakan algoritma satu arah yang aman yang disebut SHA256, yang mengubah data menjadi serangkaian karakter unik. Hal ini memastikan bahwa data tetap bersifat pribadi dan aman saat dikirimkan.
Setelah data yang di-hash dikirim ke Google, data tersebut dicocokkan dengan akun Google yang telah masuk untuk mengaitkan konversi kampanye dengan peristiwa iklan seperti klik atau penayangan. Proses ini memastikan bahwa pengiklan dapat melacak konversi secara akurat dengan tetap menjaga privasi pengguna.
Selain menyediakan pelacakan konversi yang disempurnakan, fitur ini juga memungkinkan pengiklan menggunakan data hash untuk membuat audiens khusus untuk iklan.
Dengan membuat audiens khusus berdasarkan data pelanggan yang di-hash, pengiklan dapat menayangkan iklan yang lebih relevan kepada pelanggan mereka dengan tetap menjaga privasi mereka.
Baca juga : 10 Metric Google Ads yang Penting untuk Diketahui
Cara Mengatur Enhanced Conversions di Google Ads Melalui Google Tag Manager
Sebelum kamu mulai menyiapkan konversi yang ditingkatkan, ada beberapa prasyarat yang harus kamu ingat.
- Bisa akses ke akun Google Ads dan Google Tag Manager yang benar.
- Kemampuan untuk membuat pesanan pencobaan atau membuat percobaan tindakan lead.
- Ketersediaan data pihak pertama di halaman (atau di dataLayer) tempat tag konversi dipicu.
- Kemampuan kamu atau web developer untuk membuat perubahan kecil pada website atau peristiwa dataLayer.
- Kamu juga perlu meninjau kebijakan data pelanggan Google dan menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan konversi yang disempurnakan di Google Ads.
Hal ini akan memastikan bahwa kamu mematuhi semua kebijakan dan peraturan yang diperlukan serta menggunakan konversi yang disempurnakan dengan tepat.
Setelah memenuhi persyaratan tersebut, berikut langkah-langkah mengatur enhanced conversions di Google Ads:
1. Aktifkan konversi yang ditingkatkan
- Buka akun Google Ads kamu dimana kamu ingin menerapkan konversi yang disempurnakan (EC) dan buka tab konversi.
- Pilih tindakan konversi yang ingin kamu gunakan EC.
- Saat kamu membuka pengaturan tindakan konversi, cari dropdown “Konversi yang disempurnakan“.
- Klik “Aktifkan konversi yang disempurnakan“.
- Terima Persyaratan Google dan Pilih “Google Tag Manager“.
- Terakhir, klik “Next“.
- Isi website kamu dan klik “Periksa URL.” Setelah itu, kamu dapat masuk ke akun Google Tag Manager kamu. Penyiapan selanjutnya akan dilakukan di sana.
2. Jalankan pesanan percobaan menggunakan mode preview GTM
Selanjutnya kamu bisa melakukan percobaan pemesanan dengan menggunakan preview GTM. Contohnya kamu bisa mencoba pada bagian “Order Confirmation Page” dan meng-extract email-email dari page tersebut.
Lalu kamu tinggal memasukkan kode JavaScript untuk membuat variabel baru yang akan meng-extract email dari Order Confirmation Page ini.
3. Uji variabel baru di GTM
Sebelum kamu mempublikasikannya, penting untuk menggunakan mode preview di GTM untuk melihat apakah email kamu masuk melalui variabel baru yang kamu buat.
- Untuk melihat nilai email di output tag, klik Tag Pelacakan Konversi yang ditembakkan di bawah tab “Tag“. Dalam contoh sebelumnya, kamu akan dapat melihat bahwa email ditangkap dalam variabel email yang saya buat
- Untuk menampilkan nilai, pilih tombol radio “Value” di sudut kanan atas. Perhatikan bahwa variabel-variabel tersebut terisi pada Window Loaded, seperti yang ditunjukkan di sebelah kiri.
- Seperti yang ditunjukkan pada contoh sebelumnya, variabel-variabel tersebut terisi pada saat “Window Loaded“. Jika hal ini berlaku untuk situs kamu, pastikan Pemicu Pelacakan Konversi kamu diatur untuk menyala pada kejadian yang sama.
- Kamu sudah dapat menerapkan enhanced conversions.
Sudah Paham Mengenai Google Ads Enhanced Conversions?
Dengan Google Ads Enhanced Conversions, pemilik iklan dapat memanfaatkan informasi yang lebih detail untuk meningkatkan efektivitas kampanye. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang konversi di luar platform, pemilik iklan juga dapat mengoptimalkan strategi mereka dan mencapai hasil yang lebih baik dalam upaya pemasaran online mereka.
Walaupun begitu, ada kalanya kamu masih akan kurang paham mengenai iklan Google Ads ini. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menggunakan jasa iklan Google yang memang sudah terpercaya akan kemampuannya.
Kamu dapat menggunakan jasa iklan Google dari Whello Indonesia. Tidak hanya mendapatkan iklan yang canggih, tetapi juga mengakses pengalaman luas kami dalam menangani berbagai jenis klien.
Whello telah terbukti mampu mengoptimalkan iklan untuk mencapai performa maksimal, termasuk meningkatkan Return on Ad Spend (ROAS) yang signifikan. Dengan strategi yang teruji dari tim ahli, Whello siap membantu kamu mengarahkan anggaran Google Ads kamu secara cerdas, memastikan setiap budget yang kamu keluarkan memberikan nilai terbaik.
Jangan ragu untuk mengandalkan Whello sebagai mitra pilihan yang tepat dalam memaksimalkan hasil dari kampanye Google Ads. Yuk, langsung hubungi kontak Whello dan konsultasikan kebutuhan kamu.
Apakah Enhanced Conversions berfungsi di semua jenis kampanye?
Ya, Enhanced Conversions dapat diterapkan di berbagai jenis kampanye di Google Ads, termasuk kampanye Search, Display, dan App.
Apakah Enhanced Conversions memerlukan biaya tambahan?
Tidak, Enhanced Conversions adalah fitur yang tersedia tanpa biaya tambahan. Namun, kamu perlu memastikan bahwa kampanye kamu memenuhi syarat dan mematuhi kebijakan Google Ads.
Bagaimana saya bisa memastikan Enhanced Conversions berfungsi dengan optimal?
Pantau secara rutin laporan konversi dan analisis kinerja kampanye kamu di Google Ads. Sesuaikan strategi kamu berdasarkan data yang diberikan oleh Enhanced Conversions untuk hasil yang lebih baik.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!