7 Istilah Penting dalam SEO yang Perlu Kamu Ketahui

1 menit

Sebelum mengenal lebih jauh tentang SEO, akan lebih baik jika kamu berkenalan dahulu dengan beberapa istilah yang terdapat didalamnya. Banyak sekali istilah-istilah yang perlu diketahui agar tidak salah dalam mengimplementasikannya. Berikut akan dijelaskan beberapa istilah yang wajib kamu ketahui dari SEO (Search Engine Optimization). Dengan begitu perjalanan bisnis anda dalam dunia internet yang menggunakan jasa website akan semakin baik dan efisien. Namun bagi kamu yang telah memahami beberapa istilah dalam SEO, akan lebih baik jika memperhatikan  kembali beberapa istilah lain yang mungkin belum diketahui atau kamu lupakan.

Istilah SEO yang Wajib Diketahui

Berikut ada beberapa contoh istilah-istilah dalam SEO yang wajib diketahui. Meskipun tidak seluruhnya, namun setidaknya bisa dijadikan sebagai sarana refrensi kamu:

1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau yang sering dikenal dengan SEM merupakan metode yang digunakan untuk memasarkan website maupun produk di internet dengan menggunakan mesin pencari. Dalam SEM terdapat dua hal penting yang menjadi dasar, yakni SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click). SEO merupakan metode untuk memasarkan website menggunakan konten didalam website itu sendiri dengan tujuan agar memperoleh peringkat teratas di mesin pencari. Sedangkan PPC merupakan metode memasarkan konten maupun produk yang ada di website dengan cara membeli klik pada jasa mesin pencari.

2.Backlink

Backlink merupakan link yang terdapat di sebuah website ataupun blog lain kemudian mengarah ke website kamu. Nah, semakin banyak backlink yang kamu miliki, maka semakin bagus juga website kamu pada mesin pencari.

3. PageRank

PageRank merupakan sebuah indikator yang digunakan untuk melihat tingkat kepopuleran dari sebuah website. Dimana nantinya algoritma google yang akan menentukan pageRank website kamu. Halaman tersebut akan menyebar ke seluruh dunia, sehingga semakin banyak link yang mengarah dalam halaman website kamu, maka semakin bagus juga tingkat kepentingan dari website yang kamu miliki.

4. Linkbait

Linkbait merupakan sebuah website yang digunakan untuk menarik backlink lebih banyak. Biasanya berbentuk sebuah artikel, foto maupun video. Misalkan sebuah website berjenis sosial bookmarking seperti halnya digg atau stumbleupon. 

5. Anchor Text

Anchor Text dikenal juga dengan istilah teks jangkar. Anchor Text biasanya berupa kata yang dapat diklik dalam sebuah konten, jika kamu mengklik kata tersebut akan memiliki anchor text dan akan mengarah ke sebuah alamat website. Istilah ini berfungsi agar mesin pencari dapat mengenal website tersebut dengan kata yang kamu pilih.

6. NoFollow

NoFollow bertujuan untuk memberikan sinyal kepada google, bahwa link yang tertera dalam blog/website yang dimiliki tersebut tidak mengarah ke link yang tertera. Sehingga dengan adanya atribut (NoFollow) ini google tidak akan menganggap link yang terdapat dalam blog/website ini. Sehingga tidak akan menaikkan nilai yanga ada dalam PageRank dari sebuah blog yang tertera dalam link.

7. Title Tag

Title Tag bisa diartikan sebagai judul dalam sebuah konten. Meletakkan title tag yang didalamnya mengandung kata kunci atau keyword dalam sebuah konten kamu, maka akan membantu mesin pencari dalam melacak konten kamu. Hal ini dapat menaikkan peringkat konten dalam mesin pencari.

Beberapa contoh istilah-istilah dalam SEO diatas merupakan sebagian kecil dari banyak istilah-istilah SEO. Namun dengan beberapa contoh tersebut bisa dijadikan refrensi untuk mengenal lebih jauh lagi tentang istilah dalam SEO. Sebab, jika kamu tidak mengerti istilah-istilah tersebut maka dalam mengimplementasikan blog/website akan sulit berada di peringkat teratas. Dengan begitu pengasilan juga akan lebih sedikit ketimbang yang memahami. Dengan demikian akan sangat penting jika kita memahami istilah-istilah tersebut.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *