Tips Membuat Website Mobile Friendly

1 menit

jasa buat web pekanbaru

Website mobile friendly merupakan salah satu indikasi website yang sangat bagus, mengingat jumlah pengguna smartphone di Indonesia semakin bertambah. Sebagaimana yang kita ketahui menggunakan smartphone terkesan lebih mudah dan simple. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, membuat website mobile friendly cukup penting untuk kemajuan dan perkembangan bisnis yang kamu kelola melalui website tersebut.

Berikut beberapa tips tentang cara membuat website kamu agar mudah di akses diperangkat mobile :

1. Tidak Membuat Website Mobile Friendly Secara Terpisah

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa website yang diakses melalui smartphone terkadang mempunyai halaman dan struktur yang berbeda. Nah, dalam hal ini usahakan membuat website yang responsive yang mudah diakses pada satu direktori atau folder yang sama. Misalnya whello.id jika diakses pada mobile maka tetap whello.id bukan m.whello.id

2. Gunakan Template Yang Responsive

Responsive disini maksudnya adalah bisa diakses menggunakan perangkat apapun, dan bisa diakses oleh pengguna dengan cepat dan mudah. Hal ini mengingat tujuan mobile-friendly adalah memanjakan pengguna dari aspek apapun.

3. Selalu Menyertakan Meta Tag Viewport

Jika kamu pernah membuat website dengan tampilan yang sangat bagus kelihatannya di desktop, namun menjadi kurang “pas” ketika dibuka di browser mobile atau berantakan? Nah buat kamu yang ingin membuat desain website yang fleksible di semua browsermeta tag viewport ini sangat berguna mengatasi hal tersebut.  Tag Viewport adalah kode atau perintah yang digunakan oleh web browser untuk menentukan bagaimana skala dan ukuran konten pada perangkat tertentu.

4. Memperhatikan Ukuran Font dan Ukuran Tombol

Buat pengunjung website kamu “nyaman” dengan kemudahan dalam mengakses dan mencari informasi-informasi di website kamu. Perhatikan ukuran font dan tombol, apakah bisa dibaca, diklik atau melakukan perintah lainnya sehingga akan mempermudah pengunjung dalam mengakses website kamu.

5. Gunakan Gambar Resolusi Tinggi

Gambar beresolusi tinggi berfungsi agar saat diakses di browser mobile, gambar tidak pecah atau terlihat blur. Namun hampir seluruh gambar yang memiliki resolusi tinggi memiliki kapasitas memori yang tinggi pula, hal ini juga sangat berpengaruh dengan cepat lambatnya pengaksesan website. Kamu bisa memanfaatkan beberapa Tools kompresi gambar untuk membuat kapasitas gambar yang kamu pasang menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar yang ingin kamu tampilkan. Misalnya menggunakan tools TinyPNG. Dengan kualitas gambar yang bagus dengan kapasitas memori yang kecil maka website kamu akan menjadi lebih friendly.

6. Gunakan Video untuk Menyampaikan Details Informasi

Memanfaatkan konten video juga sangat menarik bagi pengunjung website kamu, dengan memberikan informasi menarik dan dikemas dalam sebuah video lebih membuat pengunjung lebih tertarik dibandingkan dengan pemaparan deksripsi yang panjang.

7. Testing Secara Berkelanjutan

Jangan batasi pengalaman pengguna mobile friendly website kamu, terus lakukan testing untuk memastikan kenyamanan pengguna dalam mengakses website kamu melalui perangkat apapun.  Sesuai dengan point-point sebelumnya  pastikan pengalaman pengguna dalam mengakses website yang paling diutamakan. Hal ini sangat mempengaruhi seberapa “nyamannya” pengguna dalam mengakses konten website kamu.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *