Untuk membuat bisnis online kamu meraih kesuksesan secara maksimal, maka kamu perlu melakukan berbagai upaya marketing secara tepat. Salah satunya dengan memanfaatkan Google tools yang dapat membantu bisnis kamu berkembang secara lebih baik.
Ada berbagai tools Google untuk kebutuhan digital marketing. Setiap tools tersebut juga hadir dengan fungsinya masing-masing sehingga kamu harus memahami setiap fungsinya agar tidak salah dalam penggunaannya.
Daftar isi
Apa Itu Google Tools?
Google tools adalah berbagai aplikasi yang disediakan Google untuk membantu bisnis semakin berkembang dalam meraih kesuksesan. Melalui alat tersebut, Google menghadirkan beragam solusi sehingga kamu bisa tahu seperti apa kinerja bisnis kamu.
Dengan alat-alat Google tersebut, kamu bisa melakukan berbagai hal seperti periklanan, analisis data, pembuatan konten, pengorganisasian, dan sebagainya.
Banyak digital marketer yang telah memanfaatkannya dan terbukti mampu mengarahkan bisnis untuk mencapai hasil lebih baik.
Rekomendasi Google Tools untuk Kamu Kuasai
Setidaknya terdapat beberapa tools Google yang perlu kamu kuasai sehingga kamu bisa menjadi seorang digital marketer kamul. Tools tersebut antara lain:
1. Google Analytics
Tools pertama yaitu Google Analytics yang memungkinkan kamu melakukan analisa terhadap website maupun pemasaran. Melalui alat tersebut, kamu dapat memantau seperti apa performa sebuah halaman website bisnis serta toko online.
Google Analytics akan memberikan informasi pada kamu tentang jumlah trafik, sumber trafik, data demografi, beragam konten viral, dan sebagainya. Melalui data tersebut, kamu dapat mengoptimalkan performa website. Kamu juga bisa menyusun strategi sehingga kinerja website lebih optimal.
Jika kamu belum familiar dengan tools satu ini, kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai cara memasang Google Analytics.
2. Google Adwords
Google Ads merupakan tools Google yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan Google pada Google Search. Nantinya iklan akan dimunculkan berdasarkan topik serta kata kunci yang sesuai dengan bisnis.
Google Ads menghadirkan banyak keuntungan dalam dunia digital marketing. Contohnya, iklan bisa terlihat oleh lebih banyak audiens karena memang Google merupakan mesin pencari yang sangat populer di dunia.
Biayanya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, kamu bisa mengatur estimasi biaya yang akan kamu keluarkan berdasarkan kata kunci yang akan kamu gunakan.
Baca juga: Belajar Google Ads untuk Berbagai Bisnis
3. Google Tag Manager
Kamu bisa memanfaatkan tools ini untuk mengolah tag sehingga kamu dapat dengan mudah dan cepat melakukan pembaruan kode pelacakan maupun fragment code terkait pada website yang kamu gunakan. Melalui tools ini, kamu juga bisa mengetahui seperti apa perilaku para pengunjung website.
Jika kamu perhatikan, Google Tag Manager memang memiliki kesamaan dengan Google Analytics. Namun terdapat perbedaan pada bagian proses tag-nya.
Proses modifikasi tag pada Google Analytics dilakukan secara manual ketika mengerjakan proses coding. Sementara proses modifikasi kode pada Google Tag Manager bisa kamu modifikasi sesuai tag yang ada.
Selain itu, Google Tag Manager juga mempunyai berbagai fungsi. Misalnya memungkinkan kamu lebih mudah dalam melakukan pengawasan pengunjung website, pemasangan Google Pixel dan Google Ads, memudahkan tracing website, dan sebagainya.
4. Google Trends
Tools Google yang juga harus kamu kuasai agar untuk menjadi seorang digital marketer profesional adalah Google Trends, tools ini akan menampilkan informasi berupa grafik statistik mengenai popularitas berbagai topik pencarian berdasarkan kurun waktu tertentu.
Google Trends sudah banyak yang memanfaatkannya untuk melakukan riset kata kunci serta mencari topik yang populer. Tools ini pertama kali rilis pada 2016, kamu dapat mengetahui apa yang sedang trending di seluruh negara.
Baca juga: Cara Menggunakan Google Trends untuk Content Marketing
5. Google Business
Google tools yang kelima dan tak kalah populer adalah Google Business. Tools Google ini memungkinkan sebuah organisasi atau bisnis mengelola kehadirannya di internet.
Melalui tools ini, kamu dapat mengedit maupun melakukan verifikasi informasi usaha. Dengan begitu, para pelanggan akan lebih mudah menemukan bisnis kamu.
Google Business juga memudahkan kamu untuk mengelola informasi apa yang hendak kamu tampilkan pada calon pengunjung atau konsumen. Melalui verifikasi informasi tersebut, bisnis kamu menjadi lebih mudah dikenal.
Selain itu, branding bisnis pun akan terbangun secara baik dan bahkan lebih besar. Misalnya ketika ada pengunjung mencari alamat bisnis kamu pada Google Maps, nantinya akan muncul informasi tentang alamat website, jam operasional, lokasi bisnis, dan sebagainya.
6. Google Search Console
Google Search Console adalah tools yang memungkinkan kamu untuk melakukan monitoring terhadap kinerja website. Kamu dapat memperoleh informasi tentang trafik, performa website, sampai backlink.
Melalui Google Search Console, terdapat banyak hal yang dapat kamu lakukan. Misalnya memudahkan kamu untuk menemukan kata kunci paling efektif.
Selain itu, kamu juga bisa tahu halaman website paling populer serta bisa mengecek broken link pada sebuah website.
7. Google Scholar
Google Scholar atau yang juga disebut Google Cendekia merupakan salah satu layanan andalan Google. Tools yang satu ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pencarian terhadap berbagai materi pelajaran.
Memang Google Scholar belum tergolong tahap dalam pembuatan konten, melainkan lebih tepat sebagai website e-learning. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kamu juga melakukan pengujian terhadap keyword maupun topik dengan menggunakan tools tersebut.
Kesimpulan
Itulah beberapa Google tools yang perlu dikuasai oleh seorang digital marketer. Ada tools yang sifatnya gratis namun ada juga yang mengharuskan kamu mengeluarkan biaya berlangganan.
Selain itu, masing-masing tools memiliki fungsi yang berbeda-beda, gunakan salah satu tools sesuai dengan kebutuhan kamu. Dan jika kamu memiliki tools lain, bisa ditulis di kolom komentar dibawah ya.
Apa yang dimaksud Google tools?
Tools Google merupakan beragam aplikasi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan. Alat-alat Google tersebut bisa kamu akses lewat web browser maupun aplikasi mobile. Banyak tools Google yang tersedia secara gratis maupun berbayar dengan harga terjangkau.
Apa itu tools dalam digital marketing?
Seperti yang diketahui bersama, tools dalam digital marketing merupakan alat untuk membantu para digital marketer dalam membidik target serta menjalankan beragam strategi marketing secara tepat. Selain itu, tools tersebut juga bertujuan agar website atau konten tepat sasaran serta SEO-friendly.
Google Search Console untuk apa?
Google Search Console merupakan layanan gratis dari Google yang dapat kamu manfaatkan untuk kebutuhan monitoring, mempertahankan, maupun memecahkan masalah terkait kehadiran website kamu di Google Search.
Bagaimana cara mengukur kesuksesan pemasaran online?
Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keberhasilan pemasaran digital yaitu mengecek hasil penjualan online melalui Google Analytics atau platform website analytics yang lain. Kamu dapat melakukan identifikasi terhadap campaign digital marketing untuk mendorong penjualan yang lebih tinggi.
Apa yang dimaksud dengan digital marketing dan berikan contohnya?
Digital marketing merupakan aktivitas pemasaran, termasuk di dalamnya branding dengan memanfaatkan berbagai media, misalnya website, blog, adwords, e-mail, dan lain sebagainya.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!