Sebagai seorang pebisnis tentu kamu ingin bisnis kamu dikenal oleh orang banyak, salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ada beberapa media yang bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah produk, salah satunya dengan memanfaatkan Facebook ads.
Facebook Ads yaitu jasa iklan yang disediakan oleh Facebook untuk penggunanya. Facebook Ads membantu bisnis kamu menjangkau target audiens yang lebih banyak, meningkatkan brand awareness, efektif untuk berbagai tujuan bisnis, kamu juga bisa menentukan target klien yang ingin kamu targetkan.
Bukan hanya itu, pengguna Facebook juga terus meningkat setiap tahunnya. Diketahui dari Napoleon Cat Stats, pada bulan Juni 2020 pengguna Facebook mencapai 163.700.000 users. Sedang bulan juni 2021 meningkat hingga 176.500.000 users.
Pengguna Facebook Juni 2020
Source: Napoleon Cat Stats
Pengguna Facebook Juni 2021
Source: Napoleon Cat Stats
Daftar isi
Pengertian Facebook Ads
Facebook Ads (iklan Facebook) adalah media iklan yang disediakan oleh Facebook dan ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens.
Facebook Ads dapat digunakan oleh berbagai jenis bisnis, karena Facebook Ads menyediakan berbagai tujuan iklan, seperti meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan trafik website, penjualan katalog produk, dan masih banyak yang lain.
Tinggal sesuaikan dengan tujuan bisnis yang akan kamu capai. Dan dibawah ini salah satu contoh Facebook Ads. Biasanya iklan facebook ditandai dengan tag “Sponsored/Bersponsor”.
Manfaat Facebook Ads
Facebook Ads juga memiliki berbagai manfaat sebagai platform iklan yang handal untuk bisnis kamu. Apa saja manfaat membuat Facebook Ads?
1. Penargetan Audience yang Efektif
Promosi iklan akan tepat sasaran karena target audience ketika beriklan di Facebook bisa diatur sedemikian rupa. Di Facebook ads kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan berbagai aspek, misalnya berdasarkan demografi, hobi, lokasi atau perilaku yang dimiliki para audiens. Selain itu kamu juga dapat memasukkan pixel tracking yang disediakan oleh Facebook ke dalam page website agar kamu bisa menganalisis seberapa efektif iklan kamu.
2. Jangkauan Target Audience yang Lebih Luas
Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa pengguna facebook selalu meningkat setiap tahunnya. Dengan banyaknya pengguna Facebook, tentu memungkinkan kamu untuk menjangkau target audiens yang lebih luar.
Tidak hanya dalam negeri, Facebook Ads juga memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens yang berasal dari luar negeri.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Pengguna Facebook akan memeriksa news feed atau halaman beranda mereka setiap harinya. Ini merupakan kesempatan kamu agar audience bisa berulang kali menerima exposure iklan pada feed Facebook mereka, dengan begitu hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan para audience.
Jika kepercayaan audience sudah terbangun, maka brand awareness produk kamu juga akan meningkat. Akan banyak orang yang mengenal dan mengingat bisnis kamu.
4. Efektif Untuk Berbagai Tujuan Bisnis
Facebook Ads menyediakan berbagai pilihan tujuan marketing, dari mendapatkan trafik, mengumpulkan leads, download aplikasi, hingga melakukan pembelian.
Kamu dapat memilih salah satu dari pilihan tujuan marketing yang sesuai dengan bisnis bisnis kamu. Facebook Ads membantu kamu mencapai tujuan bisnis tersebut.
5. Remarketing
Sama dengan Google Ads, Facebook Ads juga menawarkan fitur remarketing. Remarketing adalah cara yang efisien untuk menampilkan iklan spesifik kepada visitor (pengunjung website) yang pernah mengunjungi website kamu sebelumnya.
Dengan adanya fitur ini pada Facebook Ads, target audience tidak hanya melihat iklan kamu di Facebook, tetapi juga di website dan aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook.
Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan buying intent target audience melalui iklan yang tersebar di Facebook, website dan aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook.
Baca juga: Tips Melakukan Remarketing Campaign
6. Analisis Lanjutan Untuk Penargetan Berikutnya
Setelah beriklan di Facebook, kamu akan mendapatkan report atau laporan hasil iklan yang telah kamu lakukan. Report atau laporan ini disusun Facebook sedemikian rupa, kamu melihat laporannya dari berbagai aspek.
Bisa dari aspek performance berapa orang yang melihat iklan kamu, berapa yang mengklik dan perbandingan harga iklan dengan jumlah kliknya atau melihat dari segi demografinya seperti laki atau perempuan yang banyak melihat iklan kamu.
Selanjutnya report ini bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk membuat iklan selanjutnya agar hasil menjadi lebih maksimal.
Biaya Facebook Ads
Biaya iklan di Facebook bisa disesuaikan dengan biaya anggaran yang akan kamu keluarkan. Iklan yang tayang nantinya akan disesuaikan otomatis sesuai dengan pengaturan yang kamu buat.
Jadi tidak perlu khawatir uang yang kamu bayar untuk beriklan akan sia-sia, iklan kamu akan tetap berjalan secara optimal. Dan Facebook Ads bisa dibilang salah satu channel iklan dengan biaya yang mudah.
Hanya dengan Rp10.000, kamu sudah bisa membuat Facebook Ads. Selain itu, Facebook Ads juga memiliki fitur pengoptimalan anggaran iklan yang memaksimalkan jangkauan iklan namun dengan biaya yang terjangkau. Jika kamu sudah mahir memilih target audiens, Facebook akan memberikan harga iklan yang sangat murah.
Baca juga: Berapa Biaya Untuk Membuat Facebook Ads?
Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Facebook Ads
Jika kamu salah satu pebisnis yang tertarik untuk membuat iklan di Facebook, pada gambar dibawah bisa dilihat, 4 hal yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat Facebook Ads.
1. Tujuan Bisnis
Sebelum beriklan tentu kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan apa yang ingin kamu dapatkan ketika beriklan. Contohnya, apakah iklan tersebut bertujuan untuk mendapatkan subscriber atau meningkatkan jumlah pengunjung website atau ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa kamu.
Dengan menentukan tujuan iklan yang ingin kamu capai, akan mempermudah kamu mencapai tujuan tersebut.
2. Target Audience yang Ingin Kamu Jangkau
Selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan target audience sesuai dengan bisnis kamu, kamu bisa menentukannya berdasarkan referensi minat audience, umur, usia, gender, atau kelas ekonomi.
Misalnya jika kamu menjual jilbab, maka target audiens kamu adalah perempuan yang suka memakai hijab, untuk usianya kamu bisa menyesuaikan dengan model hijab yang kamu jual. Atau juga menargetkan untuk semua umur (tergantung model hijab yang kamu jual).
Baca juga: 3 Cara Menentukan Target Audiens Ketika Melakukan Facebook Ads
3. Budget Promosi
Seperti yang sudah dijelaskan mengenai budget untuk keperluan iklan, kamu bisa mengeluarkan budget sesuai anggaran yang telah kamu tentukan. Kamu bisa menggunakan tipe iklan A/B testing apabila masih ragu dalam beriklan.
Tipe iklan seperti ini akan sangat berguna ketika kamu ragu tipe iklan seperti apa yang cocok untuk bisnis kamu.
4. Media Foto/Video Sebagai Konten Iklan
Terakhir yang perlu kamu persiapkan adalah media foto atau gambar dan video untuk konten iklan kamu. Jika kamu menggunakan foto atau gambar, maka kamu perlu memperhatikan beberapa aturan atau batasan yang sudah ditentukan Facebook ads, begitu juga untuk video. Pastikan juga konten yang kamu buat harus menarik perhatian banyak orang.
Baca juga: Tips Membuat Konten Untuk Facebook Ads
Nah, selain 4 hal diatas, ada satu hal penting yang perlu kamu persiapkan, yaitu Facebook Page.
5. Facebook Pages
Facebook pages (halaman facebook) merupakan hal yang harus ada sebelum kamu membuat Facebook Ads. Jika kamu belum memiliki facebook pages, maka kamu tidak bisa membuat Facebook Ads.
Berikut beberapa tips untuk membuat Facebook pages:
- Buat nama dan ategori facebook pages yang sesuai dengan bisni kamu.
- Gunakan profile picture.
- Gunakan foto sampul.
- Lengkapi informasi mengenai bisnis kamu.
Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai 4 tips di atas, kamu bisa membaca artikel mengenai tips dan cara membuat Facebook Pages.
Cara Membuat Facebook Ads
Facebook Ads dibuat melalui Facebook Ads Manager, ada beberapa tahap yang harus dilakukan, seperti menentukan tujuan iklan, menentukan nama iklan, budget iklan, materi (konten iklan), dan beberapa tahap yang lain.
Untuk mengetahuinya, kamu bisa membuka kembali artikel sebelumnya mengenai cara pasang iklan di Facebook 2021.
Tips Sukses Melakukan Facebook Ads
Untuk hasil iklan Facebook secara optimal, ada 6 tips yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya:
- Tentukan tujuan iklan.
- Tentukan target audiens yang tepat.
- Buat konten iklan yang menarik (buat konten yang visual, perhatikan relevansi konten, buat headline (judul) yang yang menarik, buat deskripsi iklan yang jelas, Call To Action (CTA).
- Pilih format iklan yang tepat (iklan gambar tunggal, iklan video tunggal, iklan tayangan slide, atau iklan carousel).
- Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan facebook ads (custom audience, retargeting, conversion tracking, lookalike audience, dan fitur lainnya).
- Dan konversikan iklan dengan baik.
Baca selengkapnya: 6 Tips Sukses Melakukan Facebook Ads
Sudah Paham Apa Itu Facebook Ads?
Facebook Ads menjadi salah satu platform iklan yang efektif dalam memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada audiens yang tepat. Dengan memanfaatkan fitur yang disediakan, Facebook Ads memberikan kesempatan bagi para pengiklan untuk memaksimalkan hasil iklan.
Gunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia untuk membuat iklan Facebook yang efektif untuk bisnis kamu. Whello memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial.
Isi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!