Pesan SEO sebagai salah satu strategi digital marketing mulai dikenal dan digunakan oleh para pemilik website (pebisnis online). Salah satu teknik SEO yang digunakan yaitu link building.
Link building merupakan strategi SEO yang bertujuan untuk mendapatkan link dari situs lain. Semakin banyak link website lain mengarah ke website kamu, maka mesin pencari akan memberikan penilaian yang bagus terhadap website kamu.
Namun, tahukah kamu bahwa dalam melakukan link building itu tak boleh sembarangan? Ada beberapa aturan tertentu yang harus ditaati oleh semua pemilik website.
Jika melakukan pelanggaran, Google bisa jadi akan memberikan penalti terhadap website kamu. Bahkan Google juga bisa melakukan take down website kamu dari hasil pencarian. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui praktik link building yang benar.
Pada artikel ini kita akan mempelajari beberapa hal mengenai link building.
Daftar isi
Apa Itu Link Building?
Link building adalah praktik SEO untuk mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website kamu.
Ada beberapa alasan kenapa sebuah website mendapatkan backlink, bisa karena kamu adalah partner bisnis dari website tersebut, atau karena website kamu berisi artikel-artikel bermanfaat.
Link building juga dikenal dengan istilah “Backlink”. Dan perlu kamu ingat bahwa Google menilai backlink dari kualitasnya, bukan kuantitas.
Backlink yang berkualitas yaitu backlink yang berasal dari website yang relevan, kredibel, dan memiliki trafik yang stabil. Backlink berkualitas walaupun jumlahnya hanya satu akan mengalahkan 100 backlink yang tidak berkualitas.
Bahkan, website yang memiliki banyak backlink dari website spamming bisa mendapatkan penalti dari Google. Website akan kembali muncul pada hasil pencarian sampai backlink tersebut dihapus pada website tersebut.
Maka dari itu, kegiatan link building yang kamu lakukan haruslah berfokus untuk mencari backlink berkualitas tinggi.
Bacaa juga: Begini tips link building untuk ecommerce
Jenis-Jenis Link Building
Berikut beberapa jenis link building yang bisa menghasilkan backlink berkualitas dan backlink yang harus dihindari.
A. Link Building Natural
Link building natural adalah link building terbaik yang bisa kamu dapatkan. Banyak orang yang akan menaruh link website kamu di website kamu.
Link building ini bisa terjadi bila:
- Orang lain memasukkan link dari konten kamu sebagai sumber informasi terpercaya.
- Orang lain menjadikan website kamu sebagai sumber tambahan bagi konten mereka (mengutip salah satu konten yang ada di website kamu).
- Melakukan interview dengan orang yang berkaitan dengan website kamu.
- Memasukkan website kamu sebagai pembuat infografis atau statistik.
Nah untuk mendapatkan link building jenis ini, maka kamu harus membuat konten berkualitas tinggi, menarik, terupdate, lengkap, serta memberikan manfaat bagi banyak orang.
B. Link Building Outreach
Link Building Outreach adalah link building yang dilakukan dengan cara menghubungi pemilik website dan meminta mereka untuk memasang link website kamu.
Jenis link building paling umum yang sering dipraktikkan, terlebih website yang baru dan belum memiliki popularitas yang baik.
Tetapi, mereka yang kamu hubungi (pemilik lain) belum tentu langsung setuju untuk memasang backlink. Kamu harus bisa memberikan alasan yang jelas dan manfaat yang akan mereka dapatkan atas backlink tersebut.
Kamu juga harus menghubungi pemilik website yang memiliki topik yang sama dengan website kamu.
Biasanya link building outreach terjadi saat:
- Kamu menjadi sponsor bagi suatu website, sehingga website kamu disinggung dalam kontennya sebagai donatur atau sponsor suatu event.
- Press release mengenai berita terbaru terkait website atau brand kamu.
- Dan terakhir menjadi Guest blogging, dimana kamu menulis artikel untuk diterbitkan di website orang lain. Lalu, memasukkan link menuju website kamu.
C. Wrong Link Building
Wrong link Building adalah link building yang salah dan perlu kamu hindari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, link building jenis ini akan mendapatkan sangsi dari mesin pencari.
Beberapa backlink yang termasuk ke dalam jenis ini adalah:
- Backlink berbayar karena Google melarang keras praktik jual-beli backlink.
- Spam di kolom komentar orang lain dengan memasukkan link website milik sendiri.
- Spam di forum online dengan sengaja membuat topik/thread yang berisi banyak backlink ke website sendiri.
Sebagai pemilik website, hindari 3 aktivitas tersebut untuk mendapatkan lebih banyak backlink yang berkualitas.
Kenapa Link Building Penting Dalam SEO?
Jika dikaitkan dengan definisi dan tujuan link building itu sendiri, maka alasan kenapa link building penting dalam SEO adalah karena jumlah link yang menuju website kamu merupakan salah satu faktor ranking yang penting menurut mesin pencari.
Artinya, jika kamu ingin menaikan ranking website kamu maka salah satu hal yang harus dilakukan yaitu bagaimana agar website kamu bisa mendapatkan banyak link dari website lain.
Tidak hanya banyak, kualitas link yang didapat juga menjadi faktor yang penting. Jika website kamu kebanyakan mendapat backlink yang berasal dari website yang isinya spam, maka malah membuat ranking website kamu semakin buruk di mesin pencari.
Cara Melakukan Link Building
Ada 5 cara melakukan link building yang bisa di diimplementasikan pada semua jenis website atau berasal dari berbagai sektor bisnis.
1. Buat Konten yang Berkualitas
Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, kamu juga perlu membuat konten yang berkualitas tinggi dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Ada beberapa jenis konten yang biasanya mendapatkan banyak backlink.
- Infografis
- Statistik
- Lembar putih (white papers)
- Panduan
- Video
- Galeri gambar
Untuk membuat konten yang berkualitas, kita sudah belajar pada artikel sebelumnya yang membahas tips menulis konten berkualitas untuk optimalisasi SEO, dimana ada 5 hal yang perlu diperhatikan:
- Tentukan topik konten.
- Gunakan kata kunci yang tepat.
- Buat judul konten yang menarik.
- Ciptakan engaging content.
- Masukkan link terkait.
Setelah membuat konten, langsung hubungi website yang relevan dengan website kamu. Minta mereka untuk memasang link konten kamu di website mereka. Ini merupakan langkah awal untuk menumbuhkan popularitas konten.
2. Guest Blogging
Guest blogging adalah link building yang dilakukan dengan cara menjadi guest (tamu) di website lain dengan menuliskan artikel untuk diterbitkan pada website lain tersebut. Kemudian sisipkan link menuju website kamu sendiri.
Pastikan guest blogging yang kamu buat memiliki kualitas yang bagus dan tidak spamming. Karena jika konten hanya spamming dan melanggar aturan Google. Maka Google akan memberikan penalti.
Jadilah guest blogging pada website yang relevan dengan website kamu, serta memiliki trafik kunjungan yang stabil.
3. Share Konten di Forum Online
Untuk mendapatkan backlink, kamu juga bisa share konten yang kamu buat pada salah satu forum online tertentu.
Karena ketika bergabung dalam sebuah forum online, kamu akan menemukan banyak orang sebagai anggota forum, terlebih jika kamu bisa bergabung di forum besar, misalnya Kaskus.
Kaskus dapat membantu kamu meningkatkan jumlah pembaca konten dan kunjungan website, karena kaskus merupakan forum yang memiliki berbagai topik seperti teknologi, kuliner, olahraga, dan topik lainnya.
Selain kaskus, kamu juga bisa bergabung di forum media sosial seperti forum di group Facebook atau group WhatsApp yang relevan dengan topik konten atau niche website kamu.
Berikut salah satu contoh share konten pada group Facebook.
4. Broken Link Building
Broken link adalah link rusak yang tak bisa diakses oleh pengunjung ataupun mesin pencari.
Dan broken link building adalah strategi yang bertujuan untuk membantu pemilik website memperbaiki broken link yang ada. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memberikan link ke website kamu.
Misalnya kamu menemukan broken link pada sebuah website, maka kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan broken link tersebut sebagai penggantinya.
Masih bingung? Singkatnya, proses broken link adalah sebagai berikut:
- Kamu melakukan riset ke website yang relevan.
- Jika menemukan broken link, kamu lihat apakah sudah ada artikel yang membahas tentang broken link tersebut? Jika belum, kamu bisa buat artikel khusus membahas broken link tersebut (selama memang relevan).
- Hubungi pemilik website untuk mengganti broken link dengan link website kamu.
5. Link Reclamation
Link reclamation adalah strategi yang bertujuan untuk mengklaim link yang seharusnya menjadi hak kamu. Strategi link building ini dibedakan menjadi beberapa macam.
A. Link 404
Jika ada website yang memasang link ke website kamu, tapi link tersebut mengarah ke halaman website kamu yang sudah tidak ada atau sudah di hapus. Sehingga muncul error 404.
Maka disini kamu bisa menghubungi pemilik website untuk mengganti link tersebut dengan halaman website kamu yang lain.
B. Mention Tanpa Link
Tak jarang ada orang yang menyebut (mention) nama website kamu tanpa memberikan link tautan. Kamu bisa menghubungi pemilik website tersebut untuk memberikan backlink ketika menyebut nama website kamu.
C. Gambar Tanpa Link Sumber
Saat menggunakan gambar yang terdapat pada website kamu, banyak juga website lain yang mungkin mengambil gambar tanpa seizin kamu. Dan ini merupakan salah satu pelanggaran hak cipta.
Disini kamu bisa mengambil kesempatan ini, hubungi mereka untuk memberikan link ke website kamu pada caption (sumber gambar).
Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Link Building
Terdapat beberapa aturan penting yang harus diketahui untuk melakukan link building. Ada 3 hal utama yang harus diperhatikan, diantaranya:
A. Terlihat Alami atau Natural
Jika kamu sengaja melakukan link building, secara teori bisa dibilang kamu sedang mencoba memanipulasi ranking di mesin pencari dan tentu saja mesin pencari tidak menyukai hal tersebut.
Tetapi, jika menunggu secara pasif agar website lain mau memberikan link, tentu akan lama sekali untuk melihat hasilnya. Lalu, bagaimana solusinya? Nah, link building itu harus dilakukan secara alami dan natural, jika dalam sehari tiba-tiba langsung mendapat ribuan backlink, atau backlink nya berasal dari website yang sejenis dengan anchor text yang itu-itu saja, maka itu bisa dibilang tidak natural.
Lakukan secara bertahap dan lakukan link building di website-website berkualitas agar link building pada website kamu disukai oleh mesin pencari.
B. Berasal Dari Website Berkualitas
Mendapatkan banyak backlink namun berasal dari website spam maka akan percuma saja. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga backlink kamu berasal dari website seperti apa. Semakin berkualitas sebuah website maka semakin tinggi pula nilai yang didapat dimata mesin pencari.
Nah, terdapat beberapa kriteria untuk mengetahui sebuah website berkualitas atau tidak, diantaranya seperti berikut :
- Memiliki trafik yang cukup tinggi.
- Aktivitas dan interaksi di website cukup baik dan selalu up to update.
- Tidak ada unsur spam.
- Mengandung konten-konten yang berkualitas.
Poin-poin diatas dapat kamu pastikan terlebih dahulu sebelum memulai link building pada website kamu agar mendapatkan backlink yang berkualitas.
C. Berasal Dari Website Dengan Topik Serupa
Jika website kamu berisi topik “web design tutorial” maka akan sangat baik sekali jika kamu bisa mendapatkan backlink dari website dengan topik serupa. Misalnya dari website tentang graphic design, dari website yang lebih cenderung membahas web design, atau dari portal-portal berita yang membahas tentang trend web design.
Semakin banyak backlink yang berasal dari website dengan topik serupa, maka semakin relevan website kamu di mesin pencarian.
Dan salah satu misi utama mesin pencari adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. Oleh karena itu, jika kamu ingin website kamu muncul di halaman pertama, maka sangat penting membuat website kamu relevan dengan keyword yang diinginkan, dan mendapatkan backlink dari website yang memiliki topik serupa.
Lakukan Link Building Untuk Website Kamu!
Itulah beberapa hal mengenai link building, semoga artikel ini membantu kamu melakukan link building. Jika kamu kesulitan melakukannya, Whello akan membantu kamu mendapatkan backlink yang berkualitas. Whello memiliki berbagai pengalaman menangani hal ini. Kamu bisa melihat pada bagian portofolio Whello. Cobain konsultasi gratis dengan salah satu team Whello yuk, hubungi kontak Whello sekarang.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!