Setiap bisnis memerlukan strategi pemasaran (promosi) untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada banyak orang, serta menarik calon pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa tersebut.
Tidak terkecuali untuk bisnis hotel, bisnis hotel juga membutuhkan sebuah iklan untuk memasarkan hotel kamu agar dikenal oleh banyak orang.
Membuat iklan yang menarik dan berkompeten memang bukan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Kamu membutuhkan sebuah strategi yang tepat untuk memaksimalkan kinerja iklan tersebut.
Berikut 5 strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan untuk bisnis hotel kamu:
Daftar isi
1. Sediakan Fasilitas yang Lengkap
Sebelum membuat iklan, terlebih dahulu kamu harus menyiapkan fasilitas yang lengkap untuk pengunjung hotel. Karena nantinya dengan fasilitas-fasilitas hotel yang lengkap akan membuat iklan kamu semakin menarik.
Dengan fasilitas yang lengkap dan iklan yang menarik, tentunya akan mempermudah kamu untuk mendapatkan lebih banyak calon pelanggan yang loyal menggunakan jasa hotel kamu.
Fasilitas hotel bukan hanya menyediakan ruangan tidur atau ballroom tempat makan. Kamu juga harus menyediakan fasilitas-fasilitas umum yang menarik dan bermanfaat. Seperti perawatan kecantikan, laundry, fitness centre, internet gratis atau ruangan bebas asap rokok.
2. Buat Tujuan Iklan yang Jelas
Setelah semua fasilitas tersedia, langkah selanjutnya kamu harus membuat tujuan iklan yang jelas. Dengan tujuan yang jelas, maka akan mempermudah kamu untuk menyampaikan isi iklan dengan baik.
Misalnya kamu ingin menetapkan tujuan iklan untuk menawarkan fasilitas kamar hotel, ballroom hotel, atau fasilitas umum lainnya. Sehingga saat membuat iklan, kamu hanya terfokus pada satu tujuan yang ingin kamu capai.
Berikut salah satu contoh iklan hotel yang bertujuan menawarkan ballroom hotel kepada calon pelanggan:
Sumber: Aria Bario Hotel
3. Lakukan Digital Marketing
Mempunyai bisnis hotel yang sukses dan dikenal oleh banyak orang, menjadi impian setiap pemilih hotel. Pemasaran secara digital atau biasa dikenal dengan “Digital Marketing” merupakan salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan bisnis hotel kamu.
Dengan digital marketing, mempermudah kamu menjangkau klien di berbagai daerah, bahkan dunia, hotel kamu akan dikenal banyak orang, serta biaya yang kamu keluarkan juga akan lebih sedikit dibandingkan beriklan secara tradisional.
Ada beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu lakukan, seperti content marketing, media sosial marketing, Google Ads, atau video marketing.
Baca juga: 5 Tips Digital Marketing yang Efektif Untuk Bisnis Hotel
4. Buat video yang menarik dan berkualitas
Selain konten gambar, alangkah lebih baik jika kamu membuat iklan berjenis konten video. Video bisa ditayangkan di website atau channel youtube. Iklan berjenis video dianggap efektif untuk strategi pemasaran bisnis hotel.
Ikan video menampilkan pesan melalui cerita, sehingga calon pelanggan tidak bosan ketika melihat iklan kamu. Iklan video juga akan terlihat lebih jelas dan nyata dalam menggambarkan (memperkenalkan) hotel kamu.
Kamu bisa meminta agensi digital marketing atau jasa pembuatan video untuk membuat video yang sesuai konsep hotel kamu. Walaupun biayanya lebih mahal namun hasilnya bisa lebih maksimal.
Tetapi jika kamu ingin membuat video sendiri, terlebih dahulu kamu harus membaca artikel mengenai 5 cara mudah membuat video marketing.
5. Buat Promo Menarik
Membuat promo menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian calon pelanggan untuk menggunakan jasa hotel kamu. Mereka akan mudah tertarik ketika mendengar istilah “promo”.
Promo dapat berupa promo paket menginap dilengkapi makan malam, atau promo lainnya. Kamu dapat membuat promo di hari-hari atau momen penting, seperti libur akhir/awal tahun, lebaran idul fitri, hari raya natal, atau hari raya imlek.
Berikut salah satu promo pada sebuah hotel:
Sumber: Sofyan Hotel
Jika kamu memiliki bisnis hotel dan bingung dengan strategi pemasaran untuk bisnis hotel kamu? Kamu tinggal hubungi Whello, Whello sebagai agensi digital marketing yang berasal dari Amsterdam, kini hadir di Pekanbaru dan Bali. Whello memiliki jasa promosi hotel yang akan membuat hotel kamu memiliki lebih banyak pelanggan.
Selain itu, untuk memasarkan bisnis hotel kamu, menggunakan iklan Google akan sangat efektif untuk perkembangan bisnis. Jika kamu membutuhkan jasa iklan Google, kamu bisa memanfaatkan jasa iklan Google dari Whello. Dengan pengalaman menangani klien dari berbagai industri selama bertahun-tahun, Whello memastikan iklan Google kamu lebih efektif. Tim kami yang sudah berpengalaman akan membantu mengelola kampanye iklan kamu dengan strategi yang tepat, sehingga bisnis hotel dapat mencapai target yang diinginkan dengan lebih efisien.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Apa Itu Back End Developer? Skill dan Tugas Utamanya
Pelajari tentang Back End Developer, skill yang harus dimiliki, dan tanggung jawab utama mereka dalam dunia teknologi informasi disini!
Ketahui Perbedaan Front End dan Back End Developer
Ketahui perbedaan Front End dan Back End Developer. Pahami peran penting masing-masingnya dalam artikel berikut!
Social Listening: Pahami Audiens Lewat Media Sosial
Manfaatkan social listening untuk memahami audiens Anda. Temukan tren dan opini di media sosial yang dapat mendukung di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!