Saat ini, digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh para pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka.
Digital Marketing adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan pemanfaatan platform online atau internet. Digital marketing membantu menjangkau lebih banyak konsumen tepat waktu, pribadi, dan relevan karena semua proses yang dilakukan bisa diukur dan ditarget sesuai dengan target audiens.
Ada beberapa channel (media) online yang bisa digunakan, mulai dari pembuatan website, Social Media Marketing, Search Engine Advertising (SEA), Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, Content Marketing, dan masih banyak yang lain.
Berikut contoh bisnis yang menggunakan Social Media Marketing (Instagram) untuk mempromosikan bisnisnya:
Baca juga: Pengertian dan Jenis Digital Marketing
Nah sebelum melakukan digital marketing, ada 50 istilah yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu tidak bingung saat melakukannya.
Daftar isi
1. Website
Website adalah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.
2. Domain, Hosting, Server
Dalam digital marketing terdapat istilah domain, hosting, dan server.
Domain
Domain adalah nama atau alamat dari suatu website. Keberadaan domain juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan hosting.
Hosting
Hosting merupakan media penyimpanan file-file yang ada didalam website. Seperti gambar, video, audio.
Server
Server merupakan adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam satu jaringan komputer.
3. Domain Authority dan Page Authority
Kamu juga perlu mengetahui domain authority dan page authority.
Domain Authority
Domain Authority adalah skor yang menunjukkan seberapa baik peringkat website yang dinilai melalui alamat domain yang digunakan.
Page Authority
Page Authority adalah skor yang menunjukkan seberapa baik peringkat website yang dinilai melalui page pada website tersebut.
4. Protokol HTTP dan HTTPS
Dalam digital marketing, kita juga mengenal istilah protokol HTTP dan HTTPS.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server.
HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)
HTTPS adalah protokol versi secure dari HTTP yang menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS).
5. Payment Gateway
Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran secara otomatis dengan berbagai channel pembayaran untuk para pemilik toko online.
6. Bounce Rate
Bounce rate adalah suatu keadaan dimana pengunjung hanya membuka satu halaman website tanpa melakukan tindakan apa pun. Mereka tidak menekan tombol menu, CTA, atau internal link lainnya di halaman tersebut.
7. Niche
Niche adalah topik yang dibahas dalam sebuah blog atau website.
8. Page Speed
Page speed (kecepatan website) adalah kecepatan loading website ketika membuka sebuah halaman website (load time).
9. SEO
SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya optimalisasi website untuk mendapatkan peringkat website di hasil pencarian Google secara organik.
10. Facebook Ads
Facebook Ads adalah jasa iklan yang disediakan oleh Facebook untuk penggunanya.
11. Google Ad
Google Ads adalah program periklanan yang dibuat oleh Google.
12. Inbound Marketing
Inbound marketing adalah sebuah metode yang digunakan untuk menarik perhatian, menjalin hubungan (engaging), dan membuat calon klien senang dengan cara membuat konten-konten berkualitas dan memberikan manfaat untuk calon klien kamu.
13. Google Shopping
Google Shopping adalah salah satu layanan Google yang menyediakan berbagai produk yang berasal dari para pebisnis.
14. Google Partner
Google Partner adalah sertifikat yang diberikan oleh Google kepada sebuah perusahaan (bisnis) yang telah memenuhi kriteria tertentu untuk menjadi mitra Google.
15. Unique Selling Point
Unique Selling Point (USP) adalah keunikan suatu bisnis yang membedakan sebuah bisnis dengan bisnis sejenis lainnya (kompetitor).
16. ROI
ROI (Return on Investment) adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva (aset atau kekayaan yang dimiliki) yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen.
17. Content Creator
Content creator adalah seseorang yang bekerja sebagai pembuat konten, baik konten teks, gambar, maupun video yang akan ditampilkan pada berbagai media digital, seperti website maupun media sosial.
18. Copywriting
Copywriting adalah proses atau teknik menulis konten yang digunakan untuk penjualan atau pemasaran sebuah bisnis. Misalnya membuat konten untuk website, konten untuk media sosial, hingga konten untuk landing page.
19. Startup Unicorn
Startup Unicorn adalah startup yang memiliki nilai valuasi (nilai ekonomi) hingga US$ 1 Miliar setara dengan Rp 14 Triliun.
20. WhatsApp Business
WhatsApp Business adalah Jenis aplikasi WhatsApp juga digunakan untuk keperluan bisnis.
21. Marketing Mix
Marketing mix adalah sebuah konsep marketing yang menggunakan variabel-variabel marketing dalam mencapai target penjualan.
22. Content Marketing
Content marketing adalah strategi marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik perhatian audiens dengan tujuan untuk mengkonversikan mereka menjadi konsumen.
23. SEM
SEM (Search Engine Marketing) adalah strategi online marketing dengan membuat iklan berbayar pada mesin pencarian, misalnya menggunakan Google Ads.
24. Influencer Marketing
Influencer marketing adalah strategi marketing untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa melalui influencer, seperti artis, selebgram, model, atau public figure lainnya.
25. Youtube Ads
Youtube Ads adalah layanan untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis melalui Youtube.
26. Instagram Ads
Instagram Ads adalah media iklan yang disediakan oleh media sosial Instagram. Kamu bisa menampilkan iklan pada feed instagram dan instagram stories.
27. Content Writer
Content Writer adalah seseorang yang bertugas untuk menulis konten yang bertujuan untuk memberikan informasi, mengedukasi, atau menghibur pembaca.
28. Blog
Blog (web log) adalah halaman online yang berisi konten seperti opini, pengalaman, atau aktivitas penulis.
29. WordPress.com dan WordPress.org
Dalam WordPress, dikenal dengan istilah WordPress.com dan WordPress.org.
WordPress.com
WordPress.com adalah layanan hosting WordPress yang dibuat oleh WordPress itu sendiri.
WordPress.org
WordPress.org adalah platform open source yang gratis yang dapat kamu unduh dan pasang sendiri di server web kamu, sehingga kamu dapat me-hosting situs website atau blog kamu sendiri.
30. Instagram Business
Instagram Business adalah Jenis aplikasi Instagram juga digunakan untuk keperluan bisnis.
31. Internal Link dan External Link
Dalam link building dikenal dengan istilah internal link dan eksternal link.
Internal link
Internal link adalah Internal link merupakan link yang mengarah dari sebuah halaman menuju halaman lain di dalam website yang sama.
External link (Backlink)
External link (Backlink) adalah link yang mengarah dari sebuah halaman website ke halaman website yang lain pada website yang berbeda.
32. Anchor Text
Anchor Text adalah teks yang berisi internal link atau eksternal link dalam sebuah website.
33. cPanel
cPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk mengontrol pengaturan domain maupun hosting website.
34. SEO On Page
SEO On Page adalah teknik optimalisasi SEO yang dilakukan pada website itu sendiri.
35. SEO Off Page
SEO Off Page adalah teknik optimalisasi SEO yang dilakukan di luar website.
36. AMP
AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah suatu halaman website yang didesain khusus untuk memaksimalkan kecepatan website jika diakses pada mobile.
37. Google Tag Manager
Google Tag Manager adalah tools yang memungkinkan kamu untuk membuat dan memonitor tag tanpa harus menulis kode baru setiap kamu ingin membuat tag.
38. Whois Privacy
Whois privacy adalah layanan untuk memproteksi data Whois (layanan internet yang memberikan informasi mengenai sebuah domain website).
39. Copyright
Copyright adalah hak yang diberikan kepada seseorang yang menghasilkan sebuah karya, baik hasil karya yang ditulis dan direkam sebagai gambar, video, suara, atau hasil karya lainnya.
40. Meta Tag
Meta tag adalah strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian. Meta tag akan memberitahu mesin pencari (Google) mengenai konten yang ada pada website.
41. LSI
LSI (Latent Semantic Indexing) adalah keyword yang berhubungan dengan keyword utama.
42. Do Follow dan No Follow Link
Ada juga istilah do follow dan no follow link.
Do Follow
Do Follow berasal dari dua suku kata yaitu “do” dan “follow” yang berarti “mengikuti”. Sehingga ketika kamu melakukan link building, maka Google akan mengindeks link tautan yang digunakan.
No Follow link
Sedangkan No Follow link berasal dari kata “no” dan “follow”, dan ketika kamu melakukan link building, maka Google tidak akan mengindeks link tautan yang kamu gunakan.
43. UX dan UI Design
Dalam desain dikenal juga istilah UX dan UI design .
User Experience (UX)
UX adalah proses mendesain sebuah website melalui pendekatan pengguna untuk menciptakan website yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.
User Interface (UI)
UI adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual desain dalam sebuah sistem. Bisa dikatakan UI menjadi penghubung antara pengguna dengan sebuah website.
44. White Hat SEO dan Black Hat SEO
Ada juga istilah White Hat SEO dan Black Hat SEO yang perlu kamu ketahui dalam SEO.
White Hat SEO
White Hat SEO adalah upaya untuk meningkatkan peringkat website pada mesin pencarian dengan tetap mempertahankan integritas website dan mematuhi peraturan mesin pencarian.
Black White SEO
Black White SEO adalah upaya untuk meningkatkan peringkat website pada mesin pencarian dengan teknik yang tidak sesuai dengan aturan yang di tetapkan oleh mesin pencari.
45. Core Web Vitals
Core Web Vitals adalah metrik yang digunakan Google untuk meningkatkan user experience (pengalaman pengguna) pada sebuah website.
46. CMS
CMS (Content Management System) adalah sebuah perangkat lunak atau sistem yang mengatur konten pada situs website, baik itu website berjenis company profile, e-commerce, blog, dan jenis website lainnya.
47. Google Analytics
Google analytics merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis hasil kunjungan di website.
48. PPC
PPC (Pay Per Click) adalah salah satu bagian dari “internet marketing” dimana sebuah bisnis hanya perlu membayar iklan, baik iklan Google Ads ataupun iklan media sosial ketika target klien mengklik iklan bisnis tersebut.
49. Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword
Kemudian ada istilah Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword yang juga perlu kamu ketahui.
Short Tail Keyword
Short tail keyword merupakan kata kunci yang singkat dan pada umumnya terdiri dari satu atau dua kata.
Long Tail Keyword
Long tail keyword merupakan kata kunci turunan dari kata kunci short tail keyword.
50. Schema Markup
Schema Markup adalah barisan microdata yang dibuat dengan tujuan agar merangkum dan membantu search engine memahami isi dari sebuah halaman.
Nah itulah 50 istilah yang bisa kamu temukan saat melakukan digital marketing. Whello sebagai agensi digital marketing memiliki blog yang memungkinkan kamu untuk mengetahui beberapa hal mengenai digital marketing. Kamu bisa mempelajari berbagai hal tentang website, bisnis secara online, copywriting, social media campaign, serta belajar SEO.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Tips Membuat Landing Page untuk Google Ads untuk Tingkatkan Konversi
Optimalkan landing page untuk Google Ads kamu untuk hasil yang maksimal. Pelajari tips dan strategi untuk menciptakan halaman yang efektif!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!