Tahun 2020, Instagram menjadi media sosial ke empat terbanyak digunakan di Indonesia. Hal ini diketahui dari data we are social (Hootsuite) pada tahun 2020, kamu bisa melihat datanya pada gambar berikut.
Sumber: we are social (Hootsuite)
Data dari NapoleonCat pada October 2020 juga menunjukkan, di Indonesia terdapat 81.630.000 users aktif menggunakan Instagram setiap harinya.
Sumber: NapoleonCat
Nah melihat data tersebut, Instagram menjadi salah satu pilihan media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis kamu. Dan Instagram sendiri menyediakan layanan Ads yang biasa dikenal dengan istilah Instagram Ads.
Daftar isi
Apa itu Instagram Ads?
Instagram Ads adalah media iklan yang disediakan oleh media sosial Instagram. Kamu bisa menampilkan iklan pada feed instagram dan instagram stories.
Jika kamu sudah pernah membuat Facebook Ads, seharusnya kamu tidak lagi kesulitan membuat Instagram Ads. Karena semenjak instagram bergabung dengan Facebook, media iklan ini disatukan dalam Facebook Ads Manager. Dan langkah-langkah membuat Instagram Ads hampir mirip dengan langkah membuat Facebook Ads.
Untuk kamu yang memerlukan bantuan dalam mengelola campaign dari iklan Instagram atau Facebook bisnis kamu, kamu bisa menggunaan jasa iklan Instagram dari Whello. Nah untuk membuat Instagram Ads, kamu juga harus memiliki halaman Facebook terlebih dahulu.
Tips Sukses Beriklan di Instagram Ads
Sebelum membuat iklan, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui 6 tips sukses membuat Instagram Ads.
- Buat strategi iklan agar iklan kamu menjadi lebih terarah dan konsisten.
- Tentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis kamu.
- Buat konten visual yang menarik (gambar atau video).
- Buat hashtag yang relevan dengan bisnis kamu (#).
- Melibatkan konsumen (follower) pada postingan agar mereka semakin loyal untuk menggunakan produk atau jasa kamu.
- Manfaatkan seorang influencer untuk meningkatkan jumlah konsumen dan keuntungan bisnis.
Untuk lebih memahami 6 tips diatas, sebenarnya kamu pernah mempelajarinya pada artikel sebelumnya, yaitu artikel mengenai tips sukses melakukan Instagram Ads. Disana kamu bisa menemukan cara membuat strategi iklan, cara membuat konten yang menarik, dan hashtag yang tepat untuk kamu gunakan.
Cara Membuat Instagram Ads
Untuk membuat Instagram Ads, tinggal ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka halaman Facebook Ads Manager .
2. Klik tombol “Buat Iklan”.
3. Tentukan Tujuan Iklan.
Selanjutnya, tentukan tujuan iklan yang ingin kamu capai. Ada tiga kategori tujuan iklan yang bisa kamu pilih, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.
a. Kesadaran
- Kesadaran Merek: Bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau audiens yang tertarik dengan bisnis kamu.
- Jangkauan: Menampilkan iklan kamu pada jumlah maksimal audiens yang sesuai dengan anggaran biaya yang kamu keluarkan.
b. Pertimbangan
- Lalu lintas/Trafik: Meningkatkan jumlah kunjungan ke website atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi kamu.
- Interaksi: Mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada event yang kamu buat, seperti promo atau diskon.
- Pemasangan aplikasi: Tujuan iklan ini berguna bagi kamu yang menginginkan para audiens menginstal aplikasi yang kamu buat.
- Penayangan video: Bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton video yang kamu buat.
- Pembuatan prospek: Untuk mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk kamu, data tersebut dapat berupa alamat email atau nomor telepon.
- Pesan: Mengajak target audiens untuk mengirim pesan ke media chatting kamu, seperti Messenger, WhatsApp, atau Line.
c. Konversi
- Konversi: Bertujuan untuk meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website kamu.
- Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan mengenai produk katalog kamu sesuai dengan target yang telah kamu tentukan.
- Kunjungan toko: Jika kamu memiliki toko offline atau toko fisik, silahkan pilih bagian ini untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi toko kamu
Misalnya disini saya memilih tujuan iklan untuk “Meningkatkan interaksi”. Kemudian klik “Lanjutkan”.
4. Masukkan Nama Kampanye.
5. Set Nama Iklan dan Tentukan Anggaran serta Jadwal Iklan.
Disini kamu bisa menentukan anggaran harian yang ingin kamu keluarkan, atau anggaran sepanjang masa promosi (dimulai dari tanggal iklan ditayangkan hingga tanggal iklan berakhir).
Dan untuk menentukan jadwal tayang iklan, masukkan tanggal mulai dan berakhir iklan ditayangkan.
6. Tentukan Target Audience.
Pada bagian ini, kamu dapat menentukan target audiens yang kamu inginkan, misalnya berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, dan penargetan terperinci (demografi, minat, dan perilaku).
7. Tentukan Penempatan Iklan.
Terdapat dua pilihan untuk penempatan iklan, yakni penempatan otomatis dan penempatan manual.
Jika kamu memilih penempatan otomatis, iklan kamu akan ditampilkan di Facebook, Instagram, dan semua aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook. Tetapi jika kamu memilih penempatan manual, kamu bisa memilih menampilkan iklan di Instagram saja.
8. Tentukan Optimasi dan Pengiriman Penayangan Iklan.
Pengoptimalan untuk penayangan iklan bisa terdiri dari 4 pilihan:
- Penayangan Halaman Tujuan
Facebook akan menayangkan iklan kamu ke orang yang kemungkinan besar akan mengklik tautan iklan dan membuat situs website atau instant experience. - Klik Tautan
Facebook akan menayangkan iklan kamu kepada orang yang kemungkinan besar akan mengkliknya. - Impresi
Facebook akan menayangkan iklan kamu kepada orang-orang sebanyak mungkin. - Jangkauan Unik Harian
Facebook akan menayangkan iklan kamu ke orang-orang sedikitnya sekali setiap hari.
Kemudian tentukan kontrol biaya, Facebook akan menargetkan untuk membelanjakan seluruh anggaran kamu dan mendapatkan tayangan halaman tujuan terbanyak menggunakan strategi tawaran biaya terendah.
9. Klik tombol “Selanjutnya” pada pojok kanan bawah.
10. Masukkan kembali nama iklan, halaman facebook dan akun instagram.
11. Pilih Format Iklan yang Akan Digunakan.
- Gambar atau video tunggal: Tampilan Iklan yang menggunakan 1 gambar atau 1 video saja.
- Carousel: Tampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.
- Tayangan Slide: Tayangan iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar.
- Koleksi: Iklan dapat berupa gabungan gambar dan video.
Instagram akan menampilkan pilihan format iklan berdasarkan tujuan iklan yang ingin kamu capai.
12. Masukkan Materi Iklan.
Masukkan beberapa informasi dibawah ini:
- Media (gambar atau video) yang akan kamu gunakan.
- Penempatan iklan (feed atau stories).
- Teks (deskripsi iklan).
- URL website kamu.
- Dan ajakan untuk bertindak (CTA).
13. Pilih Bahasa yang akan Digunakan.
14. Buat Pelacakan.
Pelacakan disini maksudnya fitur tracking online yang disediakan oleh Facebook untuk merekam data pengunjung website yang datang ke website kamu. Nama fitur tersebut yaitu “Facebook Pixel”.
Facebook Pixel memiliki cara kerja yang sama seperti website code stats atau situs tracker online lainnya, seperti Google Analytics, Site Meter dan lain sebagainya. Setiap visitor yang datang ke website, baik secara organik maupun melalui ads (termasuk Facebook Ads) akan di record dan dikumpulkan menjadi data audiens khusus.
Data-data ini dapat kamu kamu gunakan untuk:
- Melakukan remarketing.
- Mengetahui halaman atau URL yang mereka kunjungi atau halaman yang jarang dikunjungi.
- Pengoptimalan halaman yang website.
- Melakukan evaluasi untuk strategi bisnis berikutnya.
Bagaimana cara menggunakan facebook pixel? Temukan jawabannya pada artikel sebelumnya mengenai facebook pixel.
Centang bagian “Peristiwa Situs Web” untuk menghubungkan iklan dengan Facebook pixel.
15. Tinjau Iklan Sebelum Diterbitkan.
Sebelum menayangkan iklan kamu, kamu bisa bisa melihat iklan yang akan tayang pada tab “Tinjau” pada sudut kanan atas.
16. Klik tombol “Terbitkan” untuk Menampilkan Iklan.
17. Lakukan Pembayaran.
Lakukan Pembayaran Iklan pada halaman pembayaran.
Pembayaran iklan dapat dilakukan melalui kartu kredit, bank transfer, doku wallet, OVO, bank transfer mandiri, atau kredit iklan facebook. Kamu bisa membaca panduan cara melakukannya pada artikel sebelumnya mengenai cara pembayaran Facebook Ads .
Setelah melakukan pembayaran, Facebook akan mereview iklan kamu dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.
Demikian beberapa penjelasan beserta tutorial membuat instagram ads, jika ada hal yang membuat kamu ragu atau ingin dipertanyakan, tinggalkan komen di kolom komentar dibawah ya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Customer Retention: Definisi, Manfaat, dan Strategi
Pelajari cara mempertahankan dan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan memahami definisi, manfaat, dan strategi Customer Retention!
Pentingnya Programmatic Ads Untuk UMKM dan Cara Kerjanya
Optimalkan eksposur bisnis UMKM dengan Programmatic Ads. Pelajari cara kerjanya untuk mengoptimalkan pengeluaran iklan secara efisien.
Cara Menggunakan Meta Ads Automation Untuk Para Pengiklan
Optimalkan strategi iklan kamu dengan menggunakan Meta Ads Automation. Pelajari caranya untuk hasil yang lebih efektif dalam artikel ini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!