Pada tanggal 2 maret 2020, pemerintah Indonesia mengkonfirmasi bahwa Indonesia sudah memiliki 2 kasus positif covid-19. Sejak saat itu, secara bertahap virus ini memberikan dampak negatif ke berbagai sektor ekonomi, termasuk mungkin bisnis kamu. Mulai dari UMKM hingga perusahaan besar terkena dampaknya, hingga terjadi PHK besar-besaran dimana-mana.
Tapi percayalah, di kondisi krisis seperti ini masih ada peluang yang bisa kita manfaatkan. Positifnya adalah, pemerintah Indonesia hingga saat ini tidak melakukan lockdown total. Pemerintah Indonesia hanya melakukan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga kegiatan ekonomi masih bisa berjalan walaupun terbatas.
Meskipun keadaan seperti ini, pasti ada peluang yang bisa dimanfaatkan agar bisnis tetap berjalan. Bagaimana caranya? Jawabannya dengan menggunakan strategi marketing yang tepat. Mari kita bahas bersama.
Daftar isi
1. Fokus Menjalankan Bisnis Kamu Secara Online
Inti dari kebijakan physical distancing dan PSBB adalah mengurangi kontak langsung dengan orang-orang atau berkumpul dalam skala besar. Karena itulah berbagai kegiatan yang melibatkan orang dalam skala besar untuk sementara ditiadakan. Beberapa kegiatan juga ada yang dialihkan menggunakan media secara online.
Tentu hal ini berdampak langsung pada berbagai bisnis khususnya yang mengharuskan pembeli datang ke toko. Contohnya cafe, restoran, jual beli laptop, baju, retail, dan berbagai industri lainnya. Nah sebenarnya kamu masih bisa tetap menjalankan bisnis kamu, caranya dengan mengalihkan bisnis kamu dari offline menjadi online.
Contohnya dengan membuat akun media sosial. Lalu dalam akun tersebut ada berbagai informasi mengenai produk yang kamu jual seperti harga, kualitas, kelebihan, bahan, dan lain-lain. Sehingga kini pelangganmu bisa membeli produk melalui akun media sosial kamu.
Lalu untuk pembayarannya bagaimana? Bisa melalui transfer bank sehingga transaksi menjadi cashless dan lebih aman. Setelah itu barang yang dibeli oleh pelanggan kamu bisa kamu kirim sendiri atau menggunakan jasa ekspedisi.
Nah dengan begitu bisnis kamu tetap bisa berjalan bukan? Prinsipnya sama seperti biasanya, hanya saja saat ini kamu berjualan secara online (social media atau website)
2. Tingkatkan Brand Awareness
Saat ini adalah saat yang paling tepat untuk meningkat brand awareness bisnis kamu. Kenapa?
- Hampir seluruh masyarakat saat ini berada di rumah dan melakukan berbagai kegiatan mereka secara online. Baik itu mengerjakan tugas, kerja, mencari informasi, mengakses sosial media, dan lain-lain. Dengan begitu, ini kesempatan terbaik untuk menjalankan strategi digital marketing.
- Beberapa perusahaan memutuskan untuk berhenti melakukan campaign iklan dengan alasan menghemat keuangan mereka di tengah krisis. Nah kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk beriklan. Apa benefitnya? Harga iklan yang kamu dapatkan akan lebih murah karena tidak ada atau hanya sedikit kompetitor kamu.
Statistik dari salah satu website klien Whello yang mengalami lonjakan trafik hingga 172% sejak bulan maret 2020
Dengan budget yang sama, saat ini jika kamu melakukan iklan, kamu akan menjangkau lebih banyak audience. Jadi saat inilah waktu yang tepat untuk melakukan campaign iklan baik itu di Facebook, Instagram, maupun Google.
3. Lakukan Marketing yang Sebelumnya Tertunda
Di saat seperti ini, pasti sales dari bisnis kita berkurang. Artinya pekerjaan menjadi lebih sedikit dan banyak waktu tersisa. Dari pada waktu tersebut terbuang sia-sia, kamu bisa melakukan marketing yang belum sempat kamu lakukan.
Contohnya seperti membuat video promosi, membuat konten di instagram, menulis artikel di website untuk content marketing, dan lain-lain. Dengan begitu waktu luang kamu selama krisis ini berlangsung bisa lebih bermanfaat. Dan ketika krisis sudah selesai, brand kamu sudah satu langkah lebih cepat dalam memulai persaingan daripada kompetitor kamu.
4. Fokus Pada Customer yang Sudah Ada
Di tengah krisis covid-19, bisnis kamu pasti memiliki budget yang sangat terbatas dan kamu sangat berhati-hati dalam menggunakannya. Daripada kamu fokus mencari klien atau customer baru, lebih baik kamu mencoba up sales pada customer-customer kamu sebelumnya. Karena itu akan lebih hemat budget dan memiliki peluang yang lebih besar.
Yang bisa kamu lakukan:
- Memberi promo pada customer yang loyal
- Pembayaran Cash On Delivery atau saat barang sampai di pembeli
- Memberi komisi untuk reseller
- Gratis ongkos kirim
- Dan lain-lain menyesuaikan bisnis kamu
5. Evaluasi Brand Kamu
Di saat seperti inilah saat yang tepat untuk mengevaluasi brand kamu. Mulai dari apa keunggulan yang brand kamu miliki? Apa kekurangannya? Bagaimana cara mengatasi kekurangan tersebut? Kamu juga bisa melihat kompetitor kamu. Apa keunggulan kompetitor kamu?
Misalnya ternyata kompetitor kamu memberikan jaminan original pada produk yang mereka jual, tidak tidak original maka uang kembali 100%, atau
Selama ini brand kamu kurang memperhatikan kecepatan pengiriman produk, variasi produk dan sebagainya, maka mungkin kamu bisa mengadopsi strategi tersebut.
Sehingga kamu bisa tahu bahwa hal seperti apa yang disukai oleh calon customer kamu.
6. Lakukan Inbound Marketing
Pernah mendengar istilah outbound marketing? Teknik menyebarkan sebuah pesan ke berbagai nomor hp untuk memberikan informasi tentang produk kita? Sayangnya strategi tersebut sekarang sudah dianggap kurang relevan dan efektif. Lalu apa penggantinya?
Yaitu inbound marketing. Jadi bukan kita yang mencari customer, tapi customer yang mencari produk kita. Bagaimana cara melakukannya? Kamu bisa melakukan content marketing pada blog kamu, social media marketing, email marketing, dan lain-lain.
Apa benefitnya? Strategi ini terbukti 60% lebih hemat budget dan lebih efektif, khususnya di masa krisis seperti ini.
Contoh bisnis yang mulai mengoptimalkan social media marketing dalam menghadapi krisis saat ini.
Itulah 6 strategi yang bisa kamu lakukan agar bisnis kamu tetap bisa bertahan ditengah krisis covid-19 ini. Jika kamu merasa kesulitan untuk melakukan strategi di atas, Whello sebagai full-service digital marketing agency siap membantu kamu.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!