7 Strategi SEO di Tahun 2020 yang Perlu Kamu Tahu!

5 menit

SEO (Search Engine Optimization) adalah optimalisasi website untuk mesin pencarian agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik (gratis).

Namun perlu kamu ketahui bahwa mesin pencarian (Google) selalu memperbaharui standarisasinya dalam menentukan peringkat suatu website. Maka dari itu, optimalisasi SEO yang kamu lakukan juga harus sesuai dengan algoritma Google saat ini (2020).

Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk optimalisasi SEO di tahun 2020? Berikut 7 strategi yang perlu kamu ketahui:

1. Tingkatkan Domain Authority 2.0

Domain authority (DA) adalah sebuah matrik dengan skala 1-100 yang digunakan sebagai acuan bagaimana penilaian Google terhadap suatu website. Semakin tinggi nilai DA website kamu, maka kualitas website kamu semakin baik.

Domain authority dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya spam score, kualitas link building, kecepatan website, kualitas konten, dan jumlah backlink ke website kamu.

Tips meningkatkan nilai Domain authority website:

  • Buat konten yang memiliki unsur E-A-T
    • Expertise
      Dalam hal ini, kamu diharuskan memiliki pengetahuan dan keahlian di dalam topik yang dipilih untuk dibahas sebagai konten.
    • Authority
      Authority disini maksudnya konten yang kamu buat tidak hanya “dibaca” oleh banyak orang saja, tetapi juga “memberikan inspirasi”.
    • Trustworthiness
      Trustworthiness merupakan website yang dipandang memiliki info valid dan dipercaya oleh para pengunjung website.

Dengan menerapkan E-A-T dalam konten yang kamu buat, membuktikan website kamu dapat dipercaya, disukai banyak orang, dan menjadi inspirasi banyak orang.

  • Tingkatkan kecepatan website.
  • Atur do follow dan no follow link untuk link building.

Nah, untuk mengetahui domain authority website kamu, kamu bisa menggunakan Moz Analytics . Kamu bisa lihat pada gambar dibawah:

2. Optimalisasi Pencarian Gambar

Pencarian menggunakan gambar, akan menjadi tren SEO pada tahun 2020. Dan diperkirakan jumlah pencarian menggunakan gambar akan terus meningkat.

Pada tahun 2019 Google mengatakan, penggunaan Google lens sudah digunakan oleh 1 miliar pengguna setiap harinya.

Lalu, bagaimana cara optimalisasi SEO untuk pencarian gambar? Perhatikan 5 tips berikut:

  • Gunakan gambar yang relevan dengan konten yang kamu buat, karena Google juga akan menilai relevansinya.
  • Gunakan nama file gambar yang tepat.
  • Sesuaikan dimensi gambar.
  • Gunakan gambar yang responsive.
  • Perhatikan ukuran file gambar yang kamu gunakan untuk menjaga kecepatan website.

3. Buat Konten Video

Membuat konten video akan menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap optimalisasi SEO pada tahun 2020. Faktanya data yang dilansir dari Cisco menyebutkan bahwa sekitar 82 persen traffic di internet tahun 2021 mendatang akan didominasi oleh keberadaan video.

Tidak hanya itu, data yang dilansir dari Hubspot juga mengatakan konten video merupakan jenis konten yang paling banyak disukai oleh para pengguna website. Kamu bisa lihat pada gambar berikut:

Untuk melakukan optimalisasi SEO pada konten video, lakukan 5 strategi berikut:

  • Gunakan kata kunci (keyword) yang tepat.
  • Buat judul video yang menarik.
  • Buat closed caption.
  • Buat video dengan kualitas yang tinggi.
  • Buat nama file video sesuai dengan isi video sebelum video di unggah.

Untuk memasarkan konten video yang sudah kamu buat, platform yang dapat membantu kamu ialah YouTube.

4. Optimalisasi Pencarian Suara (Voice Search)

Diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh Google mengatakan, setiap harinya 41% pengguna Google melakukan pencarian melalui pencarian suara. Dan Search Engine Watch juga mengatakan semenjak tahun 2008 jumlah pencarian suara yang dilakukan di Google naik hingga 35 kali. Bukan hanya itu, Search Engine Land juga mengatakan 20% dari pengguna ponsel juga melakukan pencarian menggunakan pencarian suara.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Google juga membuat elemen voice search pada existing search engine mereka. Sehingga membuat pencarian suara berpengaruh terhadap SEO.

Untuk memaksimalkan pencarian suara, gunakan kata kunci berupa pertanyaan ketika membuat konten. Misalnya “apa itu SEO?”, “bagaimana cara optimalisasi SEO di tahun 2020?”, dan lain-lain.

5. Perbaiki CTR yang menurun

CTR (Click Through Rate) adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. Biasanya jumlah CTR berasal dari hasil pencarian organik, sedangkan impression adalah jumlah munculnya halaman website kamu di hasil pencarian Google.

Bagaimana cara menghitung CTR?

Untuk menghitung jumlah CTR yaitu jumlah impression dibagi dengan jumlah klik setiap kata kunci.

Misalnya impression halaman website kamu untuk kata kunci “strategi SEO di tahun 2020” adalah 1000 dan jumlah klik yang didapatkan adalah 100. Maka angka CTR Anda adalah 10 persen.

Jumlah CRT sangat berpengaruh terhadap terhadap SEO. Google mengatakan CTR digunakan untuk mengukur seberapa baik kinerja kata kunci dan iklan kamu. Google juga akan menilai halaman website dengan jumlah CTR tinggi sebagai halaman yang relevan dan bermanfaat bagi para pengunjung website.

Cara meningkatkan CTR:

  • Lakukan riset keyword sebelum membuat konten.
  • Tingkatkan kualitas judul dan meta description konten kamu.
  • Manfaatkan structured markup.
  • Dapatkan featured snippets.
  • Selalu lakukan evaluasi konten untuk meningkatkan kualitas konten yang kamu buat.

6. Perhatikan Link Building

Link building merupakan komponen penting dalam membangun SEO dengan menghubungkan suatu website dengan website lain (external link) atau suatu website dengan website itu sendiri (internal link).

Link building ini sudah ada sejak lama dan dipercaya berpengaruh terhadap SEO. Saat melakukan link building, Google akan meng-crawling (mengindeks) link yang kamu gunakan, baik internal link maupun external link.

Maka dari itu, ketika kamu melakukan link building ke website lain, pastikan website tersebut mempunyai reputasi yang bagus untuk membantu menaikkan reputasi website kamu. Tetapi jika kamu melakukan link building terhadap website yang memiliki penilaian yang buruk di mata Google, juga akan menyebabkan reputasi website kamu menurun.

Untuk menghindari hal-hal buruk terhadap reputasi website kamu, alangkah lebih baik jika kamu mengatur penggunaan Do Follow dan No Follow Link.

Gunakan Do follow link ketika kamu melakukan internal link, tujuannya agar Google dapat mengindeks beberapa halaman website kamu secara bersamaan melalui link tersebut.

Dan gunakan no follow link ketika kamu melakukan external link, agar kualitas SEO pada search engine tetap terjaga. Ketika kamu membuat link tautan terhadap website yang memiliki kualitas (rate) yang buruk, maka link tautan tersebut juga bisa menurunkan kualitas SEO website kamu. Begitupun sebaliknya.

Bagaimana cara membuat do follow dan no follow link? Kamu akan menggunakan dua script (sintaks) yang berbeda. Untuk lebih detailnya, kamu bisa mempelajari pada artikel sebelumnya mengenai Do Follow dan No Follow Link.

7. Optimalisasi Google Mobile First Index

Pada tahun 2018,Google mengeluarkan algoritma terbarunya yang bernama “Google Mobile First Index”. Algoritma ini masih terus berlaku hingga tahun ini (2020).

Apa itu Google Mobile First Index?

Google Mobile First Index adalah salah satu penilaian Google dalam menentukan rangking sebuah website ketika diakses menggunakan mobile.

Jika website kamu memiliki performa yang bagus ketika diakses melalui mobile (smartphone), maka website kamu akan mendapatkan rangking yang bagus pula pada mesin pencarian. Tentunya juga akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung website kamu kan?

Berikut 4 cara optimalisasi website untuk Google Mobile First Index:

  • Gunakan CSS, JavaScript, atau media yang dapat membuat tampilan website yang sama jika diakses melalui desktop maupun mobile.
  • Atur responsive website untuk membuat tampilan website tetap baik jika diakses di berbagai device, termasuk pada mobile.
  • Tingkatkan kecepatan website.
  • Dan cek performa website versi mobile, kamu bisa menggunakan tools Google Mobile Checker atau Blisk.
    Sebelum menggunakan 2 tools di atas (Google Mobile Checker atau Blisk), alangkah lebih baik jika kamu membaca artikel mengenai 3 cara optimalisasi website untuk google mobile first index.

Dan itulah 7 tips SEO untuk tahun 2020, kira-kira strategi mana yang akan kamu coba terlebih dahulu? Tulis jawaban kamu pada kolom komentar di bawah ya.

0

Belajar SEO

Baca artikel tentang Belajar Seo lainnya dan raih kesuksesan bisnis kamu dengan strategi digital marketing yang tepat!

Baca selengkapnya

Butuh Jasa SEO?

Ingin website kamu berada di halaman 1 Google? Segera hubungi Whello!

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *