Ketika wisatawan mencari informasi mengenai tempat penyewaan, penginapan (hotel) untuk beristirahat, biasanya mereka akan langsung menelusuri salah satu mesin pencarian, seperti Google.
Mereka cenderung lebih percaya dan langsung membuka hasil pencarian yang mereka lihat pada halaman pertama Google. Misalnya seperti contoh dibawah ini:
Berdasarkan hasil pencarian diatas, tentunya mereka akan langsung mengklik situs PegiPegi, Traveloka, atau Booking.com (hasil pencarian di halaman pertama). Maka dari itu, akan lebih baik jika website hotel kamu juga muncul di halaman pertama pencarian Google.
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya yaitu dengan melakukan optimalisasi SEO (Search Engine Optimization). SEO yaitu usaha mengoptimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian Google.
SEO mengacu kepada optimalisasi website, baik dalam hal penggunaan keyword, konten, kecepatan website, dan lain-lain. SEO juga dapat dilakukan secara organik (tidak berbayar).
Berikut adalah 6 tips SEO untuk website hotel kamu:
Daftar isi
1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat
Kata kunci (keyword) menjadi salah satu elemen website yang sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO. Dalam penggunaan kata kunci, kamu harus menggunakan kata kunci yang tepat untuk website kamu.
Kata kunci yang tepat akan membantu website kamu mudah ditemukan pada mesin pencari. Dalam hal ini, ada beberapa tools yang dapat membantu kamu:
- Google Keyword Planner
- KWFinder
- Google Suggest
Apakah sebelumnya kamu sudah pernah menggunakan 3 tools diatas? Tools mana yang biasa kamu gunakan? Jika belum pernah, kamu bisa membaca artikel mengenai 3 cara mudah temukan kata kunci untuk lebih mengenal dan mencoba menggunakannya.
Baca juga: Mengenal Istilah Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword
2. Buat Judul Halaman yang Menarik
Selain keyword, kamu juga harus memperhatikan judul halaman yang kamu buat. Judul merupakan bagian pertama yang dibaca oleh visitor sebelum melanjutkan membaca isi dari halaman tersebut.
Jika visitor menemukan sebuah halaman website hotel dengan judul yang menarik, tentu mereka akan semakin penasaran dan mengklik halaman tersebut.
Tetapi perlu kamu ingat, sertakan kata kunci (keyword) pada judul halaman yang kamu buat.
3. Meta Description yang Menarik
Meta description merupakan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman website. Meta description digunakan pada hasil mesin pencari untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut.
Berikut contoh meta description :
Dengan meta description yang menarik, akan meningkatkan jumlah visitor website semakin tinggi. Berikut tips membuat meta description yang menarik:
- Gunakan bahasa yang menarik.
- Tidak lebih dari 155 karakter.
- Gunakan simbol dan angka.
- Masukkan kata kunci (keyword) yang kamu gunakan.
- Mengandung manfaat bagi visitor (pembaca).
4. Fokus pada Pembuatan Konten yang Menarik
Dengan konten yang menarik dapat menjadi daya tarik visitor untuk betah berada di website kamu, bahkan dapat membuat mereka menggunakan jasa hotel kamu.
Selain menarik, konten yang kamu buat juga harus berkualitas. Untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas, kamu bisa membuat beberapa jenis konten, seperti artikel, video, audio, gambar.
Semakin bervariasi konten yang kamu buat, maka semakin mudah untuk kamu mendapatkan lebih banyak calon pelanggan.
Berikut contoh konten video yang cukup menarik:
Sumber: Rotana Hotels and Resorts
5. Buat Blog di Website
Dengan menyediakan blog pada website, dapat membantu meningkatkan trafik website dan mempengaruhi pengunjung website untuk menggunakan jasa hotel yang kamu tawarkan.
Selain itu, mereka juga akan betah dan berkunjung kembali ke website kamu, karena kamu menyediakan artikel-artikel yang memberikan value (manfaat) bagi pengunjung.
Kamu dapat membuat beberapa artikel yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan tempat penginapan (hotel). Misalnya artikel yang berjudul “Tips Memilih Kamar Hotel” atau “Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Meninggalkan Kamar Hotel”.
Baca juga: 5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO
6. Perhatikan Kecepatan Website
Kecepatan website akan sangat berpengaruh terhadap trafik pengunjung website kamu. Misalnya ketika seorang visitor mengakses website kamu dengan loading yang lama, maka visitor tersebut tidak akan merasa nyaman dan tidak betah berlama-lama berada di website kamu.
Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kecepatan website kamu. Untuk mengetahui kecepatan website, ada 3 tools yang bisa kamu gunakan:
- Google PageSpeed
- GTMetrix
- Pingdom
Untuk mengetahui cara menggunakan 3 tools diatas, kamu bisa membaca artikel mengenai 3 tools untuk mengecek kecepatan (speed) website.
Nah, itulah 6 tips SEO yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan visibilitas website hotel kamu pada mesin pencari. Namun apakah teknik optimalisasi SEO dilakukan sekali saja? Tentunya tidak, kamu harus selalu mengevaluasi kinerja SEO secara bertahap dan berkelanjutan. Untuk mengevaluasinya, kamu bisa membaca artikel mengenai cara mengevaluasi kinerja SEO .
Happy Learning.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!