Traditional Marketing atau Digital Marketing, Mana yang Harus Kamu Lakukan?

1 menit

Di dunia pemasaran (marketing) terdapat dua teknik pemasaran yang digunakan, pertama ada yang namanya Traditional Marketing dan kedua Digital Marketing. Traditional marketing dan digital marketing mempunyai tujuan yang sama yakni sama-sama melakukan pemasaran kepada calon client kamu, agar mau menggunakan jasa kamu. Hanya saja traditional marketing dan digital marketing memiliki cara pemasaran yang berbeda-beda. Apa sajakah perbedaannya?

Traditional Marketing

Traditional marketing yaitu teknik pemasaran yang dilakukan secara konvensional (non digital), salah satu contoh traditional marketing yang sering  digunakan yaitu dengan cara pemasangan iklan di brosur, koran atau majalah.

Kelebihan dan Kelemahan Traditional Marketing

Meskipun dunia internet saat ini sudah semakin berkembangnya, tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada saja orang yang belum terbiasa menggunakannya. Oleh karena itu terkadang traditional marketing masih bisa juga kamu terapkan untuk memasarkan bisnis kamu. Kamu bisa memasang iklan di koran, penyebaran brosur, atau iklan di billboard sehingga calon client kamu dapat dengan mudah menemukan bisnis kamu. Salah satu kelemahan traditional marketing adalah hasilnya tidak dapat terukur sama sekali, biaya yang digunakan juga akan terasa lebih berat. Dan mungkin kerugian terbesar yang akan kamu rasakan adalah traditional marketing bersifat statis yang berarti tidak ada interaksi yang lebih efektif dengan calon client. Ini sama sepeti kamu melempar informasi didepan banyak client dan berharap  mereka menggunakan jasa kamu.

Digital Marketing

Digital Marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan melalui media elektronik (digital). Contoh digital marketing yaitu e-magazine, e-book, website, banner ads, google ads dan sebagainya. Digital marketing sangat memudahkan kamu untuk melakukan pemasaran.

Kelebihan dan Kelemahan Digital Marketing

Salah satu kelebihan menggunakan teknik digital marketing dalam memasarkan bisnis kamu yaitu hasil yang kamu dapat akan lebih terukur, bisnis kamu akan lebih dikenal oleh banyak orang yang jumlahnya bahkan tidak terbatas. Digital marketing juga merupakan cara yang sangat interaktif untuk menjangkau calon client karena memanfaatkan berbagai media digital seperti media sosial yang bisa diakses oleh semua orang. Keunggulan lainnya yaitu akan ada banyak interaksi yang lebih efektif antara kamu dan calon client. Sedangkan kelemahan menggunakan teknik digital marketing yaitu proses pemasaran bisnis yang kamu lakukan akan mudah ditiru oleh banyak orang dan juga digital marketing sangat bergantung pada teknologi.

Apakah itu berarti kamu perlu melakukan keduanya? Tidak, kamu hanya perlu menentukan pilihan dan menyesuaikan kira-kira mana teknik pemasaran yang paling cocok dan efektif untuk bisnis kamu.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *