Saat ini, media sosial menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk mempromosikan sebuah produk. Atau biasa kita kenal dengan istilah “Social Media Marketing”. Ada berbagai jenis media sosial yang bisa digunakan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan jenis media sosial lainnya.
Daftar isi
Apa Itu Social Media marketing?
Social media marketing adalah salah satu metode promosi (pemasaran) produk atau jasa dengan memanfaatkan platform media sosial. Dan di Indonesia sendiri, ada 12 jenis media sosial yang bisa digunakan.
Sumber: We Are Social
Bukan hanya itu, We Are Social juga pernah mengatakan 160 juta orang Indonesia aktif menggunakan media sosial setiap harinya. Penggunaan media sosial juga terus meningkat setiap tahunnya.
Itulah alasannya kenapa social media marketing dikatakan efektif untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa dalam sebuah bisnis. Bisnis apa saja yang bisa melakukan social media marketing? Seluruh bisnis yang berasal dari berbagai sektor bisa melakukannya, tinggal pilih salah satu jenis media sosial yang tepat untuk bisnis kamu.
Bagaimana dengan social media marketing di tahun 2021?
Ada 8 hal yang bisa kamu lakukan.
1. Lakukan Facebook Marketing
Diketahui dari NapoleonCat Statistic mengatakan terdapat 169.700.000 pengguna Facebook Di Indonesia pada bulan November 2020, kira-kira 61,8% dari seluruh populasi.
Sumber: NapoleonCat Statistic
Mengingat lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan Facebook, Facebook marketing menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan sebuah bisnis.
Yang di maksud dengan facebook marketing di sini adalah promosi atau kegiatan marketing yang dilakukan menggunakan facebook secara organik Dan yang termasuk ke dalam kegiatan marketingnya misalnya membuat postingan di beranda atau facebook page.
Kamu juga bisa melihat contohnya pada gambar dibawah:
Facebook marketing membantu meningkatkan penjualan dan membangun hubungan (komunikasi) yang lebih engaging dengan konsumen. Untuk melakukan facebook marketing, perhatikan 6 tips berikut:
- Buat tujuan yang jelas.
- Kenali target pasar kamu.
- Buat konten yang menarik.
- Jadwalkan posting konten dengan baik.
- Aktif berkomunikasi dengan konsumen.
- Tetap lakukan evaluasi setiap aktivitas bisnis yang kamu lakukan.
2. Manfaatkan Layanan Facebook Ads untuk Hasil Lebih Optimal
Jika pada poin sebelumnya (facebook marketing) kamu melakukan promosi bisnis secara organik, disini kamu juga perlu menggunakan layanan Ads yang disediakan oleh Facebook. Dimana kamu akan melakukan marketing dengan membuat iklan di Facebook dan berbayar.
Membuat iklan menjadi pilihan tepat jika kamu memiliki budget khusus marketing agar kegiatan promosi bisa lebih optimal.
Biasanya iklan Facebook ditandai dengan adanya tulisan “bersponsor (sponsored)” setelah nama akun Facebook kamu, berikut contoh iklan Facebook:
Melalui iklan tersebut, kamu lebih mudah menargetkan audiens yang lebih spesifik dengan cepat. Dan kamu juga bisa menggunakan biaya yang ingin kamu keluarkan sesuai dengan keinginan kamu.
Berikut 6 tips sukses melakukan Facebook Ads:
- Tentukan tujuan iklan.
- Tentukan target audiens yang tepat.
- Buat konten iklan yang menarik.
- Pilih format iklan yang tepat.
- Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Facebook Ads.
- Konversikan iklan dengan baik.
Mungkin kamu bingung, bagaimana cara menentukan target audiens yang tepat? Fitur apa saja yang bisa digunakan? Atau bingung membuat konten yang menarik? Temukan jawabannya pada artikel 6 tips sukses melakukan Facebook Ads dan Mengenal Facebook Ads CPAS untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis yang telah kita bahas sebelumnya.
3. Lakukan Instagram Marketing
Selain Facebook Marketing, Instagram Marketing juga menjadi strategi social media marketing di tahun 2021. Data dari NapoleonCat Statistic juga menunjukkan, pada bulan November 2020 81.770.000 penduduk Indonesia aktif menggunakan Instagram.
Sumber: NapoleonCat Statistic
Instagram marketing disini maksudnya adalah promosi yang dilakukan menggunakan Instagram secara organik untuk kegiatan marketing. Misalnya membuat postingan pada feed atau instagram story mengenai bisnis kamu.
Berikut contoh kegiatan Instagram Marketing yang dilakukan pada feed:
Selain mempromosikan bisnis, Instagram Marketing juga memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan konsumen. Untuk melakukan Instagram marketing, ada 7 tips yang perlu kamu lakukan:
- Memaksimalkan profile instagram (profile picture, deskripsi singkat mengenai bisnis, kontak bisnis, stories highlight, dan hastag).
- Gunakan akun Instagram bisnis.
- Buat konten visual yang menarik.
- Buat jadwal posting yang tepat.
- Adakan promo menarik.
- Manfaatkan Influencer (selebgram, artis, model, youtuber, blogger, atau public figure lainnya).
- Dan gunakan Instagram Insight.
Mungkin diantara kamu ada yang bingung, bagaimana cara membuat jadwal posting yang tepat? Atau bagaimana cara membuat konten visual yang menarik? Temukan jawabannya pada artikel sebelumnya mengenai cara mudah jualan di Instagram.
4. Manfaatkan Layanan Instagram Ads
Sama seperti Facebook, Instagram juga menyediakan layanan Iklan berbayar yang biasa dikenal dengan istilah Instagram Ads. Dan Iklan di Instagram ini merupakan salah satu bagian produk dari Facebook.
Instagram Ads juga ditandai dengan keterangan “bersponsor (sponsored)” setelah nama akun, berikut contohnya:
Membuat iklan Instagram hampir mirip dengan membuat iklan di Facebook, dimana sama-sama dilakukan pada Facebook Ads Manager. Dan untuk membuatnya, kamu juga harus memiliki halaman Facebook (Facebook Page) terlebih dahulu.
Sebelum membuat iklan, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui 6 tips sukses membuat Instagram Ads.
- Buat strategi iklan agar iklan kamu menjadi lebih terarah dan konsisten.
- Tentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis kamu.
- Buat konten visual yang menarik (gambar atau video).
- Buat hashtag yang relevan dengan bisnis kamu (#).
- Melibatkan konsumen (follower) pada postingan agar mereka semakin loyal untuk menggunakan produk atau jasa kamu.
- Manfaatkan seorang influencer untuk meningkatkan jumlah konsumen dan keuntungan bisnis.
Kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai tips sukses melakukan Instagram Ads untuk lebih memahami 6 tips diatas. Disana kamu juga bisa menemukan cara membuat strategi iklan, cara membuat konten yang menarik, dan hashtag yang tepat untuk digunakan.
Kemudian kamu juga perlu membaca artikel mengenai cara membuat iklan di Instagtram untuk mengetahui cara membuat iklan di Instagram.
5. Manfaatkan Fitur Pada Media Sosial
Setiap jenis media sosial menyediakan berbagai fitur pada masing-masing media sosial. Misalnya Instagram memiliki fitur Questions, Polling, Countdown, dan fitur lainnya. Atau Facebook menyediakan fitur Room, Watch, Marketplace, Group, atau Game.
Gunakan fitur pada media sosial sesuai dengan fungsi dan kebutuhan bisnis kamu. Berikut contoh penggunaan fitur marketplace pada Facebook.
6. Memaksimalkan User Generated Content
User generated content adalah postingan konsumen yang pernah menggunakan atau mempromosikan produk kamu pada akun media sosial mereka.
Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan banyak orang terhadap sebuah bisnis, serta apresiasi pemilik bisnis terhadap konsumen agar konsumen semakin loyal untuk menggunakan produk kamu.
Dibawah ini salah satu contoh user generated content pada akun Instagram:
Berdasarkan contoh diatas, sebuah bisnis (Zero Waste Indonesia) melakukan user generated content dengan melakukan repost salah satu instagram story konsumen pada instagram story akun bisnis mereka dalam rangka #31dayzerowastechallenge yang diadakan oleh Zero Waste Indonesia.
7. Lakukan Remarketing
Remarketing adalah cara yang efisien untuk menampilkan iklan spesifik kepada mereka yang pernah mengunjungi website kamu sebelumnya.
Remarketing dapat membuat mereka semakin yakin untuk melakukan transaksi (pembelian). Remarketing dapat dilakukan melalui Google Ads maupun Facebook Ads. Dan salah satu cara yang paling banyak digunakan yaitu Facebook Retargeting Ads menggunakan Pixel.
Untuk melakukan remarketing, ada 4 tips yang perlu kamu perhatikan:
- Lakukan segmentasi audiens berdasarkan usia, gender, penghasilan, status sosial, atau kebiasaan konsumen.
- Lakukan pada waktu yang tepat.
- Lakukan pembaruan konten yang menarik.
- Tawarkan harga promo untuk menarik perhatian konsumen.
Nah untuk mengetahui secara detail mengenai 4 tips di atas, kamu bisa membaca pada artikel sebelumnya mengenai 4 tips melakukan remarketing campaign.
8. Gunakan Tools Untuk Memaksimalkan Hasil Social Marketing
Saat melakukan social media marketing, kamu juga perlu menggunakan beberapa tools untuk memaksimalkan hasil social media marketing. Misalnya untuk memaksimalkan foto atau video menggunakan VSCO, Lightroom, Canva, atau InShot, Pretty Caption untuk memaksimalkan caption, atau Spot Social untuk memaksimalkan analisis dan monitor data.
Baca juga: 5 Tools Untuk Memaksimalkan Hasil Instagram Marketing
Sebagai pemilik bisnis, apakah kamu salah satu pebisnis yang menggunakan media sosial sebagai strategi marketing? 8 strategi diatas bisa kamu lakukan di tahun ini.
Kamu juga bisa menggunakan Jasa Iklan Sosial Media terbaik dari Whello Indonesia. Whello memiliki para spesialis sosial media yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman.
Whello akan membantu membuat strategi yang dipersonalisasi untuk membantu Anda menjangkau target audiens dan mencapai tujuan bisnis Anda. Mulai dari membuat konten yang menarik hingga menjalankan kampanye iklan tertarget.
Selain itu, Whello juga telah membantu berbagai brand melakukan social media marketing, dan beberapa alasan lain memilih Whello:
- Fokus pada hasil.
- Memiliki tim yang lengkap (Designer, Digital Marketing Consultant, dan lain-lain).
- Google Certified Partner.
- Gratis konsultasi.
Hubungi kontak Whello untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello dan dapatkan informasi penting lainnya.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!