Apa Itu SEO On-Page dan Apa Kegunaannya?

1 menit
seo-on-pages

Sebelumnya saya sudah pernah membahas sedikit tentang SEO on-page. Agar kamu lebih paham, kali ini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang SEO on-page.  SEO on-page merupakan istilah yang berkaitan dengan optimalisasi menggunakan SEO. Kamu yang menggunakan optimalisasi SEO harus paham mengenai istilah SEO on-page. Untuk mempermudah kamu mengerti, kamu bisa melakukan optimalisasi SEO dengan website kamu sendiri. Dengan begitu kamu bisa tahu kira-kira apa saja sih konten website kamu yang bisa mengoptimalisasi website kamu. Banyak orang yang melupakan kegunaan SEO on-page dalam dunia bisnis online mereka. Padahal SEO on-page merupakan faktor yang sangat penting sebagai penentu keberhasilan optimalisasi website kamu.

Pengertian Dan Kegunaan SEO On-Page Untuk Optimalisasi Website

SEO on-page seringkali dilupakan karena dianggap membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, kamu harus sedikit bersabar kalau hendak melakukan optimasi dengan SEO on-page. Meskipun membutuhkan waktu yang lama tetapi efek yang dihasilkan cukup besar. Faktor luar memang mendukung adanya optimalisasi website. Namun banyak orang melupakan bahwa dalam melakukan optimalisasi kamu terpengaruh pada faktor dalam. Kamu harus melakukan optimalisasi dari konten website kamu sendiri. Berikut pengertian dan kegunaan SEO on-page:

Pengertian SEO On-Page

Istilah SEO on page biasa disebut juga sebagai on-page SEO. Pengertian dari istilah ini adalah serangkaian proses optimalisasi, optimalisasi dilakukan oleh Website Owner atau Web Master. Proses optimalisasi konten website diharapkan bisa berpengaruh terhadap pengguna. Tidak hanya pengguna namun juga dalam mesin pencari. Setelah menggunakan rangkaian proses optimalisasi diharapkan kamu bisa menduduki pencarian halaman pertama.

Optimalisasi Pengguna

Memahami siapa yang akan membaca konten website merupakan suatu hal yang paling utama. Ketika kamu menulis dalam sebuah website pasti kamu berharap akan dibaca oleh orang lain. Karena itu kamu harus memastikan dulu siapa yang akan berkunjung ke website kamu. Cara optimalisasi terhadap pengguna adalah dengan cara membuat tulisan semenarik mungkin. Kalau memang diperlukan membuat topik berganti-ganti, hal ini merupakan cara untuk mengurangi kebosanan pengguna berlama-lama berkunjung di website kamu.

Optimalisasi Mesin Pencari

Optimalisasi ini dilakukan untuk mesin pencari. Caranya dengan melakukan optimalisasi terhadap website yang kamu miliki, yaitu dengan cara menambahkan beberapa tools penting, seperti Yoast Plugin. Selain itu kamu juga bisa melakukan desain terhadap website kamu. 

Pentingnya Konten

SEO on-page sangat berpengaruh besar terhadap isi dari sebuah website. Banyak pakar bisnis yang beranggapan bahwa konten merupakan bagian terpenting dari sebuah website. Mesin pencari sangat selektif terhadap konten sebuah website.  Namun, internet memiliki banyak konten yang tidak penting. Setiap harinya dilakukan pembersihan terhadap konten yang tidak penting. Untuk itulah kamu harus membuat artikel yang isinya user friendly. Tidak hanya itu, isinya juga harus lengkap. Optimalisasi SEO on-page harus bisa kamu lakukan dengan menciptakan konten yang berkualitas.

Kata Kunci Berpengaruh pada SEO On-Page

Selain konten, kata kunci juga sangat berpengaruh terhadap optimasi SEO on-page. Sangat mudah melakukan perbaikan kata kunci secara gratis agar kamu bisa memilih kata kunci yang tepat untuk konten kamu. Namun permasalahan yang muncul adalah banyaknya saran yang keluar sebagai keyword, sehingga kamu harus menganalisa manakah kata kunci yang tepat. Nah, jika kamu merasa kesulitan maka  sebaiknya kamu harus segera bergabung dengan digital marketing tertentu.

Halaman Website Juga Harus Dioptimalisasi

Ruang lingkup optimalisasi melalui SEO on-page ternyata tidak hanya konten dan kata kunci. Halaman website juga perlu dioptimalisasi agar bisa menjadi hasil penelusuran pertama. Namun untuk masalah optimalisasi halaman website tidak sama dengan optimalisasi konten dan kata kunci. Ada banyak hal yang perlu dioptimalisasi yang berhubungan dengan halaman website kamu. Yang perlu kamu optimalisasi antara lain adalah Http status, Robots Txt, Title Tag, Page Speed dan sebagainya. 

SEO on-page ternyata sangat berpengaruh besar terhadap website kamu. Kamu tidak boleh mengabaikan adanya SEO on-page untuk mengoptimalisasi website kamu karena sangat diperlukan sekali melakukan optimalisasi melalui website kamu. Jangan sampai kamu melakukan optimalisasi dari luar saja namun mengabaikan optimalisasi dari dalam website kamu. Lakukan optimalisasi terhadap konten, kata kunci dan halaman website agar website kamu menjadi hasil penelusuran pertama.

0

2 comments on “Apa Itu SEO On-Page dan Apa Kegunaannya?

  1. andro on

    cuma mau menambahkan saja
    tool untuk belajar mengenai seo saya paling suka pakai
    semrush*com
    smallseotools*com
    smallseo*tools
    banyak tool yang bisa kita gunakan yg gratis2 untuk menunjang seo yang bagus…
    jangan lupa kunjungi balik website saya ya di http://www.kirimartikel.com
    semoga berkenan

    0
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *