Salah satu elemen marketing untuk memasarkan sebuah produk secara online menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization). SEO berperan dalam meningkat performa dalam pencarian di mesin pencari.
Sederhananya, SEO menjadi strategi untuk menaikkan sebuah ranking website atau blog hingga halaman pertama di mesin pencari, seperti Google.
Nah di artikel ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai SEO, mulai dari pengertian SEO, cara kerjanya, indikator SEO, hingga pentingnya SEO untuk website kamu.
Daftar isi
Pengertian SEO
SEO adalah upaya optimalisasi website untuk mendapatkan peringkat website di hasil pencarian Google secara organik.
Dengan mendapatkan ranking tertinggi di hasil pencarian, tentu trafik website kamu juga akan meningkat. SEO juga akan membantu kamu mendapatkan trafik yang tepat.
Untuk mendapatkan trafik tinggi yang tepat sasaran, kamu perlu mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari. Kamu perlu memahami algoritma Google, cara kerja SEO, serta indikator utama keberhasilan SEO. Hal ini akan kita pelajari pada poin selanjutnya.
Cara Kerja SEO
Setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda-beda untuk menentukan rangking sebuah website. Baik itu Google, Bing, Baidu, Yandex, dan lain-lain.
Nah di artikel ini kami hanya akan membahas algoritma Google, karena menurut Statcounter GlobalStats menunjukkan lebih dari 90% user di dunia menggunakan Google untuk melakukan pencarian. Kamu juga bisa lihat pada gambar berikut:
Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil yang relevan dan solutif untuk para penggunanya. Jadi sebagai pemilik website kamu juga harus mengikuti update algoritma tersebut agar website kamu mendapatkan penilaian yang bagus untuk menaikkan rangking website.
Melakukan optimalisasi menggunakan algoritma yang lama, juga tidak akan menghasilkan efek apapun untuk website kamu. Oleh karena itu, optimalisasi SEO yang kamu lakukan harus sesuai dengan algoritma terbaru Google.
Baca juga: Update Algoritma Google Terbaru
Indikator Utama Keberhasilan SEO
Indikator keberhasilan SEO selalu berubah sesuai dengan algoritma Google. Namun berikut 9 indikator utama keberhasilan yang bisa kamu lakukan di tahun 2021.
1. Penggunaan SSL/TLS
Semenjak 2014, Google mulai mengutamakan website yang menggunakan SSL (Secure Sockets Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Hal ini dikarenakan mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website menjadi lebih aman.
SSL adalah sistem keamanan digital yang mengizinkan komunikasi di-enkripsi di antara pengguna website dan web browser. Sedangkan TLS adalah sebuah sistem keamanan yang berkaitan dengan privasi data.
Cara mengetahui sebuah website sudah menggunakan SSL/TLS atau belum yaitu dengan melihat alamat website di browser. Jika masih diawali dengan HTTP, artinya website tersebut belum menggunakan SSL/TLS. Dan jika diawali dengan HTTPS, berarti website tersebut sudah menggunakan SSL/TLS.
Contoh website yang sudah menggunakan SSL/TLS.
Contoh website tanpa SSL/TLS.
Baca juga: Apa itu SSL/TLS?
2. Struktur URL
Struktur URL yang sederhana memudahkan mesin pencarian untuk mengenali sebuah website dan topik (niche) yang dibahas pada website tersebut.
Buatlah struktur URL yang sederhana, cukup memasukkan nama domain dan judul page yang kamu buat, berikut contohnya:
- https://whello.id/jasa-pembuatan-website.
- https://whello.id/tips-digital-marketing/apa-itu-seo.
3. Topik Konten
Sebelum membuat konten, kamu harus menentukan satu topik utama (niche website). Kemudian buat konten yang sesuai dengan topik-topik tersebut.
Misalnya topik website atau bisnis yang kamu jalankan bergerak di bidang kosmetik, maka kamu bisa membuat konten mengenai tips aman menggunakan kosmetik untuk ibu hamil, tips memilih kosmetik untuk kulit sensitif, dan konten-konten lain yang berhubungan dengan kosmetik.
Semakin banyak konten yang membahas topik yang saling berkaitan, semakin besar pula kemungkinan website kamu untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.
Hal ini dikarenakan website dengan konten yang saling berkaitan dalam topik yang sama akan mudah dikenali oleh mesin pencari.
4. Struktur Konten
Selain membuat konten yang sesuai dengan topik website, kamu juga harus membuat konten yang mudah dipahami oleh pembaca. Salah satu caranya yaitu dengan membuat struktur konten yang jelas dan rapi.
Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk membuat struktur konten.
- Gunakan heading dan subheading untuk poin-poin penting dalam konten.
Berikut contoh heading pada sebuah konten.
- Buat daftar isi (Table of Content).
Kamu bisa lihat contohnya pada gambar berikut.
- Tambahkan foto, gambar ilustrasi, infografik, atau video yang bisa membantu pembaca memahami konten kamu.
Lihat contohnya pada gambar berikut (gambar infografis):
5. Meta Tag
Meta tag adalah strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian. Meta tag akan memberitahu mesin pencari (Google) mengenai konten yang ada pada website kamu.
Meta tag terdiri dari meta title, meta description, dan meta keyword. Untuk melakukan optimalisasi meta tag, kamu bisa membaca pada artikel sebelumnya mengenai pengertian dan jenis meta tag untuk SEO.
6. Backlink
Backlink adalah link yang dipasang pada sebuah website atau blog yang mengarah ke website atau blog kamu.
Semakin banyak backlink ke website kamu, Google akan menilai website kamu memiliki kredibilitas yang tinggi. Sehingga membantu kamu untuk menaikkan rangking website.
Baca Juga: Apa itu Backlink? dan Tips Backlink Berkualitas untuk SEO Berkualitas
7. Internal Link
Selain backlink, kamu juga perlu membuat internal link.
Internal link adalah link yang mengarah dari sebuah halaman menuju halaman lain di dalam website yang sama, dimana kedua halaman tersebut saling berhubungan.
Dengan membuat internal link dalam sebuah website (konten), maka Google akan mengindex 2 halaman website sekaligus secara bersamaan. Semakin banyak internal dalam sebuah website, semakin mudah pula Google mengenal website kamu.
Baca juga: Mengenal Pentingnya Internal Link
8. Kecepatan Website
Kecepatan website juga menjadi salah satu faktor untuk menaikkan ranking website kamu pada hasil pencarian. Google juga mengatakan, semenjak 2018 kecepatan (loading) website merupakan indikator utama SEO, baik itu di desktop maupun mobile.
Jadi semakin cepat loading website kamu, maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan rangking yang lebih tinggi di hasil pencarian Google.
Baca juga: 3 Tools Untuk Mengecek Kecepatan Website
9. Search Intent
Search intent adalah hal yang diinginkan oleh kebanyakan pencarian terhadap sebuah kata kunci tertentu.
Misalnya ketika kamu memasukkan kata kunci “bunga” di Google, maka google akan menampilkan beberapa website yang membahas tentang bunga hias, lihat pada contoh berikut.
Kenapa Google menampilkan website yang membahas bunga hias? Karena kebanyakan pengguna yang mencari kata kunci “bunga” bermaksud untuk mencari bunga (tanaman) hias.
Jadi Google akan mengutamakan konten yang sesuai dengan search intent mayoritas pengguna.
Jenis-Jenis SEO
SEO terdiri dari dua jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. dimana kedua jenis SEO ini saling berhubungan, sehingga kamu juga perlu menerapkan keduanya ketika melakukan optimalisasi SEO.
A. SEO On Page
SEO On Page adalah optimalisasi SEO yang dilakukan pada website itu sendiri. Tujuan teknik ini diantaranya untuk memberikan manfaat (value) website bagi pengunjung website, memudahkan pengunjung melakukan eksplorasi website, membuat pengunjung betah berada di website, dan mempermudah mesin pencari mengerti dengan struktur website kamu.
Ada beberapa langkah optimalisasi SEO On Page yang bisa dilakukan, yaitu buat konten yang berkualitas, temukan keyword yang tepat, buat judul halaman yang menarik, hingga mengoptimalkan media yang digunakan.
Baca selengkapnya di artikel 10 tips sukses melakukan SEO On Page.
B. SEO Off Page
SEO Off Page merupakan proses optimalisasi SEO yang dilakukan di luar website. Tujuan melakukan SEO Off Page yaitu menaikkan peringkat SERP (Search Engine Result Page), meningkatkan page rage halaman website, membangun kepercayaan dan otoritas website dari mesin pencari dan menaikkan reputasi website
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk SEO Off page, yaitu memanfaatkan postingan media sosial (Facebook, Instagram, dan jenis media sosial lainnya). Kemudian lakukan link building dan guest blogging, tinggalkan komentar dan testimoni di website lain, dan manfaatkan social bookmark atau artikel directory.
Pelajari selengkapnya pada artikel 4 tips sukses melakukan SEO Off Page.
5 Alasan SEO Penting untuk Website Kamu
Berikut 5 alasan penting kenapa website kamu perlu melakukan optimalisasi SEO.
1. Website Kamu Mudah Ditemukan Dengan Berbagai Kata Kunci
Dengan melakukan optimalisasi SEO, website kamu akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian menggunakan berbagai kata kunci.
Kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens menggunakan berbagai macam kata kunci yang berhubungan dengan topik utama (niche) website kamu.
Misalnya topik website kamu adalah bunga. Ada banyak kata kunci yang berkaitan dengan bunga, misalnya bunga hias, tips merawat bunga, jual bunga murah, dan lain-lain.
2. Mesin Pencari Merupakan Sumber Informasi
Seperti yang kita ketahui, banyak orang yang melakukan pencarian melalui mesin pencari. Baik untuk menemukan berbagai macam informasi, berita, harga, informasi kesehatan, hingga informasi politik.
Itulah kenapa sangat penting bagi setiap pemilik website untuk melakukan optimalisasi SEO dan menaikkan rangking website di mesin pencarian.
3. Membuat Website Muncul di Halaman Pertama
Infront Webworks mengatakan, 91,5 persen trafik didominasi oleh website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, terutama tiga posisi teratas.
Secara berurutan, posisi pertama, kedua, dan ketiga masing-masing mendapatkan trafik sebesar 29,6 persen, 13,1 persen, dan 9,2 persen.
Maka dari itu, sangat penting untuk membuat website kamu berada di halaman pertama hasil pencarian Google.
4. Meningkatkan Brand Awareness dan Kredibilitas
Berada di posisi terbaik halaman pencarian Google akan membantu meningkatkan brand awareness bisnis dan kredibilitas (kepercayaan) pembaca terhadap bisnis kamu.
Hal ini dikarenakan website kamu mudah ditemukan di hasil pencarian Google dan diketahui oleh banyak orang. Orang-orang akan semakin familiar dengan bisnis kamu.
5. Mudah Melakukan Konversi
Jika brand awareness sudah meningkat dan bisnis kamu sudah dipercaya oleh banyak orang, tentu akan lebih mudah untuk kamu mengkonversikan pengunjung website (pembaca) menjadi pembeli.
Search Engine Land juga mengatakan trafik yang berasal dari optimalisasi SEO 10 kali lebih mudah dikonversi dibandingkan trafik di media sosial.
Demikian penjelasan mengenai SEO yang bisa membantu menaikkan rangking website kamu. SEO bukan lagi menjadi pilihan melainkan kewajiban untuk semua pemilik website. Ingin belajar banyak tentang SEO? Whello memiliki blog yang memungkinkan kamu untuk belajar berbagai hal mengenai SEO. Whello juga menyediakan jasa SEO yang bisa membantu kamu mengimplementasikannya pada website kamu, hubungi kontak Whello sekarang atau lihat portofolio Whello terlebih dahulu.
Semoga bermanfaat.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!