Digital Marketing: Sebagai Solusi Bisnis yang Terdampak Social Distancing

5 menit

Virus corona memang begitu mudah menular dan menyebar, tetapi kita bisa ikut berpartisipasi mencegah dan mengurangi penyebarannya, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menerapkan “Social Distance”. Apa itu social distance?

Social distance adalah tindakan untuk mengurangi kontak dengan orang lain dan menghindari melakukan kegiatan di keramaian. Berikut 3 bentuk social distancing yang perlu dilakukan?

  • Menghindari keramaian, misalnya situasi, kegiatan, atau acara besar yang dihadiri oleh orang banyak (berdesakan). 
  • Mengurangi penggunaan transportasi publik. 
  • Dan belajar atau bekerja di rumah untuk sementara waktu. 

Lalu bagaimana jika mengharuskan kita berada di tempat umum? Tetap waspada dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Serta melakukan pemeriksaan ke rumah sakit bila menunjukkan gejala sakit. 

Di Indonesia, hal ini juga sudah diterapkan dan dianjurkan oleh pemerintah, sudah banyak yang berdiam diri dirumah, belajar dan bekerja dari rumah (work from home). 

Namun, tahukah kamu banyak pebisnis yang mengeluh dengan adanya social distancing, karena aktivitas bisnis mereka terganggu dan permintaan menjadi menurun akibat berkurangnya interaksi “people to people” (banyak yang melakukan aktifitas di rumah). 

Jangan khawatir, “digital marketing” hadir sebagai solusi yang tepat dan efektif untuk untuk menangani social distancing. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah salah satu cara pemasaran produk atau jasa menggunakan perangkat elektronik. Melalui digital marketing, kamu masih bisa mempromosikan bisnis kamu tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen. 

Untuk melakukan digital marketing, ada 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan, diantaranya Social Media Marketing, membuat website, SEO (Search Engine Optimization), Content Marketing, atau Google Ads. 

Solusi Bisnis Akibat Social Distancing

1. Social Media Marketing

Berdasarkan we are social pada tahun 2020 menyatakan, 59% penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial setiap harinya. Kamu bisa lihat faktanya pada gambar berikut ini:

Dengan banyaknya pengguna media sosial seperti yang ditunjukkan data diatas, social media marketing juga merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mempromosikan bisnis kamu saat ini. 

Social media marketing adalah metode promosi (pemasaran) produk atau jasa dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau Youtube. 

Kamu dapat menggunakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh target klien kamu. Jika target klien kamu memiliki umur yang relatif lebih muda, maka kamu dapat menggunakan platform Instagram, tetapi  jika target klien berasal dari kalangan yang relatif lebih tua, maka Facebook merupakan media sosial yang tepat untuk kamu gunakan.

Sebelum melakukan media sosial marketing, ada 7 tips yang wajib kamu ketahui:

  • Riset klien terlebih dahulu.
  • Buat goals atau tujuan yang jelas.
  • Analisis kompetitor bisnis.
  • Buat konten yang relevan dan menarik.
  • Tentukan waktu posting yang tepat.
  • Manfaatkan Ads (misal: Facebook Ads atau Instagram Ads).
  • Dan evaluasi social media marketing yang telah kamu lakukan.

7 tips dapat membantu media sosial marketing yang kamu lakukan menjadi lebih sukses. Temukan penjelasan lebih lengkapnya pada artikel sebelumnya yang membahas tips sukses melakukan social media marketing.

Berikut salah satu contoh bisnis yang menggunakan Instagram untuk  berbagi tips menangani virus corona dengan produk yang mereka tawarkan:

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Social Media Marketing Kamu Gagal

2. Buat website

Banyak yang bertanya, kapan virus corona akan berakhir? Dan seperti yang kita ketahui, hingga saat ini belum ada obat atau vaksin pencegahan virus corona. Penyebaran virus corona bisa terjadi hingga waktu yang tidak ditentukan. 

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuat website. Website akan membantu mempromosikan bisnis kamu selama 24 jam penuh, karena konsumen dapat mengakses kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun.

Dan untuk proses pembuatan website, kamu juga bisa menghubungi salah satu agensi yang menyediakan jasa pembuatan website.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Mengingat banyaknya lalu lintas pencarian pada mesin pencari, tentu dapat menjadi peluang untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website kamu. Karena semakin banyak yang datang ke website, semakin banyak pula calon konsumen yang bisa kamu dapatkan, tidak terkecuali di tengah kasus  COVID-19 saat ini. 

Tetapi untuk mewujudkannya, kamu juga perlu melakukan optimalisasi SEO. SEO adalah optimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik atau “gratis”. 

Ada 5 strategi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website:

  • Optimalisasi website untuk Google Mobile First Index.
  • Tingkatkan kecepatan website.
  • Buat konten yang berkualitas.
  • Buat meta description yang menarik.
  • Lakukan evaluasi kinerja SEO secara bertahap dan berkelanjutan. 

Setelah membaca 5 poin diatas, apakah kamu sudah mengetahui cara mengoptimalisasi website untuk Google Mobile First Index? cara membuat konten yang berkualitas? atau cara-cara untuk poin yang lainnya? Jika belum, kamu bisa membaca artikel mengenai 5 strategi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website

4. Content Marketing

Selain SEO, content marketing juga menjadi salah satu cara meningkatkan trafik website (jumlah pengunjung) yang datang ke website kamu. 

Content marketing adalah pemasaran online yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian banyak orang (pembaca) sehingga membuat mereka tertarik menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Ada beberapa jenis konten yang bisa kamu gunakan, seperti artikel, video, audio, atau infografis. Lalu, bagaimana content marketing dapat meningkatkan traffic website?

Setiap pemilik website tentunya menginginkan website mereka memiliki banyak jumlah pengunjung (traffic website) untuk membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. 

Dengan menyediakan berbagai informasi penting dan bermanfaat pada website, misalnya melalui artikel (blog), akan membuat mereka tertarik untuk datang ke website kamu. Dan konten yang kamu buat juga harus relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan

Sebelum melakukan content marketing, ada 5 strategi yang perlu kamu ketahui: 

  • Tentukan tujuan marketing yang jelas, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan brand awareness. 
  • Tentukan buyer persona (target audiens). 
  • Buat konten yang berkualitas dan sesuai dengan tren. 
  • Distribusikan konten yang sudah kamu buat, misalnya pada media sosial, blog pribadi atau berbagai forum diskusi yang sesuai dengan bisnis kamu.

Evaluasi konten yang telah kamu buat untuk melihat perkembangan website kamu setelah melakukan content marketing. Disini kamu bisa memanfaatkan tools Google Analytic.

5. PCC (Pay Per Click)

Google Ads adalah salah satu jenis iklan PPC (Pay Per Click) yang disediakan oleh Google untuk mempromosikan berbagai bisnis melalui mesin pencari google.

Ditengah kasus COVID-19 saat ini, Google Ads juga menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis yang bisa dilakukan. 

Google Ads memiliki berbagai keunggulan, diantaranya:

  • Membantu menemukan lebih banyak calon konsumen. 
  • Menampilkan iklan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu. 
  • Kamu juga bisa menentukan target audiens yang tepat untuk mendapatkan konsumen yang lebih tertarget.
  • Serta membantu website kamu berada pada halaman pertama Google.

Untuk mendaftarkan bisnis kamu pada Google Ads, kamu bisa melakukan pendaftaran pada website resmi Google Ads. Dan untuk melakukannya, bisa mengikuti panduan membuat iklan Google Ads pada artikel cara pasang iklan di Google

Berikut salah satu bisnis yang sudah melakukan Google Ads:

Google Ads

Mengingat adanya social distancing yang sedang terjadi saat ini, itulah 5 strategi marketing yang bisa kamu gunakan untuk bisnis kamu. Kira-kira kamu akan pilih strategi yang mana? 

0

Bisnis

Baca artikel lainnya agar bisnis kamu bisa meraih kesuksesan di dunia digital marketing!

Baca selengkapnya

Ingin Sukses di Dunia Digital?

Sudah saatnya bisnis kamu dikenal oleh banyak orang.Segera hubungi Whello untuk mendapatkan penawaran menarik!

Hubungi kami


Digital Marketing Consultant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *