Mengenal Perbedaan VPS, Cloud Hosting dan Shared Hosting

1 menit

Mengenal Perbedaan VPS, Cloud Hosting dan Shared Hosting. Halo, sahabat Whello Indonesia semoga kamu dalam keadaan sehat selalu. Kali ini saya akan membahas mengenai mengenal perbedaan VPS, Cloud, dan Shared hosting. Terkadang kita ingin menggunakan jasa layanan hosting untuk website, namun terkendala dengan beberapa jenis dan spesifikasi hosting yang ditawarkan.

Baca juga : Mengenal perbedaan hosting, domain dan server

Banyak diantara penyedia hosting hanya menampilkan fitur tanpa menyertai perbedaan dan yang cocok untuk website kamu dari ketiga jenis hosting diatas. Nah, pada artikel ini saya akan membantu kamu untuk memberikan penjelasan lebih detail mengenai perbedaan jenis hosting tersebut untuk dapat digunakan pada website kamu.

VPS (Virtual Private Server)

VPS atau singkatan dari Virtual Private Server merupakan sebuah jenis hosting website yang bersumber daya dari satu server saja, yang kemudian dapat dibagi beberapa atau banyak server virtual yang lebih kecil.

VPS bekerja hampir sama dengan Shared Hosting, namun perbedaanya adalah pada sistem pembagian sumber daya yang tersedia. Jika kamu memilih menggunakan VPS itu artinya sumber daya atau kemampuan server hanya diperuntukkan khusus untuk Kamu dan tidak terpengaruh oleh pengguna lain yang menggunakan fasilitas VPS. Selain itu kamu dapat menyesuaikan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Kamu, dengan kata lain semua fitur atau layanan tidak ada yang mubazir.

Kelebihan dan Keuntungan VPS

  • Kamu diberikan akses langsung ke ROOT. Ini berfungsi untuk memungkinkan Kamu melakukan pengaturan sesuai keinginan dan kebutuhan website Kamu.
  • Keamanan hosting dikelola langsung secara penuh oleh pemilik VPS sehingga kamu dapat memodifikasi kemanan yang menurut kamu itu sesuai.
  • Kamu dapat menambah kapasitas VPS jika diperlukan

Kekurangan VPS

  • Harus memiliki pengetahuan yang lebih mengenai Server dan Linux
  • Biaya lebih mahal

Cloud Hosting

Cloud hosting atau biasa disebut kumpulan dari beberapa awan, pengertian ini merujuk pada penggambaran sistem kerja jenis hosting ini sendiri. Yaitu, sumber daya dari hosting ini berasal dari beberapa server terpusat yang berjalan bersamaan. Kamu dapat membuat hosting virtual kecil yang tidak terbatas dengan menggunakan jenis hosting ini. Selain itu, kamu dapat mengontrol sumber daya seperti menambah dan mengurangi.

Jenis hosting ini sering digunakan oleh pelanggan hosting, karena menggunakan teknologi terbaru cluster. Cluster memungkinkan membantu apabila salah satu server mengalami down atau bermasalah, server yang tergabung dalam satu cloud dapat mengambil alih tugas server yang down.

Intinya hosting kamu akan aman jika cloud hosting yang kamu pakai bermasalah ata down.

Kelebihan dan Keuntungan Cloud Hosting

  • Menggunakan banyak server, kemungkinan server down sangat minim
  • Lebih flexibel, tidak ada batasan untuk menambah sumber daya
  • Biaya cukup murah

Kekurangan Cloud Hosting

  • Kamu harus memiliki kemampuan teknis, karena jenis hosting ini tidak mudah digunakan.

Shared Hosting

Layanan ini paling banyak dan populer digunkan oleh para developer website. Apabila website yang kamu miliki tidak terlalu besar size dan fiturnya ada baiknya kamu menggunakan layanan ini.

Shared hosting digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna secara bersamaan. Ini yang menyebabkan kapasitas sumber daya menjadi terbatas. Biasanya kamu hanya diperbolehkan memilih 1GB hingga 2GB saja.

Layanan shared hosting tentunya lebih murah dibandingkan dengan yang lain, jika kamu dapat membandingkan beberapa penyedia hosting ini kamu akan mendapatkan selisih harga yang begitu ketat.

Kelebihan dan Keuntungan Shared Hosting

  • harga terjangkau,
  • Kemanan, pembaharuan dan pengelolaan dilakukan ileh penyedia hosting itu sendiri

Kekurangan Shared Hosting

  • Kecepatan akses hosting lambat
  • Bandwith, Diskspace terbatas
  • Jika salah satu server mengalami overload maka server yang lainnya akan terganggu

Dari berbagai layanan hosting diatas sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, itu dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan website kamu. Jika kamu memiliki size atau ukuran website yang cukup besar dan memiliki pengunjung yang begitu banyak, ada masanya kamu harus menggunakan fasilitas dan layanan hosting yang terbaik.

Semoga bermanfaat dan terimakasih. Jika kamu memiliki saran dan pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar diakhir artikel ini.

0


Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *