SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya optimalisasi website atau blog untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian Google secara organik. Untuk melakukannnya, ada dua teknik optimalisasi SEO yang bisa dilakukan yaitu teknik SEO On-Page dan SEO Off -Page. Kedua teknik tersebut mampu memberikan hasil yang baik untuk website kamu.

SEO On-Page adalah teknik SEO yang dilakukan pada website itu sendiri, sedangkan SEO Off-Page adalah teknik SEO yang dilakukan diluar website. Pada artikel ini, kita akan mempelajari beberapa hal mengenai SEO On-Page.

Baca juga: Perbedaan Teknik SEO On-Page vs SEO Off-Page

Pengertian SEO On-Page

SEO On-Page adalah teknik optimalisasi SEO yang dilakukan pada website itu sendiri dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website kamu sudah relevan atau sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan kualitas yang baik.

Bisa dikatakan, kamu mengoptimalisasi website agar struktur serta kontennya bermanfaat bagi pengunjung, memudahkan pengunjung untuk bereksplorasi, pengunjung merasa “betah” dan mesin pencari mengerti struktur website kamu.

Dan perlu diketahui, Google tidak menyukai konten yang tidak berbobot, tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca, tidak asli (original).

Manfaat SEO On-Page

SEO On-Page menjadi hal yang berhubungan dengan halaman website kamu. Ketika mereka masuk ke halaman website kamu, maka mereka akan melihat tampilan, konten, dan hal lain yang telah kamu optimalisasi sebelumnya, berikut beberapa manfaat melakukan SEO On-Page.

A. Fokus pada Tampilan Website

Dengan informasi yang tepat, sesuai dengan bisnis, serta adanya optimalisasi halaman website seperti adanya konten dalam bentuk artikel hingga landing page, maka SEO On-Page juga akan membuat tampilan website menjadi lebih menarik dan mudah digunakan oleh pengunjung website.

B. Meningkatkan Kecepatan Website

Salah satu teknik SEO On-Page untuk membuat website berada pada peringkat yang bagus yaitu dengan memperhatikan kecepatan website. Semakin bagus kecepatan website ketika di akses, maka semakin mudah pula untuk mendapatkan posisi yang bagus. Maka dari itu, teknik ini juga membantu meningkatkan kecepatan website kamu.

Baca: Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Tingkatkan Kecepatan Website

C. Mempermudah Proses Marketing

Melalui konten dan materi marketing yang terdapat dalam website kamu, akan membuat pengunjung website lebih mudah mengerti dan mengenal bisnis kamu, sehingga mempermudah kamu menjalankan proses marketing untuk bisnis kamu.

D. Meningkatkan Brand Awareness

Selain mempermudah proses marketing, SEO On-Page juga membantu meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Misalnya melalui konten yang kamu buat, melalui judul halaman website yang unik dan menarik, melalui media sharing yang kamu gunakan, dan optimalisasi lain dilakukan pada website kamu.

Baca juga: Cara Membangun Brand Awareness Melalui SEO

Strategi Optimalilasi SEO On-Page

Berikut beberapa startegi optimalisasi yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci (keyword) adalah kata atau frasa yang paling sering dicari oleh pengguna mesin pencari untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, maka situs web akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Untuk menentukan kata kunci yang tepat, kamu perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan, seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest.

Baca juga: 10 Cara Riset Keyword Ini Membantu Menemukan Keyword yang Tepat

2. Buat Judul  Halaman Website yang Menarik

Judul merupakan bagian penting dari suatu halaman website. Judul yang menarik akan membuat orang lebih tertarik untuk mengklik link tersebut di hasil pencarian, sehingga tingkat klik (click-through rate) akan meningkat.

Selain itu, judul yang menarik juga akan membantu mesin pencari untuk memahami tema dari halaman tersebut.

3. Gunakan Tag Heading yang Sesuai Dengan Hierarki yang Benar

Tag heading seperti H1, H2, dan H3 dapat membantu mesin pencari mengerti struktur dari halaman tersebut dan memberikan bobot lebih pada kata kunci yang terdapat dalam tag heading tersebut. Gunakan tag heading yang sesuai dengan hierarki yang benar.

4. Buat Meta Deskripsi Menarik

Meta deskripsi adalah kalimat pendek yang muncul di hasil pencarian mesin pencari. Deskripsi meta yang menarik akan membuat orang lebih tertarik untuk mengklik link tersebut.

Meta deskripsi juga membantu mesin pencari untuk memahami tema dari halaman tersebut.

5. Menggunakan URL yang Jelas

URL adalah alamat dari suatu halaman website, URL yang jelas akan membantu mesin pencari untuk memahami tema dari halaman tersebut, sehingga lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. URL yang jelas juga akan lebih mudah dibaca oleh pengunjung website.

6. Gunakan Alt Tag pada gambar

Alt tag adalah keterangan yang ditambahkan pada gambar yang muncul di halaman web. Alt tag akan ditampilkan saat gambar tidak bisa ditampilkan, atau saat pengguna sedang menggunakan layar braille. Alt tag juga akan membantu mesin pencari untuk memahami tema dari halaman tersebut.

7. Masukkan Internalink

Interlink atau link internal adalah link yang menghubungkan halaman satu dengan halaman lain di dalam situs web yang sama. Dengan menggunakan interlink, maka mesin pencari akan lebih mudah mengindeks seluruh halaman di situs web tersebut. Interlink juga akan membantu pengunjung untuk menemukan informasi yang relevan di website tersebut.

8. Gunakan Struktur Hierarki yang Benar

Struktur hierarki adalah susunan tingkatan yang digunakan untuk mengelompokkan informasi di suatu situs website. Dengan menggunakan struktur hierarki yang benar, maka mesin pencari akan lebih mudah memahami tema dari setiap halaman website.

9. Menggunakan Header yang Jelas

Header adalah bagian yang berisi judul dari suatu halaman website. Header yang jelas akan membantu mesin pencari untuk memahami tema dari halaman tersebut, sehingga lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Header juga akan membantu pengunjung untuk memahami tema dari halaman tersebut.

10. Update Konten Secara Berkala

Konten yang baru dan terupdate akan lebih menarik bagi pengunjung, sehingga tingkat kunjungan akan meningkat. Konten yang terupdate juga akan membantu mesin pencari untuk memahami bahwa website tersebut masih aktif dan relevan.

Sudah Siap Melakukan SEO On-Page

Itulah beberapa penjelasan mengenai SEO On-Page, dengan mengikuti beberapa cara di atas, maka optimisasi SEO On-Page yang kamu lakukan akan lebih efektif dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Optimisasi SEO On-Page juga akan membantu pengunjung untuk menemukan informasi yang relevan pada website tersebut.

Jika kamu kesulitan melakukannya sendiri, Whello menjenyediakan jasa SEO yang bisa membantu kamu, seperti yang kita ketahui tujuan utama dari SEO adalah mendatangkan trafik organik ke website sebanyak mungkin. Namun tidak hanya banyak, harus dipastikan juga audiens yang ditarget sudah sesuai dengan target market sehingga tingkat konversinya tinggi. Whello tidak hanya fokus pada jumlah trafik, tapi juga fokus sampai dengan hasil sales atau penjualan dari channel organik.

Whello juga tidak pernah menggunakan teknik SEO blackhat (ilegal) yang dilarang oleh Google, kami selalu menggunakan white hat atau teknik yang memang disarankan oleh Google. Selain memiliki specialist yang inovatif dan berpengalaman, Whello juga menggunakan tools terbaik untuk klien. Untuk informasi yang lebih lanjut, kamu bisa hubungi kontak Whello atau tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah.

Ready to Grow?