Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk UMKM. Digital marketing yaitu memperkenalkan (mempromosikan) produk atau jasa yang kamu tawarkan secara online.
Digital marketing memberikan berbagai manfaat bagi UMKM kamu. Apa saja?
Daftar isi
Manfaat Digital Marketing untuk UMKM
Adapun manfaat digital marketing untuk UMKM yaitu membantu UMKM kamu dikenal banyak orang, mendapatkan pelanggan yang potensial, serta menjadikan website kamu berada di halaman pertama Google.
1. Dikenal banyak Orang
Siapa yang tidak ingin UMKMnya dikenal oleh banyak orang? Semakin banyak yang mengenal UMKM kamu, semakin mudah untuk kamu mendapatkan lebih banyak konsumen.
Dengan memanfaatkan berbagai strategi digital marketing, dapat membantu UMKM kamu dikenal oleh banyak orang. Misalnya melalui social media marketing, Google Ads, content marketing, dan strategi digital marketing lainnya.
2. Menjadi Nomor 1 di Google
Menjadikan website UMKM kamu berada pada halaman pertama mesin pencarian (Google), dapat membantu meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) calon konsumen terhadap UMKM kamu, serta mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Kamu akan mendapatkan lebih banyak konsumen.
Misalnya ketika kamu melakukan pencarian mengenai UMKM, tentunya kamu lebih suka dan percaya dengan beberapa website yang berada pada halaman pertama hasil pencarian Google.
Optimalisasi SEO adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar website kamu berada pada halaman pertama mesin pencarian.
Optimalisasi SEO dapat dilakukan dengan dua teknik, pertama menggunakan teknik SEO On Page dan menggunakan teknik SEO Off Page. Teknik SEO On Page merupakan teknik optimalisasi yang dilakukan pada website itu sendiri. Sedangkan SEO Off Page merupakan proses optimalisasi SEO yang dilakukan di luar website.
Baca juga: 10 Tips Sukses Melakukan SEO On Page dan 4 Tips Sukses Melakukan SEO Off Page
3. Mendapatkan Pelanggan yang Potensial
Dalam bisnis, pelanggan (konsumen) potensial adalah salah satu kunci yang membuat UMKM kamu semakin berkembang. Pelanggan yang potensial yaitu mereka yang benar-benar membutuhkan produk yang kamu tawarkan.
Melalui digital marketing, kamu dapat menentukan target audiens untuk mendapatkan pelanggan yang potensial. Kamu dapat memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.
4. Mengurangi Pengeluaran untuk Promosi
Salah satu kelebihan digital marketing untuk UMKM adalah kemampuannya untuk membantu pengusaha mengurangi pengeluaran untuk promosi. Dahulu, promosi dilakukan secara offline dan perlu mencetak brosur, spanduk, pamflet, dan lainnya. Kini, kamu dapat mengurangi biaya promosi dengan memanfaatkan digital marketing melalui internet.
5. Memudahkan Komunikasi dengan Pelanggan
Keunggulan besar dalam jenis pemasaran ini adalah kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan kapan pun dan di mana pun secara daring. Luangkan waktu dari metode lama yang melibatkan kunjungan langsung ke pelanggan.
Dengan menggunakan platform internet seperti media sosial, Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Ini juga memberikan keuntungan bagi pelanggan karena mereka tak perlu repot datang ke tempat usaha mikro, kecil, atau menengah Anda.
Strategi Digital Marketing Untuk UMKM
Adapun strategi digital marketing yang tepat untuk UMKM kamu yaitu riset kompetitor dan pasar, menentukan model marketing, mendaftar di Google Bisnisku, menggunakan Social Media Ads, buat Website, dan berikan di Google.
1. Riset Kompetitor dan Pasar
Langkah pertama yang sangat penting adalah melakukan penelitian pasar dan persaingan. Ini merupakan dasar dalam merancang strategi pemasaran digital.
Hasil penelitian ini juga digunakan untuk menentukan target pasar produk yang telah dibuat, sehingga pemasaran digital bisa lebih tepat sasaran dan efektif.
2. Mengembangkan Strategi Digital Marketing AIDA
Strategi AIDA adalah salah satu strategi yang bisa digunakan untuk merancang strategi digital marketing. AIDA adalah singkatan yang mengacu pada empat tahapan dalam perjalanan konsumen:
- Awareness (Kesadaran) adalah ukuran untuk mengukur sejauh mana masyarakat mengetahui produk yang Anda tawarkan. Peningkatan kesadaran bisa dicapai dengan memasang iklan di berbagai media dan bekerja sama dengan KOL (Key Opinion Leader) yang mendukung bisnis Anda.
- Interest (Minat) adalah ketika orang mulai tertarik pada produk Anda. Konsumen mulai mencari informasi lebih lanjut tentang produk Anda melalui berbagai media. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memberikan informasi yang jelas di semua saluran media yang dimiliki.
- Desire (Keinginan) adalah tahap di mana konsumen mulai menggali lebih dalam tentang produk Anda dan mungkin sudah mulai mempertimbangkan pembelian. Pada tahap ini, penting bagi pemilik bisnis untuk memberikan pelayanan yang baik agar pembeli semakin tertarik untuk membeli produk.
- Action (Aksi) adalah tahap terakhir dalam perjalanan pemasaran, di mana konsumen melakukan tindakan pembelian. Ini adalah tahapan dalam pemasaran yang membantu mengarahkan konsumen dari kesadaran hingga tindakan.
3. Daftar di Google Bisnisku
Google Bisnisku adalah tools Google untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi mengenai UMKM kamu, seperti nama, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, jam operasional, alamat website, foto kantor, hingga review konsumen.
Google Bisnisku juga dapat menjadi media komunikasi dengan calon konsumen, mempermudah kamu mendapatkan review dari konsumen, dan membuat UMKM kamu muncul di Google Maps.
Untuk mendaftar di Google Bisnisku, ada beberapa langkah yang harus kamu lalui. Kamu dapat mempelajarinya pada artikel panduan lengkap cara daftar di Google Bisnisku.
4. Lakukan Social Media Marketing
Social media marketing adalah strategi digital marketing yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial. Ada berbagai media sosial yang bisa kamu gunakan, seperti Youtube, Facebook, Instagram.
Social media marketing membantu UMKM untuk meningkatkan popularitas, mendapatkan lebih banyak konsumen, serta meningkatkan pengunjung website.
Tips melakukan social media marketing:
- Riset calon konsumen.
- Buat goals atau tujuan iklan yang jelas.
- Analisa kompetitor.
- Buat konten yang relevan dan menarik.
- Tentukan waktu posting yang tepat.
- Manfaatkan Ads (Facebook Ads dan Instagram Ads).
- Lakukan evaluasi iklan untuk meningkatkan performa social media marketing yang telah kamu lakukan.
7 tips diatas akan membantu social media marketing yang kamu lakukan dapat berjalan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula. Kamu bisa membaca yang lebih lengkap pada artikel 7 tips sukses melakukan social media marketing.
Baca juga: 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Social Media Marketing Kamu Gagal .
5. Buat Website
Website adalah salah satu media online yang dapat membantu meningkatkan brand awareness dan kredibilitas (kepercayaan) calon konsumen terhadap UMKM kamu.
Membuat website juga dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak konsumen, karena website akan mempromosikan produk atau jasa kamu selama 24 jam penuh. Calon konsumen dapat mengakses website kamu kapanpun dan dimanapun.
Melalui website, kamu juga dapat menampilkan berbagai informasi yang lebih lengkap dan lebih detail, seperti cara pemesanan, cara menggunakan produk, pemesanan produk, dan informasi lain yang mungkin dibutuhkan oleh calon konsumen.
Baca juga: Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website.
6. Google Ads
Google Ads juga menjadi salah satu strategi digital marketing yang memberikan manfaat bagi UMKM kamu. Google Ads adalah media iklan berbayar yang disediakan oleh Google.
Walaupun membutuhkan biaya untuk beriklan, tetapi kamu bisa menentukan anggaran budget yang akan kamu keluarkan. Kamu juga bisa menargetkan audiens yang tepat untuk mendapatkan konsumen yang lebih tertarget.
Google ads juga menjadi cara untuk membuat website UMKM kamu berada pada halaman pertama pencarian Google.
Baca juga: Belajar Iklan di Google
Berikut contoh Google Ads:
Nah itulah 5 manfaat dan 6 strategi digital marketing yang tentunya sangat berguna bagi UMKM kamu. Jika kamu ragu untuk melakukannya, kamu dapat memanfaatkan jasa digital marketing UMKM Whello. Whello akan membantu UMKM kamu dikenal banyak orang, mendapatkan pelanggan yang potensial, serta menjadikan website kamu berada di halaman pertama. Kami juga memiliki paket harga yang sangat bervariasi, sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan budget kamu.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!