Virus corona memang begitu mudah menular dan menyebar, tetapi kita bisa ikut berpartisipasi mencegah dan mengurangi penyebarannya, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menerapkan “Social Distance”. Apa itu social distance?
Social distance adalah tindakan untuk mengurangi kontak dengan orang lain dan menghindari melakukan kegiatan di keramaian. Berikut 3 bentuk social distancing yang perlu dilakukan?
- Menghindari keramaian, misalnya situasi, kegiatan, atau acara besar yang dihadiri oleh orang banyak (berdesakan).
- Mengurangi penggunaan transportasi publik.
- Dan belajar atau bekerja di rumah untuk sementara waktu.
Lalu bagaimana jika mengharuskan kita berada di tempat umum? Tetap waspada dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Serta melakukan pemeriksaan ke rumah sakit bila menunjukkan gejala sakit.
Di Indonesia, hal ini juga sudah diterapkan dan dianjurkan oleh pemerintah, sudah banyak yang berdiam diri dirumah, belajar dan bekerja dari rumah (work from home).
Namun, tahukah kamu banyak pebisnis yang mengeluh dengan adanya social distancing, karena aktivitas bisnis mereka terganggu dan permintaan menjadi menurun akibat berkurangnya interaksi “people to people” (banyak yang melakukan aktifitas di rumah).
Jangan khawatir, “digital marketing” hadir sebagai solusi yang tepat dan efektif untuk untuk menangani social distancing. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu digital marketing?
Daftar isi
Apa Itu Digital Marketing?
Digital Marketing adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan pemanfaatan platform online atau internet.
Digital marketing menjadi salah satu cara tepat dan efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen tepat waktu, pribadi,dan relevan karena semua proses yang dilakukan bisa diukur dan ditarget sesuai dengan target audiens.
Berikut salah satu contoh digital marketing melalui platform Instagram (menggunakan Instagram Shopping):
Baca juga: Pengertian dan Jenis Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui
5 Strategi Digital Marketing Sebagai Solusi Bisnis Akibat Social Distancing
Untuk melakukan digital marketing, ada 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan, diantaranya Social Media Marketing, membuat website, SEO (Search Engine Optimization), Content Marketing, atau Google Ads.
1. Social Media Marketing
Berdasarkan we are social pada tahun 2020 menyatakan, 59% penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial setiap harinya. Kamu bisa lihat faktanya pada gambar berikut ini:
Sumber: we are social
Dengan banyaknya pengguna media sosial seperti yang ditunjukkan data diatas, social media marketing juga merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mempromosikan bisnis kamu saat ini.
Social media marketing adalah metode promosi (pemasaran) produk atau jasa dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau Youtube.
Kamu dapat menggunakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh target klien kamu. Jika target klien kamu memiliki umur yang relatif lebih muda, maka kamu dapat menggunakan platform Instagram, tetapi jika target klien berasal dari kalangan yang relatif lebih tua, maka Facebook merupakan media sosial yang tepat untuk kamu gunakan.
Sebelum melakukan media sosial marketing, ada 7 tips yang wajib kamu ketahui:
- Riset klien terlebih dahulu.
- Buat goals atau tujuan yang jelas.
- Analisis kompetitor bisnis.
- Buat konten yang relevan dan menarik.
- Tentukan waktu posting yang tepat.
- Manfaatkan Ads (misal: Facebook Ads atau Instagram Ads).
- Dan evaluasi social media marketing yang telah kamu lakukan.
7 tips dapat membantu media sosial marketing yang kamu lakukan menjadi lebih sukses. Temukan penjelasan lebih lengkapnya pada artikel sebelumnya yang membahas tips sukses melakukan social media marketing.
Sekarang, Whello menyediakan jasa iklan media sosial untuk membantu bisnis kamu menjangkau audience melalui media sosial
Berikut salah satu contoh bisnis yang menggunakan Instagram untuk berbagi tips menangani virus corona dengan produk yang mereka tawarkan:
Sumber: Dettol Indonesia on Instagram
Baca juga: 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Social Media Marketing Kamu Gagal
2. Buat website
Banyak yang bertanya, kapan virus corona akan berakhir? Dan seperti yang kita ketahui, hingga saat ini belum ada obat atau vaksin pencegahan virus corona. Penyebaran virus corona bisa terjadi hingga waktu yang tidak ditentukan.
Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuat website. Website akan membantu mempromosikan bisnis kamu selama 24 jam penuh, karena konsumen dapat mengakses kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun.
Dan untuk proses pembuatan website, kamu juga bisa menghubungi Whello yang menyediakan jasa pembuatan website.
3. SEO (Search Engine Optimization)
Mengingat banyaknya lalu lintas pencarian pada mesin pencari, tentu dapat menjadi peluang untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website kamu. Karena semakin banyak yang datang ke website, semakin banyak pula calon konsumen yang bisa kamu dapatkan, tidak terkecuali di tengah kasus COVID-19 saat ini.
Tetapi untuk mewujudkannya, kamu juga perlu melakukan optimalisasi SEO. SEO adalah optimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik atau “gratis”.
Ada 5 strategi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website:
- Optimalisasi website untuk Google Mobile First Index.
- Tingkatkan kecepatan website.
- Buat konten yang berkualitas.
- Buat meta description yang menarik.
- Lakukan evaluasi kinerja SEO secara bertahap dan berkelanjutan.
Setelah membaca 5 poin diatas, apakah kamu sudah mengetahui cara mengoptimalisasi website untuk Google Mobile First Index? cara membuat konten yang berkualitas? atau cara-cara untuk poin yang lainnya? Jika belum, kamu bisa membaca artikel mengenai 5 strategi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Selain itu agar lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan jasa SEO dari Whello.
4. Content Marketing
Selain SEO, content marketing juga menjadi salah satu cara meningkatkan trafik website (jumlah pengunjung) yang datang ke website kamu.
Content marketing adalah pemasaran online yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian banyak orang (pembaca) sehingga membuat mereka tertarik menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Ada beberapa jenis konten yang bisa kamu gunakan, seperti artikel, video, audio, atau infografis. Lalu, bagaimana content marketing dapat meningkatkan traffic website?
Setiap pemilik website tentunya menginginkan website mereka memiliki banyak jumlah pengunjung (traffic website) untuk membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencarian.
Dengan menyediakan berbagai informasi penting dan bermanfaat pada website, misalnya melalui artikel (blog), akan membuat mereka tertarik untuk datang ke website kamu. Dan konten yang kamu buat juga harus relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan
Sebelum melakukan content marketing, ada 5 strategi yang perlu kamu ketahui:
- Tentukan tujuan marketing yang jelas, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan brand awareness.
- Tentukan buyer persona (target audiens).
- Buat konten yang berkualitas dan sesuai dengan tren.
- Distribusikan konten yang sudah kamu buat, misalnya pada media sosial, blog pribadi atau berbagai forum diskusi yang sesuai dengan bisnis kamu.
Evaluasi konten yang telah kamu buat untuk melihat perkembangan website kamu setelah melakukan content marketing. Disini kamu bisa memanfaatkan tools Google Analytic.
5. PPC (Pay Per Click)
Google Ads adalah salah satu jenis iklan PPC (Pay Per Click) yang disediakan oleh Google untuk mempromosikan berbagai bisnis melalui mesin pencari google.
Ditengah kasus COVID-19 saat ini, Google Ads juga menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis yang bisa dilakukan.
Google Ads memiliki berbagai keunggulan, diantaranya:
- Membantu menemukan lebih banyak calon konsumen.
- Menampilkan iklan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu.
- Kamu juga bisa menentukan target audiens yang tepat untuk mendapatkan konsumen yang lebih tertarget.
- Serta membantu website kamu berada pada halaman pertama Google.
Untuk mendaftarkan bisnis kamu pada Google Ads, kamu bisa melakukan pendaftaran pada website resmi Google Ads. Dan untuk melakukannya, bisa mengikuti panduan membuat iklan Google Ads pada artikel cara pasang iklan di Google.
Berikut salah satu bisnis yang sudah melakukan Google Ads:
Siap Melakukan Digital Marketing?
Mengingat adanya social distancing yang sedang terjadi saat ini, itulah 5 strategi marketing yang bisa kamu gunakan untuk bisnis kamu, kira-kira kamu akan pilih strategi yang mana? Tulis di kolom komentar dibawah yuk!
Jika kamu membutuhkan bantuan untuk melakukannya, Whello sebagai full serviced digital marketing menyediakan jasa digital marketing untuk bisnis kamu. Apapun tujuan bisnis kamu, Whello memikili strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Jasa Digital Marketing yang disediakan Whello menjadi solusi untuk semua kebutuhan digital marketing Bisnis kamu. Jika kamu tertarik, kamu bisa konsultasi gratis terlebih dahulu dengan salah satu team Whello, tinggal hubungi kontak Whello. Atau melihat portofolio Whello terlebih dahulu.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!