Meningkatkan Optimization Score Google Ads merupakan kunci untuk mengoptimalkan performa kampanye online kamu. Hal ini mencerminkan sejauh mana kampanye kamu memanfaatkan fitur dan saran yang ditawarkan oleh Google Ads untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk meningkatkan optimization score Google Ads kamu. Mulai dari membuat konten yang relevan, menggunakan kata kunci yang tepat, hingga memantau kinerja iklan secara berkala.
Daftar isi
Mengenal Google Ads Optimization Score
Sebelum mempelajari cara meningkatkannya, ada baiknya kamu mengenal sekilas mengenai tools dari Google ini. Sebagai salah satu wujud dukungan bagi para pebisnis, Google mengeluarkan tools yang membantu optimasi skor iklan yang kamu pasang pada Google.
Google Ads Optimization Score tak hanya memberikan skor yang menilai seberapa berhasil iklan yang kamu pasang, namun juga memberikan rekomendasi terbaik sesuai referensi akun Google. Sehingga, performa kampanye bisa kamu maksimalkan demi kepentingan pengembangan bisnis.
Lewat bantuan mesin berbasis AI, tools ini akan membantu kamu menganalisa miliaran akun sefrekuensi atau biasa disebut sebagai kompetitor. Jadi, melalui penilaian dan rekomendasi yang kamu terima, akan muncul rumus terbaik untuk strategi pemasaran yang bisa bisnis gunakan.
Baca juga: Manfaat Menggunakan Google Ads
Bagaimana Cara Tingkatkan Google Ads Optimization Score?
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa menunjang skor pada tools ini meningkat, setidaknya beberapa cara berikut bisa kamu terapkan:
1. Buat Konten yang Relevan dan Rapi
Kesalahan terbesar para pebisnis dalam melakukan kampanye adalah membuat iklan yang asal dan kadang tak berstruktur. Walaupun kamu memiliki skor yang tinggi, namun hal ini akan mempengaruhi penilaian publik dan mesin SERP Google itu sendiri.
Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan membuat konten yang relevan dan rapi. Kamu bisa melakukan riset mendalam pada produk atau bisnis, keadaan pasar, serta siapa target pasar kamu. Hasil riset bisa kamu jadikan patokan untuk membuat konten yang relevan.
Perhatikan juga leveling pada iklan yang kamu buat, misalnya kamu mengelompokkan iklan tertentu pada sebuah grup yang setipe. Hal ini akan membuat semacam katalog iklan yang bisa membantu publik dan mesin SERP. Ini cukup efektif untuk meningkatkan Ads Optimization Score kamu.
2. Manfaatkan Kata Kunci dengan Tepat
Iklan juga harus relevan dengan kata kunci yang sudah kamu riset sebelumnya, berdasar hasil riset pasar yang kamu miliki.
Selain itu, pastikan iklan menarik dan membuat audiens penasaran, sehingga CTR akan meningkat, karena audiens merasa konten tersebut memberikan solusi.
Kamu bisa melakukan riset mendalam untuk menentukan kata kunci terbaik, lalu memanfaatkannya. Cara terbaik adalah meratakan persebaran kata kunci, kamu juga harus menyisipkan kata kunci pada judul iklan, subheading, isi, dan bagian penutup.
Manfaatkan juga trend yang sedang terjadi, lalu kombinasikan dengan produk untuk mendapatkan kata kunci terbaik. Tambahkan pula LSI untuk meningkatkan ketertarikan mesin pencarian Google.
3. Tingkatkan Performa Landing Page
Dalam memasang iklan pada Google, pastinya kamu mengelola landing page untuk menaruh iklan tersebut. Performa yang buruk akan merusak seberapa besarnya skor yang kamu dapatkan. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan performa dari website yang kamu kelola.
Kamu bisa mulai dengan memperbaiki kebiasaan upload gambar yang terlalu besar, karena akan memakan memori lebih besar dan membuat loading lebih lama.
Setelah itu, kamu bisa meningkatkan kualitas server dan hosting. Memperbaiki setiap error juga akan meningkatkan performanya secara signifikan.
Tak hanya secara performa saja, kamu juga masih perlu tampilan yang menarik dan memudahkan pengalaman audiens. Skor Ads Optimization Score akan percuma jika pelanggan kecewa dengan penggunaan landing page yang kamu kelola.
4. Jangan Terlalu Impulsif
Walaupun mungkin sudah yakin dengan riset yang kamu lakukan, namun implementasi tak selalu seindah ekspektasi. Karena itu, penting untuk mengalokasikan kampanye dengan bijak dan tidak terlalu impulsif di awal.
Kamu perlu melakukan uji coba dan menerapkan sistem perbandingan, sehingga memastikan implementasi kampanye sudah maksimal. Kebanyakan praktisi akan membuat 2 strategi atau lebih untuk melakukan tes ombak dan memahami pasar. Jika salah satu lebih efektif, besar kemungkinan hal itu yang bisa kamu gunakan.
Namun, kamu perlu memperhatikan berbagai faktor lainnya, sehingga perbandingan mendapatkan hasil yang paling optimal dalam jangka waktu tertentu.
Skor Ads Optimization Score memang akan sangat membantu, namun tetap kamu perlu melakukannya dengan bijak dan penuh perhitungan.
5. Pantau Metrik dan Kinerja Kampanye secara Berkala
Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah memantau metrik dari performa iklan, secara berkala dalam jangka waktu tertarget. Google Ads Optimization Score sendiri sudah menyediakan fitur notifikasi dan analisa kinerja dengan metrik yang mudah kamu pahami.
Kamu juga bisa menilai arah tren akan ke mana, sehingga kamu bisa menyiapkan strategi untuk mengikuti tren tersebut. Namun, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru dan terlalu mengikuti arus. Kamu tetap harus mampu memahami segmen pasar dan kemampuan bisnis.
6. Database Pelanggan dan Pelayanan Prima
Tujuan utama meningkatkan tools Google ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan bisnis yang kamu kelola. Dalam hal ini, penting untuk memelihara database pelanggan demi kepentingan masa mendatang. Kamu perlu membuat sistem CRM yang baik untuk mendukung kampanye tersebut.
Selain itu, kamu juga harus memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan, sehingga peningkatan loyalitas dan kepuasan terjadi. Kamu juga bisa menggunakan jasa internet marketing terbaik untuk membantu meningkatkan strategi pemasaran dan membantu kamu fokus pada pelayanan.
Siap Meningkatkan Google Ads Optimization Score?
Dari penjelasan di atas, kini kamu tahu bahwa tools Google satu ini memiliki manfaat yang besar untuk pertumbuhan bisnis, sehingga butuh penanganan dan perhatian khusus.
Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa iklan Google terbaik seperti layanan dari Whello Indonesia untuk membantu perkembangan bisnis.
Dengan pengalaman luas, Whello mampu mengoptimalkan iklan untuk performa maksimal, termasuk mengidentifikasi kata kunci dan opsi penargetan yang tepat, menguji variasi teks iklan, menyesuaikan penawaran dan anggaran, serta memantau performa iklan dan membuat keputusan berdasarkan data yang akurat.
Kenapa harus pakai jasa iklan Google dari Whello?
- Fokus pada hasil.
- Google Certified Partner.
- Gratis konsultasi.
Tunggu apa lagi? hubungi kontak Whello sekarang, atau lihat portofolio Whello terlebih dahulu.
Apa maksud score 100% pada optimisasi?
Jika memiliki score 100%, maka performa website kamu ada di tahap paling potensial.
Berapa angka penilaian Google Ads Optimization Score yang baik untuk kampanye bisnis?
Untuk taraf baik dan aman, setidaknya kampanye harus mendapatkan skor 80%. Namun, untuk meningkatkan manfaatnya kamu harus melakukan berbagai cara dan evaluasi untuk mendapatkan skor lebih baik.
Mengapa Google Ads Optimization Score penting?
Karena tools ini memberikan panduan tentang seberapa baik kampanye iklan yang kamu lakukan. Skor lebih tinggi menunjukkan bahwa kamu telah menerapkan strategi terbaik.
Kapan harus mengubah strategi kampanye Google?
Ketika skor menunjukkan angka dibawah 50%, karena kemungkinan besar ada yang salah dengan strategi yang bisnis kamu gunakan.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!