Dalam dunia digital marketing, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Sudah banyak contoh SEO yang bisa kamu lihat di berbagai website.
Saat ini, SEO sendiri memiliki beberapa jenis, yakni SEO on page dan juga SEO off page. Apa perbedaan dari kedua jenis ini, lalu apa saja manfaat konten yang menggunakan teknik SEO? Simak selengkapnya di artikel ini.
Daftar isi
Apa itu SEO?
SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara yang digunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website. Dalam dunia marketing, tujuan akhir dari SEO yaitu meningkatkan penjualan.
Cara kerja SEO sendiri yaitu menempatkan website di posisi terbaik pada mesin pencari. Semakin optimal penggunaan SEO maka bisa saja website tersebut berada di posisi teratas pencarian.
Jenis dan Contoh SEO
Saat ini ada dua jenis SEO yang banyak digunakan, pertama adalah SEO on page, kedua adalah SEO off page. Keduanya memiliki tujuan yang sama, namun dalam pengaplikasiannya, fokus dari kedua jenis SEO ini berbeda.
A. SEO On Page
SEO On Page adalah optimalisasi SEO yang akan dilakukan pada website itu sendiri. Optimalisasi SEO tersebut berfokus pada konten yang dibuat dan juga struktur konten tersebut.
Contoh SEO ini salah satu fokusnya adalah penggunaan kata kunci dan relevansinya. Semakin relevan penggunaan kata kunci tersebut maka semakin mudah mesin pencari untuk melakukan indeks.
Jenis SEO ini juga merupakan cara yang paling mudah untuk kamu terapkan. Biasanya, penggunaan SEO ini akan menggunakan beberapa tools yang bisa membantu kamu untuk mengoptimalisasi teknik ini.
Berikut adalah elemen yang akan kamu gunakan dalam SEO on page:
- Judul konten.
- Struktur dan isi konten.
- Optimalisasi gambar dalam konten.
- Penggunaan kata kunci dan penyebarannya.
- Internal dan eksternal link.
- Elemen SEO, seperti meta description, meta tag, dan lainnya.
B. SEO Off Page
Jenis SEO lainnya yang banyak orang gunakan adalah SEO off page, yaitu cara optimalisasi SEO yang akan kamu lakukan dari luar website. Tujuan dari cara ini yaitu untuk meyakinkan mesin pencari jika konten yang kamu buat kredibel dan terpercaya. Hal inilah yang nantinya akan menaikan ranking website kamu di mesin pencari.
Beberapa aspek yang akan kamu gunakan dalam SEO off page antara lain:
- Link building. Biasa dikenal juga dengan backlink. Ini merupakan aktivitas mendapatkan link dari website lain yang tertuju ke website kamu.
- Domain Authority. Ini merupakan penilaian yang memprediksi ada di mana website kamu pada mesin pencari.
- Page Authority. Sama dengan domain authority, hanya saja yang diprediksi di sini adalah laman website.
- Guest blog. Aktivitas mengisi konten di blog atau website orang lain dengan menambahkan backlink ke situs kamu.
Baca juga: Tips Sukses Melakukan SEO Off Page
Manfaat Menggunakan SEO
Setelah memahami tentang contoh SEO dan juga penerapannya, mungkin kamu juga akan bertanya tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan ketika mengoptimalkan SEO. Berikut adalah penjelasannya:
1. Memudahkan Pengunjung Menemukan Website
Hal pertama yang menjadi manfaat dari SEO yaitu memudahkan website kamu ditemukan oleh pengunjung. Dengan optimasi SEO maka akan membuat website berada di posisi terbaik mesin pencari.
Dalam hal ini, maka website kamu akan berada pada posisi teratas halaman pertama mesin pencari. Posisi ini merupakan posisi terbaik, karena user akan sangat mudah menemukannya.
2. Menaikan Trafik
Berkaitan dengan website yang mudah ditemukan, maka hal tersebut juga akan berpengaruh dengan trafik website. Semakin mudah ditemukan, maka akan semakin tinggi juga trafik website kamu.
Trafik tinggi sendiri akan sangat baik untuk website, terutama jika konten yang kamu buat adalah konten marketing, maka hal tersebut akan membuat banyak orang yang
melihat apa yang kamu promosikan.
3. Mendapatkan Audiens yang Tepat
Keunggulan lainnya ketika menggunakan contoh SEO yaitu kamu akan mendapatkan pengunjung yang sesuai dengan target. Artinya, mereka yang datang ke website kamu merupakan orang yang memang membutuhkan apa yang kamu punya.
Terkait dengan digital marketing, maka orang yang datang ke konten kamu merupakan calon konsumen maupun pengunjung potensial. Semakin banyak pengunjung potensial, maka akan semakin banyak juga kemungkinan penjualan yang terjadi.
4. Meningkatkan Konversi
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dimana semakin banyak pengunjung potensial maka kemungkinan terjadinya transaksi juga akan semakin besar. Hal inilah yang dimaksud dengan meningkatkan konversi.
Tujuan utama dari penggunaan SEO memang tidak selalu melakukan penjualan. Banyak konversi lainnya yang bisa kamu lakukan, misalnya membaca artikel secara penuh, melakukan download, mengisi formulir, dan lainnya.
5. Membangun Brand Awareness
Semakin banyak orang yang mengunjungi website kamu, maka akan semakin banyak orang juga yang mengenal website tersebut. Ini merupakan salah satu langkah awal untuk membangun brand awareness.
Mendapat brand awareness juga merupakan salah satu manfaat lainnya dari penggunaan contoh SEO yang bisa kamu dapatkan. Langkah ini juga merupakan cara yang cukup mudah dan murah, terutama untuk kebutuhan promosi dan digital marketing.
Optimalkan Penggunaan SEO pada Website!
Contoh SEO dan manfaatnya sudah bisa kamu temukan di berbagai konten. Sudah banyak website yang menggunakan cara ini agar konten mereka selalu muncul di halaman pertama mesin pencari.
Bagi kamu yang membutuhkan jasa SEO untuk website, maka salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Whello. Whello memiliki berbagai strategi SEO yang bisa membantu melakukan optimalisasi website industri dan bisnis kamu lebih optimal. Tunggu apa lagi? hubungi kontak Whello sekarang!
Apa yang dimaksud dengan SEO?
SEO atau search engine optimization merupakan sebuah cara untuk membuat website berada pada rangking teratas mesin pencari. Ini merupakan cara agar website mudah ditemukan dan mendapatkan banyak pengunjung. Nantinya, langkah ini akan bekerja dengan berdasarkan pada penggunaan kata kunci dan relevansinya. Jika ada orang yang mencari menggunakan kata kunci yang sesuai, maka konten tersebut akan muncul.
Apakah SEO sama dengan SEM?
Beda. Perbedaan utama dari kedua teknik ini adalah pada proses yang digunakan. SEO fokus untuk meningkatkan performa website sementara SEM berfokus untuk mendapatkan trafik secara instan. SEO sendiri merupakan sebuah cara yang bisa kamu dapatkan dengan gratis maupun berbayar, tergantung tool yang kamu gunakan. Sementara SEM merupakan cara berbayar untuk menempatkan website di posisi teratas.
Apa Saja Manfaat SEO?
Memudahkan audiens untuk menemukan website, mendapatkan audiens yang tepat, meningkatkan brand awareness, meningkatkan trafik
Apa saja indikator penggunaan SEO?
Penggunaan keyword, isi dan struktur konten, optimasi gambar, struktur URL, meta tag, dan kecepatan dan keamanan website.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!