Perbedaan WordPress.com Dengan WordPress.org

1 menit

WordPress merupakan sebuah software Content Mangement System (CMS) yang bersifat open source, maksudnya wordPress telah menyediakan beberapa fitur yang bisa digunakan secara langsung oleh pengguna. WordPress dibuat menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai penyimpanan data. WordPress dapat mempermudah kamu untuk membuat website dan mengelola konten secara online. Cara menggunakan WordPress juga cukup mudah dan WordPress dapat digunakan oleh orang yang kurang memahami pemrograman, artinya WordPress dapat digunakan oleh siapapun yang membutuhkan.

Mengapa WordPress?

1. Dengan WordPress, kamu tidak perlu membangun website dari nol sehingga kamu tidak membutuhkan waktu yang banyak ketika membuat website.

2. WordPress bisa dimodifikasi secara bebas dan tanpa batas sesuai kebutuhan si pemilik website, baik secara tampilan maupun fitur.

3. Banyak theme dan plugin yang tersedia sehingga kamu bisa mengubah tampilan dan menambahkan fitur sesuai keinginan kamu.

4. WordPress selalu dikembangkan dan diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia.

5. WordPress punya komunitas pengguna terbesar. Jika kamu mengalami kesulitan, akan banyak jawaban yang bisa kamu temukan di internet.

5. WordPress sangat mudah untuk dipelajari oleh orang awam.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com adalah layanan hosting WordPress yang dibuat oleh WordPress itu sendiri, sedangkan wordpress.org adalah platform open source yang gratis yang  dapat kamu unduh dan pasang sendiri di server web kamu, sehingga kamu dapat me-hosting  situs website atau blog kamu sendiri.  Berikut perbedaan-perbedaan yang perlu kamu ketahui:

1. Dengan wordpress.org, website kamu dikendalikan oleh penyedia layanan hosting kamu. Artinya controller terhadap website kamu bergantung pada penyedia layanan hosting. Sedangkan dengan wordpress.org kamu dapat mengendalikan website kamu secara keseluruhan, baik isi konten ataupun hosting website kamu.

2. Jumlah theme dan plugin pada wordpress.com terbatas, namun kamu bisa membeli theme dan plugin yang kamu butuhkan. Sedangkan theme dan plugin yang disediakan pada wordpress.org dapat kamu gunakan tanpa batas.

3. Maintenance website menggunakan wordpress.com terletak di tangan penyedia hosting. Namun maintenance pada wordpress.org dapat kamu lakukan sendiri sebaik mungkin.

4. SEO pada wordpress.com dapat kamu tambahkan melaui pihak ketiga, sedangkan dengan wordpress.org kamu dapat menginstal fitur SEO sendiri.

5.  Biaya menggunakan wordpress.com lebih kecil karena biaya hosting dapat kamu bayar per-bulan. Namun dengan wordpress.org lebih besar karena kamu harus mengeluarkan biaya hosting dan biaya desain yang mungkin kamu butuhkan.

Berdasarkan penjelasan diatas, diharapkan kamu dapat mengenal perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org sebelum membuat website menggunakan WordPress.

0


Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *