Perbedaan SEO, SEA dan SEM

1 menit

Sebagai pelaku bisnis digital, tentu kamu mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization). Lalu bagaimana dengan istilah SEO dan SEM? Apakah kamu pernah mendengar sebelumnya? Apakah ketiga istilah tersebut ada hubungannya satu sama lain? berikut penjelasannya.

SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti usaha-usaha mengoptimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. SEO mengacu kepada optimalisasi website, baik dalam hal pemograman, konten, metadata, serta berbagai referensi untuk meningkatkan peringkat halaman website secara organik. Dikatakan organik karena semua yang dilakukan dalam optimalisasi SEO gratis alias tidak bayar. Dengan demikian, semakin baik pemograman website kamu, konten website kamu, maka potensi website kamu untuk muncul di halaman pertama lebih besar potensinya.

SEA

SEA (Search Engine Advertising) atau biasa dikenal sebagai iklan pencarian (search advertising), iklan pencarian internet (Internet Search Advertising), atau iklan pencarian online (Online Search Advertising) yang memungkinkan kamu untuk memasang iklan berbayar dan langsung menampilkannya di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Ketika kamu menggunakan SEA, maka potensi website kamu untuk muncul di halaman pertama mesin pencari semakin besar. Perlu kamu ingat, website kamu akan muncul dalam bentuk iklan.

Coba perhatikan gambar berikut ini.

Iklan kamu akan muncul paling atas di halaman pencarian google sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Kamu bisa mengatur iklan yang kamu buat sesuai dengan kemauan kamu. Mulai dari letak iklan, konten iklan, dan biaya beriklan. Ketika ada pengguna mesin pencari yang meng-klik iklan kamu, maka kamu akan membayar biaya setiap iklan yang mereka klik. Salah satu contoh dari SEA adalah Google Ads.

SEM

SEM adalah akronim dari Search Engine Marketing. Bisa dikatakan SEO dan SEA adalah komponen kategori dari SEM. Namun SEM lebih general. Jika SEO hanya mengoptimalisasi website secara organik, dan SEA mengoptimalisasi website melalui iklan yang berbayar, maka SEM ini memastikan kedua usaha optimalisasi diatas (SEO dan SEA) berjalan secara optimal. Jika kamu melakukan SEM maka kamu akan mencoba untuk mempertimbangkan aspek-aspek selain yang ada di website dan mesin mencari, tidak hanya dari SEO dan SEA saja, namun juga dari sudut pandang audiens/pelanggan kamu.

Demikianlah perbedaan antara SEO, SEA, dan SEM. Semoga bermanfaat.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *