Semakin populernya sebuah situs pencarian seperti “Google”, tentu saja para pemilik website akan berlomba-lomba untuk bisa membuat konten yang dapat menarik para pengguna Google. Strategi populer agar dapat meningkatkan engagement dari sebuah konten yang ada di internet adalah dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization).
Jika kita membahas dan juga mempelajari terkait dengan SEO, kalian akan dapat menemukan istilah SERP. Namun masih belum banyak yang memahami terkait SERP dan juga cara kerjanya. Oleh sebab itu, di dalam artikel kali ini kita akan membahas terkait dengan SERP. Baik itu pengertian SERP, manfaat, cara agar dapat muncul di halaman SERP Google dan agar konten yang dibuat bisa menarik lebih banyak pengguna internet.
Daftar isi
Kenali Apa Itu SERP
SERP adalah sebuah halaman yang akan ditampilkan pada Google dan mesin pencari yang lainnya untuk menunjukkan hasil dari pencarian para penggunanya. Lebih uniknya, walaupun memakai kata kunci yang sama, tetapi tampilan SERP dapat berbeda-beda di antara para penggunanya. Google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan dari berbagai faktor yang relevan dengan para pengguna saat ini.
Baca juga: Cara Kerja Search Engine
Sebagai contohnya, tempat tinggal para pengguna, riwayat pencarian yang sudah pernah dilakukan, media sosial yang digunakan, dan juga pengaturan lainnya. Jadi, para pengguna free serp yang berada di Indonesia dan Amerika bisa saja memiliki SERP yang berbeda ketika memakai kata kunci yang sama.
Cara Agar Websitemu Bisa Muncul di Halaman SERP Google
Kepanjangan dari SERP itu sendiri adalah search engine result page itu terdiri dari tiga komponen, yaitu iklan yang berbayar, hasil organik, dan juga fitur SERP. Oleh sebab itu, ada tiga cara agar websitemu dapat muncul di SERP Google, yaitu:
1. Pakai Iklan yang Berbayar
Praktek untuk memunculkan website di dalam SERP dengan iklan berbayar ini sering disebut dengan Search Engine Marketing (SEM). Kamu harus memenangkan bidding supaya iklan dapat ditempatkan pada posisi atas SERP.
Metode yang nantinya akan digunakan adalah Pay Per Click (PPC) di mana kamu hanya harus membayar iklan tersebut bila ada orang yang mengkliknya. Jadi, kamu harus mempersiapkan budget khusus untuk iklan tersebut. Jika kamu ingin membuat bisnismu lebih mudah muncul di halaman SERP Google, maka dapat menggunakan jasa iklan google Whello
2. Optimasi SEO untuk Pencarian Organik
Agar dapat muncul pada pencarian organik di Google, kamu harus melakukan optimasi SEO dengan memperhatikan Meta Tag, yang terdiri dari meta title (judul), URL slug, dan juga meta description. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari ketiga hal tersebut:
– Meta title: judul yang nantinya muncul pada bagian paling atas dari hasil pencarian. Memiliki tujuan untuk menginformasikan isi dari kontenmu kepada para pengunjung.
– URL slug: bagian yang ada di URL atau permalink pada websitemu yang merujuk pada isi sebuah konten.
– Meta description: rangkuman pada konten website yang akan muncul pada hasil pencarian, sehingga membuat pengunjung bisa mengetahui gambaran dari kontenmu. Baca artikel sebelumnya mengenai tips membuat meta description untuk optimalisasi SEO.
Hasil pencarian organik pada SERP itu semuanya akan diambil dari database yang berisikan miliaran website bernama Google Index. Hal ini berarti websitemu wajib masuk ke dalam Google Index terlebih dahulu supaya dapat muncul organik di SERP atau search engine result page.
3. Pakai Fitur yang Ada dalam SERP
Ada banyak sekali fitur SERP yang bisa digunakan agar bisa membuat tampilan website masuk ke halaman Google secara organik, yaitu:
– Knowledge Panel : fitur SERP yang bisa menampilkan informasi utama pada sebuah kata kunci. Di pencarian mobile akan terdapat tampil pada bagian paling atas hasil pencarian sedangkan di komputer maupun laptop akan terletak di bagian kanan layar pada browser.
– Top Stories: fitur ini menampilkan berita yang paling terbaru berdasarkan dengan kata kunci pencarian yang berhubungan, google juga akan menampilkan gambar thumbnail, judul berita, alamat pada website dan waktu berita tersebut dilakukan update.
– Rich Snippets: fitur yang akan tampak lebih menonjol pada halaman pencarian karena terdapat rating yang bergambar bintang dan bisa membuat orang yang sedang melakukan pencarian lebih tertarik untuk dapat klik pada website tersebut.
– Featured Snippets: fitur yang dapat menampilkan cuplikan sebuah konten yang berasal dari sebuah website yang berhubungan dengan kata kunci tertentu. Biasanya Featured Snippets ini akan selalu diposisikan pada posisi bagian teratas atau sering disebut dengan ranking #0 di hasil pencarian pada mesin pencari.
– Kumpulan Gambar: Ini merupakan sebuah fitur yang dapat menampilkan image packs atau kumpulan gambar dari thumbnails yang menyesuaikan dengan kata kunci yang akan diketik pada mesin pencari, dan juga fitur ini bisa ditampilkan pada posisi teratas dari hasil pencarian di google. Selain fitur SERP adalah di atas dari mesin pencari google juga nantinya akan menampilkan fitur yang lainnya seperti fitur Hasil Belanja, Orang Juga Bertanya, SiteLink, Kontak Twitter, dan Hasil Pencarian Video.
– Knowledge Cards: Sebuah fitur yang akan menampilkan jawaban secara singkat dari kata kunci yang nantinya akan kita ketikan pada mesin pencari. Fitur ini akan muncul di dalam berbagai format, pertama format jawaban yang tidak harus masuk terlebih dahulu ke sebuah website dan kedua adalah jawaban yang memang mengharuskan kita untuk masuk ke dalam suatu website.
Manfaat SERP untuk Sebuah Website
Jadi bisa disimpulkan dengan menerapkan teknik SERP yang seperti penjelasan di atas, akan membuat peluang website yang nantinya kita kelola dapat menempati posisi teratas di halaman pencarian. Serta bisa membuat kemungkinan orang untuk melakukan klik pada website menjadi jauh lebih tinggi. Dengan peluang orang mengklik pada website milikmu di halaman pencarian dengan lebih tinggi, maka jumlah pengunjung pada website nantinya akan jauh lebih meningkat drastis.
Baca juga: Penjelasan Lengkap Schema Markup, Solusi Untuk CTR Booster!
Pentingnya SERP Pada Performa Website
Jika SEO begitu penting untuk meningkatkan pengunjung dari sebuah konten maupun artikel yang akan kalian buat, maka SERP juga tidak kalah penting. Hal tersebut disebabkan karena SERP dan juga SEO saling terkait satu dengan yang lainnya. SERP adalah halaman web yang akan disajikan kepada para pengguna ketika mereka melakukan pencarian dengan keyword tertentu secara online pada mesin pencari, seperti Google.
Hasil pencarian yang akan muncul di SERP mempunyai dua jenis, yakni organic results dan paid results. Selain itu, SERP juga mempunyai beberapa fitur utama yang dapat digunakan, di antaranya knowledge cards, knowledge graph, rich snippets, featured snippets, rich snippets, image packs, top stories, orang juga bertanya, dan sitelink.
Tips Agar Website Berada di Peringkat Atas SERP
Sedikit tips dan trik supaya website-mu bisa menduduki peringkat teratas dari SERP Google adalah lakukan riset pada keywords yang ingin ditulis, memahami search intent, tulis konten dan juga artikel dengan jumlah kata lebih dari 1000 kata, menempatkan keyword di dalam URL, judul, dan juga paragraf artikel, pakai meta title dan description, serta berikan backlink pada artikel.
Baca juga: 8 Strategi SEO di Tahun 2022 yang Perlu Kamu Tahu!
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!