Link Building : Apa dan Bagaimana Caranya?

3 minutes

Secara sederhana pengertian link building adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website kamu. Alasannya bermacam-macam, bisa karena kamu adalah partner bisnis dari website tersebut, atau karena website kamu berisi artikel-artikel bermanfaat.

Kenapa Link Building Penting Dalam SEO?

Jika dikaitkan dengan defenisi dan tujuan link building itu sendiri, maka alasan kenapa link building penting dalam SEO adalah karena jumlah link yang menuju website kamu merupakan salah satu faktor ranking yang penting menurut mesin pencari. Artinya, jika kamu ingin menaikan ranking website kamu maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah bagaimana agar website kamu bisa mendapatkan banyak link dari website lain.

Tidak hanya banyak, kualitas link yang didapat juga menjadi faktor yang penting. Jika website kamu kebanyakan mendapat backlink yang berasal dari website yang isinya spam, maka malah membuat ranking website kamu semakin terbenam dimesin pencari. Terdapat beberapa aturan penting yang harus diketahui untuk melakukan link building. Ada 3 hal utama yang harus diperhatikan, diantaranya :

1.  Terlihat Alami atau Natural

Jika kamu sengaja melakukan link building, secara teori bisa dibilang kamu sedang mencoba memanipulasi ranking dimesin pencari dan tentu saja mesin pencaripun tidak menyukai hal tersebut. Tapi, jika menunggu secara pasif agar website lain mau memberikan link, tentu akan lama sekali untuk melihat hasilnya.

Bagaimana solusinya? Nah, link building itu harus dilakukan secara alami dan natural, jika dalam sehari tiba-tiba langsung mendapat ribuan backlink, atau backlink nya berasal dari website yang sejenis dengan anchor text yang itu-itu saja, maka itu bisa dibilang tidak natural. Lakukan secara bertahap dan lakukan link building diwebsite-website berkualitas agar link building pada website kamu disukai oleh mesin pencari.

2.  Berasal Dari Website Berkualitas

Mendapatkan banyak backlink namun berasal dari website spam maka akan percuma saja. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga backlink kamu berasal dari website seperti apa. Semakin berkualitas sebuah website maka semakin tinggi pula nilai yang didapat dimata mesin pencari.

Nah, terdapat beberapa kriteria untuk mengetahui sebuah website berkualitas atau tidak, diantaranya seperti berikut :

  1. Memiliki trafik yang cukup tinggi
  2. Aktifitas dan interaksi diwebsitenya cukup hidup atau update
  3. Tidak ada unsur spam
  4. Mengandung konten-konten yang berkualitas.

Poin-poin diatas dapat kamu pastikan terlebih dahulu sebelum memulai link bulding pada website kamu agar mendapatkan backlink yang berkualitas.

3.  Berasal Dari Website Dengan Topik Serupa

Jika website kamu berisi topik “web design tutorial” maka akan sangat baik sekali jika kamu bisa mendapatkan backlink dari website dengan topik serupa. Misalnya dari website tentang graphic design, dari website yang lebih cenderung membahas web design, atau dari portal-portal berita yang membahas tentang trend web design. Semakin banyak backlink yang berasal dari website denga topik serupa, maka semakin relevan website kamu di mesin pencarian.

Sementara itu, misi utama mesin pencari adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. Oleh karena itu, jika kamu ingin website kamu muncul dihalaman terdepan, maka sangat penting membuat website kamu relevan dengan keyword yang diinginkan, dan salah satunya dengan cara mendapatkan backlink dari website yang memiliki topik serupa.

Bagaimana Cara Melakukan Link Bulding ?

Setelah mengetahui aturan-aturan tersebut, mungkin kamu akan berpikir bahwa link building itu sulit. jika dibandingkan dengan rangkaian proses SEO lain, link bulding termasuk bagian tersulit. Kamu bisa memilih untuk memakai jasa backlink atau melakukannya sendiri. Jika kamu ingin melakukannya sendiri, beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan :

  1. Isilah website kamu dengan artikel atau tips-tips yang bermanfaat
  2. Share tips tersebut melalui forum-forum yang membahas topik tersebut, namun jangan spam
  3. Aktiflah berkontribusi di komunitas online yang membahas topik tersebut
  4. Jalin relasi dengan netizen lain yang sekiranya memiliki ketertarikan yang sama dengan topik tersebut
  5. Aktif share dan menulis artikel diblog-blog atau websitr yang membahas topik tersebut.

Nah, dengan mengetahui apa dan bagaimana implementasi link building itu sendiri, maka kamu bisa dengan mudah mengeksplore pengetahuan kamu tentang SEO terhadap website kamu sendiri. Namun, jika kamu memiliki kesulitan dalam optimalisasi SEO untuk website maka Whello sebagai layanan agensi digital marketing dapat membantu kamu dalam pengembangan dan optimalisasi SEO sesuai dengan keyword yang kamu targetkan untuk website kamu. Segera hubungi contact center Whello Indonesia untuk mendapatkan penawaran menarik tersebut.

0


Content Specialist

2 comments on “Link Building : Apa dan Bagaimana Caranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *