SEO (Search Engine Optimization) adalah optimalisasi website untuk mesin pencarian agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik.
Dari hari ke hari, SEO semakin menjadi channel marketing paling favorit. Terbukti 70%-80% pengunjung Google lebih tertarik hasil pencarian organik dan mengabaikan hasil pencarian dari ads. Ini membuktikan hasil pencarian organik memiliki trust yang lebih karena memang algoritma Google saat ini mampu mengetahui website mana yang memiliki kredibilitas.
Namun perlu kamu ketahui bahwa mesin pencarian (Google) selalu memperbarui algoritmanya dalam menentukan peringkat suatu website. Yang terakhir adalah update december core algorithm pada bulan desember 2024. Walaupun pada awalnya Google mendapat kritikan dari banyak perusahaan karena perilisan update algoritma yang dekat dengan christmas mengancam dapat menganggu liburan pada pegawai perusahaan namun Google tetap melakukan rolling-out untuk algoritmanya.
Maka dari itu, optimalisasi SEO yang kamu lakukan juga harus sesuai dengan algoritma Google saat ini 2024. Walaupun saat perilisan update core algorithm beberapa waktu yang lalu Google hanya mengatakan bahwa update algoritma ini tidak jauh dengan sebelumnya, berikut kami akan berikan prediksi strategi SEO 2024 yang sesuai dengan algoritma saat ini.
Sebelum membaca lebih lanjut, saya mau memberitahukan bahwa Whello memiliki service Jasa SEO yang akan membantu perusahaan atau website kamu berada di halaman 1 Google sesuai keyword yang kamu target. Namun jika kamu ingin melakukannya sendiri, berikut strategi yang perlu kamu ketahui:[/vc_column_text]
Daftar isi
1. AI Memiliki Role Lebih Luas Terhadap Hasil Pencarian
RankBrain merupakan AI dari Google yang merubah bagaimana Google memberikan hasil pencarian kepada visitor. Yang sebelumnya mayoritas visitor harus membuka sampai ke halaman ke 2 baru mendapatkan hasil pencarian terbaik, namun dengan RankBrain hasil pencarian sudah bisa kita dapatkan di halaman 1.
“The other signals, they’re all based on discoveries and insight that people in information retrieval have had, but there’s no learning.” Greg Corrado, Senior Google Scientist.
Dari percapakan Greg Corrado tersebut, kita bisa mengartikan bahwa AI dari Google ini akan terus berkembang sesuai dengan insight yang dihasilkan dari pengguna Google. Mana yang lebih relevan, mereka yang akan ditampilkan.
Lalu bagaimana cara mengoptimasi SEO website kita untuk AI RankBrain? Well, sebenarnya tidak ada yang tahu detailnya bagaimana, namun dari beberapa insight dan tim SEO specialist Whello sendiri, kami percaya bahwa User Experience website menjadi faktor yang penting. Karena itu merupakan landasan utama agar visitor puas dengan website kita. Selain itu konten yang ditulis secara detail dan akurat juga menjadi kunci utama.
2. Pencarian Suara Memberikan Keyword-Keyword Baru
Inovasi dari Google Assistant, Apple’s Siri, dan Amazon’s Alexa menciptakan behaviour baru bagi pengguna, yaitu mencari informasi dengan voice search. Nah voice search ini, kedepannya akan terus menciptakan keyword-keyword baru khususnya keyword pertanyaan. Dimana biasanya pengguna menanyakan suatu hal, contohnya “Berapakan penduduk Indonesia pada 2024?”.
Nah dari sisi publisher atau pemilik website, kamu bisa semakin intens untuk mengoptimasi konten kamu dengan keyword-keyword pertanyaan. Agar ketika ada yang menggunakan keyword tersebut, maka website kamu akan ditampilkan di halaman 1 Google.
3. Mobile-Friendliness Berpengaruh Besar
Pada tahun 2023 lalu, Google merilis mobile-first indexing yang berfungsi untuk menilai seberapa mobile-friendly website. Ini sangat wajar karena meningkatnya pengguna smartphone dalam 5 tahun terakhir dan diprediksi pada 2025 nanti 73% pengguna internet menggunakan smartphone sebagai device sehari-harinya.
Untuk mengetahui seberapa mobile-friendly website kamu, kamu bisa mengeceknya melalui tools yang dikembangkan oleh Google yaitu Google Mobile-Friendly Test. Jika website kamu belum teroptimasi secara optimal, kamu bisa melihat panduan yang diberikan oleh Google langsung pada tools tersebut setelah hasil test website kamu keluar.
Masalah yang paling sering dialami dalam mobile-friendly adalah crawler versi smartphone Google tidak dapat mengcrawl secara keseluruhan pada versi mobile website. Akibatnya website kamu tidak terdeteksi sebagai mobile-friendly padahal ketika diakses tampilannya cukup bagus dan mobile-friendly. Hal ini biasanya akibat dari plugin atau coding yang tidak sempurna, sehingga ada function yang memblokir bot Google dalam mengcrawl website versi mobile kamu.
Berikut 4 cara dasar optimalisasi website untuk Google Mobile First Index:
- Gunakan CSS, JavaScript, atau media yang dapat membuat tampilan website yang sama jika diakses melalui desktop maupun mobile.
- Atur responsive website untuk membuat tampilan website tetap baik jika diakses di berbagai device, termasuk pada mobile.
- Tingkatkan kecepatan website.
- Dan cek performa website versi mobile, kamu bisa menggunakan tools Google Mobile atau Blisk.
Sebelum menggunakan 2 tools di atas (Google Mobile Checker atau Blisk), alangkah lebih baik jika kamu membaca artikel mengenai 3 cara optimalisasi website untuk google mobile first index.
4. Konten Dengan E-A-T Akan Lebih Diutamakan Oleh Google
Semakin banyaknya konten yang ada di internet, memaksa Google untuk mengeluarkan cara terbaru dalam menentukan mana konten yang memang dibuat oleh profesional dan mana yang hanya ditulis ulang tanpa memperhatikan kualitasnya. Untuk itulah Google merilis metode E-A-T yaitu Expertise, Authority, dan juga Trustworthiness. Apa itu E-A-T?
- Expertise
Dalam hal ini, kamu diharuskan memiliki pengetahuan dan keahlian di dalam topik yang dipilih untuk dibahas sebagai konten. - Authority
Authority disini maksudnya konten yang kamu buat tidak hanya “dibaca” oleh banyak orang saja, tetapi juga dijadikan acuan dalam menjadi informasi. Contohnya Whello, semakin banyak orang yang membaca informasi tentang digital marketing dari Whello, Google bisa mengambil kesimpulan bahwa Whello memiliki authority yang bagus dalam hal digital marketing. - Trustworthiness
Trustworthiness merupakan website yang dipandang memiliki info valid dan dipercaya oleh para pengunjung website. Mirip dengan authority, Trustworthiness merupakan penilaian yang menilai apakah website kita selalu memberikan konten yang legit, informasinya valid, dan juga dapat dipercaya.
Dengan menerapkan E-A-T dalam konten yang kamu buat, membuktikan website kamu dapat dipercaya, disukai banyak orang, dan memiliki otoritas yang lebih tinggi untuk banyak orang.
5. Konten yang Lebih Lengkap Memiliki Pengaruh Besar
Konten dengan 2000 kata lebih mendapatkan 3x lebih banyak trafik dan 4x lebih banyak share. Selain itu, konten dengan 2000 kata lebih mendapatkan 3,5x lebih banyak backlink dari website-website lain.
Hal ini karena konten yang lebih padat berarti memberikan informasi yang lebih lengkap. Namun perlu diperhatikan, jumlah kata yang lebih banyak juga harus berbanding lurus dengan informasi yang dibagikan. Jangan sampai melakukan keyword stuffing hanya agar jumlah katanya lebih banyak.
6. Featured Snippet Akan Lebih Populer
Walaupun awalnya dirilisnya featured snippet banyak pemilik website yang mengkritik Google karena dengan adanya featured snippet visitor tidak perlu lagi masuk ke website untuk mendapatkan informasi. Dengan begitu pemilik website yang penghasilannya dari ads berkurang drastis.
Namun Google membantah hal tersebut karena dalam penelitian yang dilakukan Google, visitor mayoritas mengunjungi website yang mendapatkan featured snippet karena dianggap lebih kredibilitas sehingga meningkat CTR.
Untuk mendapatkan featured snippet, kamu bisa mengoptimasinya sesuai dengan jenis website kamu. Misal website kamu tentang artikel, maka kamu bisa mengoptimasi dengan keyword-keyword pertanyaan dan memberikan jawabannya setelah keyword tersebut.
Bisa juga jika website kamu toko online, kamu bisa memasukkan kode raview/rating pada halaman produk kamu, sehingga ketika ada produk yang mendapatkan review/rating, Google bisa mengindex produk tersebut.
Baca juga: Penjelasan Lengkap Schema Markup, Solusi Untuk CTR Booster!
7. Google Discovery
Pada tahun 2017 Google merilis algoritma AI terbaru yang diklaim mampu memprediksi apa yang akan visitor cari atau memberikan apa yang visitor suka. Data ini didapatkan Google dari behaviour pengguna Google dan akan ditampilkan di homepage browser Google Chrome smartphone.
Dengan AI tersebut, Google mampu menampilkan artikel seperti apa yang disukai oleh pengguna sehingga menghasilkan tingkat CTR yang tinggi. Cara kerjanya hampir mirip dengan Tiktok yang mampu memberikan konten yang sangat relevan dan disukai oleh masing-masing pengguna.
Agar website kamu muncul di Google Discovery, kamu tidak perlu melakukan apapun. Jika konten kamu bagus dan relevan, dengan sendirinya konten kamu akan dimunculkan oleh Google kepada pengguna yang relevan.
Jadi kunci penting kembali lagi, konten yang berkualitas menjadi landasan utama.
8. Image Optimization
Visual image menjadi konten yang sangat diperhatikan oleh pengguna. Hal ini dibuktikan dengan behaviour pengguna Google Shopping yang memilih produk berdasarkan pada fotonya.
Selain itu banyak pengguna Google yang juga menganggap gambar merupakan hal penting dalam artikel. Semakin banyak gambar yang informatif dalam artikel, semakin tinggi juga kesempatan artikel tersebut berada di halaman 1 Google. Selain itu Google dan beberapa perusahaan lainnya sedang mengembangkan AI image-recognizen yang mampu membandingkan gambar 1 dengan yang lainnya.
Kita belum tahu bakal sejauh apa fungsi gambar nantinya, namun menurut kami gambar yang informatif dalam sebuah artikel dapat menambah kredibilitas. Dari sisi SEO sendiri yang perlu kamu lakukan adalah mengisi tag ALT pada gambar kamu sehingga Google mampu mengerti gambar tersebut tentang apa.
Pada tahun 2019 Google mengatakan, penggunaan Google lens sudah digunakan oleh 1 miliar pengguna setiap harinya.
Lalu, bagaimana cara optimalisasi SEO untuk pencarian gambar? Perhatikan 5 tips berikut:
- Gunakan gambar yang relevan dengan konten yang kamu buat, karena Google juga akan menilai relevansinya.
- Gunakan nama file gambar yang tepat.
- Sesuaikan dimensi gambar.
- Gunakan gambar yang responsive.
- Perhatikan ukuran file gambar yang kamu gunakan untuk menjaga kecepatan website.
Kesimpulan
Kedepannya SEO akan semakin kompleks dan terkait satu dengan yang lainnya. Namun positifnya, algoritma Google semakin bisa membedakan mana konten yang berkualitas dan mana yang tidak. Mana website yang memiliki otoritas dan trust yang tinggi dan mana yang tidak. Sehingga ini memberikan level adil yang semakin tinggi.
Nah, untuk kamu yang memiliki website, penting untuk terus menerapkan optimasi SEO dengan strategi yang tepat. Jika kamu merasa kesulitan dalam mengoptimasi SEO, kamu bisa menggunakan jasa SEO. Dengan menggunakan jasa SEO dari Whello, kamu dapat mencapai tujuan SEO kamu dan menghasilkan hasil yang signifikan. Yuk konsultasikan goals SEO kamu dengan Whello dan rasakan hasilnya!
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!