Sebagai pelaku bisnis digital, tentu kamu mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization). Lalu bagaimana dengan istilah SEO dan SEM? Apakah kamu pernah mendengar sebelumnya? Apakah ketiga istilah tersebut ada hubungannya satu sama lain? berikut penjelasannya.
SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti usaha-usaha mengoptimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. SEO mengacu kepada optimalisasi website, baik dalam hal pemograman, konten, metadata, serta berbagai referensi untuk meningkatkan peringkat halaman website secara organik. Dikatakan organik karena semua yang dilakukan dalam optimalisasi SEO gratis alias tidak bayar. Dengan demikian, semakin baik pemograman website kamu, konten website kamu, maka potensi website kamu untuk muncul di halaman pertama lebih besar potensinya.
SEA
SEA (Search Engine Advertising) atau biasa dikenal sebagai iklan pencarian (search advertising), iklan pencarian internet (Internet Search Advertising), atau iklan pencarian online (Online Search Advertising) yang memungkinkan kamu untuk memasang iklan berbayar dan langsung menampilkannya di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Ketika kamu menggunakan SEA, maka potensi website kamu untuk muncul di halaman pertama mesin pencari semakin besar. Perlu kamu ingat, website kamu akan muncul dalam bentuk iklan.
Coba perhatikan gambar berikut ini.
Iklan kamu akan muncul paling atas di halaman pencarian google sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.
Kamu bisa mengatur iklan yang kamu buat sesuai dengan kemauan kamu. Mulai dari letak iklan, konten iklan, dan biaya beriklan. Ketika ada pengguna mesin pencari yang meng-klik iklan kamu, maka kamu akan membayar biaya setiap iklan yang mereka klik. Salah satu contoh dari SEA adalah Google Ads.
SEM
SEM adalah akronim dari Search Engine Marketing. Bisa dikatakan SEO dan SEA adalah komponen kategori dari SEM. Namun SEM lebih general. Jika SEO hanya mengoptimalisasi website secara organik, dan SEA mengoptimalisasi website melalui iklan yang berbayar, maka SEM ini memastikan kedua usaha optimalisasi diatas (SEO dan SEA) berjalan secara optimal. Jika kamu melakukan SEM maka kamu akan mencoba untuk mempertimbangkan aspek-aspek selain yang ada di website dan mesin mencari, tidak hanya dari SEO dan SEA saja, namun juga dari sudut pandang audiens/pelanggan kamu.
Demikianlah perbedaan antara SEO, SEA, dan SEM. Semoga bermanfaat.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Cara Meningkatkan Domain Authority, Ini Langkah yang Harus Dilakukan
Domain authority merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Berikut beberapa cara meningkatkan domain authority yang bisa kamu lakukan.
Panduan Lengkap Memaksimalkan Internal Linking untuk Optimasi SEO
Tingkatkan kualitas SEO dan pengalaman pengguna pada website dengan mengoptimalkan penggunaan internal linking yang efektif. Ini panduannya!
Video Ads: Pengertian dan 7 Manfaatnya untuk Meningkatkan Branding
Sebagai content creator, kamu pasti sudah mengetahui istilah video ads. Yuk, simak penjelasan apa saja manfaatnya untuk tingkatkan branding!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!